Xilem Dan Floem Akar Terdapat Pada Jaringan

KOMPAS.com
– Jaringan pembuluh pada tanaman berfungsi untuk mengangkut air, garam tanah, serta zat-zat hasil fotosintesis. Jaringan halkum ini dimiliki oleh tumbuhan berpembuluh, ialah Pterydophyta dan Spermatophyta.

Terdapat dua macam jaringan halkum pada tumbuhan, merupakan xilem dan floem.

Xilem

Xilem adalah jaringan pengangkut nan berfungsi mengangkut air dan zat hara lainnya berpunca tanah ke daun. Xilem terdiri berpunca trakeid, partikel trakeal, rabuk xilem, dan parenkim xilem.

Trakeid ialah sel-kurungan tataran, tipis, dan mempunyai ujung yang runcing. Selain itu, trakeid memiliki dinding berlignin yang berfungsi kerjakan memperteguh dinding dan mencegah dinding anjlok akibat tekanan listrik transportasi air.

Sedangkan anasir trakeal atau xilem yang berlubang atau memiliki pelubangan pada kedua ujungnya. Hotel prodeo-selnya memulur dan saling gandeng.

Baja xilem adalah serat-serabut nan mengandung noktah, baik noktah sederhana ataupun titik yang terlindungi. Zarah yang terakhir adalah parenkim pembuluh kayu. Parenkim xilem adalah bagian nan berisi zat simpanan makanan dan kristal.

Baca sekali lagi: Fungsi Floem, Jaringan Tenggorokan Pengayak pada Tumbuhan

Floem

Floem yakni jaringan pembuluh yang mengirimkan zat makanan hasil proses asimilasi dari daun menuju bagian pokok kayu yang lain. Floem terdiri dari pembuluh tapis, sel tapis, serat floem, parenkim floem, dan terungku pengiring.

Pembuluh tapis adalah lembaga pemasyarakatan-sel panjang yang ujung-ujungnya menyatu dan membentuk pembuluh. Sel-sel ini gandeng satu sama tak dengan sel pengiring. Keduanya dihubungkan oleh plasmodesmata. Parenkim floem yaitu jaringan yang kebal bulan-bulanan ergastik, seperti tanin, konsentrat, dan intan buatan.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Benang tembaga “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install petisi Kabel malar-malar silam di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/23/183300323/jaringan-pembuluh-tumbuhan-xilem-dan-floem