Zakat Fitrah Dibayarkan Dalam Bentuk

JAKARTA, KOMPAS.com
– Zakat fitrah yakni salah satu dari spesies zakat yang terbiasa dikeluarkan maka dari itu setiap mukminat pada rembulan Ramadhan. Bukan hanya bagi mukminat dewasa, hukum mengasingkan zakat fitrah adalah terlazim bakal anak-anak, terdaftar orok baru lahir.

Dikutip dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), zakat fitrah yaitu zakat yang diwajibkan atas setiap roh baik laki-laki dan cewek orang islam nan dilakukan pada bulan Ramadhan hingga menjelang shalat Idul Fitri.

Sesuai dengan namanya fitrah yang berarti suci, tujuan mengeluarkan zakat fitrah yakni untuk mensucikan diri selepas menunaikan ibadah di rembulan Ramadhan.

Selain itu, makna dari zakat fitrah adalah misal rencana kepedulian terhadap hamba allah yang kurang mampu, membagi rasa kepelesiran dan kesuksesan di waktu raya nan dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin nan serba kekurangan.

Baca pula: Pemudik Sepeda Motor, Cek Masih Suka-suka Kuota Mudik Gratis Pakai Kapal Laut

Zakat fitrah adalah wajib ditunaikan cak bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup bilamana bulan Ramadhan, dan n kepunyaan kebaikan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri.

Adapun penyerahan zakat fitrah yakni bisa dalam bentuk beras (peranakan pokok) ataupun boleh diganti dengan uang tunai senilai beras tersebut. Lalu, berapa jumlah zakat fitrah 1 orang internal matra beras dan uang?

Besaran zakat fitrah cak bagi 1 orang

Besaran zakat fitrah merupakan beras atau makanan siasat seberat 2,5 kg atau 3,5 liter tiap-tiap spirit.

Kualitas beras atau makanan pokok harus sesuai dengan kualitas beras atau makanan pokok nan dikonsumsi sehari-hari. Ini menjadi pedoman menghitung zakat fitrah intern satu batih.

Baca juga: Industri Asuransi Masih Stagnan, Sinarmas MSIG Life Dukung Roadmap AAJI

Shaikh Yusuf Qardawi membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam rang komisi yang sebabat dengan 1 sha’ gandum, kurma alias beras. Sementara intern bagan uang lelah, nominal zakat fitrah adalah menyesuaikan dengan harga beras nan dikonsumsi.

Besaran zakat fitrah 1 orang dalam ukuran beras (makanan pokok) dan uang tunai
SHUTTERSTOCK/GATOT ADRI
Besaran zakat fitrah 1 orang dalam ukuran beras (makanan pokok) dan uang tunai

Berdasarkan SK Bos BAZNAS No. 10 Tahun 2022 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah lakukan daerah Ibukota DKI Jakarta Raya dan sekitarnya, ditetapkan bahwa kredit zakat fitrah ialah setimbang dengan persen sebesar Rp45.000,-/hari/jiwa.

Secara bertambah rinci, berikut besaran zakat fitrah 2022 untuk 1 orang di wilayah Jabodetabek:

  • Zakat fitrah 2022 DKI Jakarta: Rp 45.000
  • Zakat fitrah 2022 Ii kabupaten Bogor: Rp 45.000
  • Zakat fitrah 2022 Kabupaten Bogor: Rp 37.500
  • Zakat fitrah 2022 Kota Depok: Rp 45.000
  • Zakat fitrah 2022 Ii kabupaten Bekasi: Rp 40.000
  • Zakat fitrah 2022 Kabupaten Bekasi: Rp 45.000
  • Zakat fitrah 2022 Kabupaten Tangerang: Rp 30.000
  • Zakat fitrah 2022 Kota Tangerang: RP 35.000
  • Zakat fitrah 2022 Ii kabupaten Tangerang Selatan: Rp 35.000 ataupun Rp 40.000 ataupun Rp 50.000

Baca juga: Jokowi Larang Ekspor Minyak goreng, Komisi VI DPR: Ini Bukti Presiden Memilih Berpihak dengan Rakyat

BAZNAS akan menyalurkan zakat fitrah dalam bentuk beras kepada mustahik, tertera keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak epidemi Covid-19.

Waktu pelaksanaan zakat fitrah adalah lega bulan Ramadhan dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri. Sementara itu, penyalurannya kepada mustahik (penerima zakat) minimal lambat dilakukan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Demikian deklarasi seputar besaran zakat fitrah 1 cucu adam kerumahtanggaan matra beras (nafkah pokok) dan nominal uang tunai. Hukum mengeluarkan zakat fitrah adalah terlazim bagi setiap muslim, tertulis untuk anak-anak dan bayi yang mentah lahir.

Ilustrasi zakat fitrah. Pengertian zakat fitrah adalah zakat yang wajib diberikan oleh umat Islam setiap setahun sekali saat Idul Fitri, berupa makanan pokok sehari-hari seperti beras dan jagung. Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah membersihkan jiwa dari perbuatan yang sia-sia selama Ramadhan. Bagaimana cara menghitung zakat fitrah?
Pixabay/Azlin
Ilustrasi zakat fitrah. Pengertian zakat fitrah ialah zakat yang mesti diberikan oleh umat Islam setiap setahun sekali momen Idul Fitri, positif makanan kiat sehari-masa seperti beras dan jagung. Tujuan mengeluarkan zakat fitrah yakni menerangkan jiwa berasal perbuatan yang sia-sia sejauh Ramadhan. Bagaimana pendirian menghitung zakat fitrah?

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Benang besi “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.me/kompascomupdate, kemudian join. Dia harus install tuntutan Telegram sampai-sampai adv amat di ponsel.

Source: https://money.kompas.com/read/2022/04/23/204330026/simak-besaran-zakat-fitrah-dalam-ukuran-beras-dan-uang?page=all

Posted by: gamadelic.com