Zat Gizi Yang Dibutuhkan Manusia

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Jambi

KOMPAS.com
– Misal makhluk spirit, manusia kalam makan kerjakan bertahan hidup. Tubuh memerlukan rahim agar dapat berkarya dengan baik kerjakan tumbuh, berkembang, dan memperbaiki sel-rumah tahanan yang rusak.

Makanan yang tepat untuk tubuh manusia yaitu makanan yang mengandung zat makanan lengkap dan seimbang.

Makanan bernutrisi yaitu makanan yang mengandung zat-zat nan dibutuhkan oleh jasmani. Sementara itu kandungan seimbang adalah lambung yang jenis dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Berikut vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, merupakan:

Baca lagi: Tahap-Tahap Proses Katabolisme Karbohidrat

Karbohidrat

Fruktosa berfungsi sebagai penghasil energi atau tenaga dan menjaga panas tubuh. Karbohidrat banyak terkandung dalam beras, jagung, sagu, terigu, dan umbi-umbian seperti ubi benggala dan singkong.

Seseorang dengan tingkat aktivitas yang panjang membutuhkan ki gua garba yang mengandung karbohidrat lebih banyak.

Nikmat

Nikmat mempunyai fungsi yang berjasa bagi tubuh, antara lain:

  • Menjaga panas tubuh
  • Pelarut vitamin A, D, E, dan K
  • Penaung organ-organ tubuh yang terdepan seperti jantung, hati, ginjal, dan paru-paru
  • Sebagai sumber energi cadangan

Ada dua diversifikasi jenis lemak, yaitu lemak nabati dan gurih hewani. Nikmat nabati adalah sedap yang berasal berpokok tumbuhan, seperti kelapa, bin tanah, dan kedelai.

Temporer lemak hewani yaitu lemak nan berbunga dari hewan, seperti telur, mentega, payudara, keju, dan daging.

Protein

Zat putih telur adalah zat rahim yang berfungsi n domestik proses pertumbuhan dan menukar sengkeran-sel tubuh nan rusak. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai penyelenggara tenaga.

Ada dua jenis protein, yakni zat putih telur nabati adalah zat putih telur yang berasal terbit tumbuhan. Sementara itu Zat putih telur hewani merupakan zat putih telur yang dari terbit dabat. Transendental makanan yang mengandung zat putih telur ialah kacang-kacangan dan telur.

Baca juga: Fungsi Zat putih telur dalam Membran Plasma

Mineral

Mineral berfungsi sebagai zat pembangun dan menata kesegaran tubuh. Mineral terletak dalam berbagai bahan rezeki. Sejumlah mineral yang dibutuhkan maka dari itu bodi adalah misal berikut:

  • Zat Besi

Zat besi diperlukan privat pembentukan interniran-terungku darah merah. Kekurangan zat besi akan mengakibatkan anemia. Zat besi banyak terkandung pada daging, hati, kedelai, dan sayuran berwarna baru seperti bayam, daun kelor, dan kangkung.

  • Yodium

Yodium penting lakukan memperlancar tugas glandula gondok. Kekurangan yodium mengakibatkan pembengkakan plong kelenjar gondok atau biasa disebut penyakit gondok. Yodium banyak terdapat pada garam dapur dan iwak laut.

  • Kalsium (kalsium)

Kalsium atau zat kapur diperlukan untuk penulangan dan persneling. Selain itu, kalsium juga diperlukan dalam proses pemekatan darah saat terjadi luka. Kalsium bnayak terletak plong daging ayam, lauk kakap, telur, bayam, ki pelor, dan polong sirah.

  • Fosfor

Fosfor diperlukan dalam penulangan dan gigi. Kekurangan fosfor mengakibatkan pertumbuhan terganggu. Fosfor banyak terkandung plong benur, lauk bandeng, daging-dagingan, milu, sayuran, dan susu.

Baca kembali: 9 Keramaian Mineral

Gizi

Ilustrasi vitamin pada makanan
canva.com
Ilustrasi vitamin pada tembolok

Zat makanan diperlukan jasad cak bagi pertumbuhan dan pelestarian kesegaran. Zat makanan enggak menghasilkan tenaga dan tak membangun jaringan badan. Cuma, vitamin dolan pada semua proses kimia kerumahtanggaan fisik.

Kehilangan nutrisi akan menyebabkan seseorang mudah terserang berbagai ki aib. Berbagai jenis nutrisi yaitu:

  • Zat makanan A

Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan alat penglihatan, kulit, memburu-buru pertumbuhan fisik dan meningkatkan anak kunci tahan raga terhadap infeksi. Gizi A dapat kita peroleh dari wortel, tomat, pisang, pepaya, iwak, hati, dan telur.

  • Vitamin B

Vitamin B berfungsi buat pertumbuhan fisik dan mencegah komplikasi beri-beri. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan bibir berpunca-pecah, alat peraba mudah rusak, radang pada lidah, dan terhambatnya pertumbuhan.

Vitamin B dapat kita peroleh berusul sayur-sayuran, bin-murahan, telur, nasi, hati, daging, dan susu.

  • Gizi C

Vitamin C berfungsi bagi meningkatkan pusat tahan awak dan mempercepat pemulihan kesegaran sehabis guncangan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah, guam, dan pembengkakan sendi. Vitamin C dapat diperoleh dari tomat, nanas, jeruk, dan sayur-sayuran.

Baca pun: Neko-neko Vitamin yang Sagu betawi internal Lemak

  • Zat makanan D

Vitamin D kondusif pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan zat makanan D menyebabkan penyakit sumsum. Vitamin D boleh diperoleh dari alpukat, pisang, brokoli, mentega, susu, dan telur.

  • Nutrisi E

Vitamin E berguna bikin menjaga kesegaran peranti reproduksi, membentuk sengkeran darah ahmar, dan menghaluskan kulit. Zat makanan E boleh diperoleh dari kecambah, petro ikan, susu, kuning telur, dan wortel.

  • Vitamin K

Vitamin K mendukung pembekuan darah ketika terjadi jejas. Vitamin K dapat diperoleh mulai sejak buncis, bayam, bin-murahan, kuning telur, dan lever.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap musim dari Kompas.com. Silakan bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Engkau harus install aplikasi Telegram malar-malar dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/11/160000169/zat-makanan-yang-dibutuhkan-tubuh-beserta-fungsinya?page=all

Posted by: gamadelic.com