What Is Future Perfect Tense

Future Perfect Tense: Rumus & Konseptual Kalimat | Bahasa Inggris Kelas 11

Belajar Future Perfect Tense


Yuk, belajar Future Perfect Tense secara contoh, mulai berpokok pengertian, teoretis, hingga contoh kalimatnya. Siapkan buku catatanmu, ya!




“Mark will have finished his homework by tomorrow.”

Coba deh, kamu perhatikan kalimat di atas. Menurut kamu, maksud pecah kalimat itu apa, sih?

Yup! Betul sekali! Maksudnya, Mark akan sudah menyelesaikan PR-nya besok. Artinya, plong saat ura-ura itu berlangsung, PR Mark masih belum selesai. Nah, kalimat tersebut menggunakan
Future Perfect Tense.


Future Perfect Tense
adalah lengkap kalimat yang digunakan untuk
menyatakan suatu peristiwa yang diprediksi akan mutakadim terjadi atau sudah lalu tertanggulangi di masa depan. Jadi, kejadian tersebut masih belum terjadi atau masih belum terkendali pada saat dibicarakan.

Misalnya seperti contoh tadi. Saat ini, Mark masih belum menyelesaikan PR-nya. Sedangkan nanti, Mark diperkirakan akan sudah mengatasi PR-nya.


Jika ternyata kelak PR-nya masih belum selesai, gimana dong?

Ya mana saya tau, itu kan tugasnya si Mark. Coba aja tanya ke Mark.


Kamu pasca- mendengar kalimat barusan (Sumber: giphy.com)

Hehehe.. Ampun gengs..

Eh, tapi benar begitu ya, kebalikan-n partner. Kalau ternyata hal yang dibicarakan masih belum terjadi alias belum selesai sebatas waktu nan diprediksikan tiba, ya udah, nggak miskin benar. Tidak bermanfaat
tenses-nya jadi keseleo maupun bagaimana.

Karena pada saat pembicaraan berlanjut, hal tersebut memang masih belum terjadi ataupun belum selesai. Kita belaka berusaha memproyeksikan ingatan kita ke periode depan dan memperkirakan waktu yang sesuai bakal situasi tersebut terjadi maupun terselesaikan. Kalau perkiraannya meleset, ya udah nggak boke. Kita dapat memperkirakan lagi dengan menggunakan
tenses
nan sama.


Baca sekali lagi:



Present Perfect Tense, Signifikansi, Rumus dan Contoh

Seperti pada abstrak tadi, kalau ternyata besok PR-nya Mark masih belum selesai, ya udah. Si Mark bisa sejumlah aja ke gurunya untuk minta waktu tambahan buat ngumpulin PR-nya sebagaimana ini:


“I’m sorry, Sir, I haven’kaki langit finished my homework yet. I will have finished it by the end of this week.”

Tapi bukannya dikasih tahun suplemen, ternyata Mark lebih lagi dihukum sama gurunya. Hiks.. Trenyuh..


Contoh alias Rumus
Future Perfect Tense



Future Perfect Tense
mempunyai pola atau rumus yang cukup
simple. Kamu bisa perhatikan polanya pada infografik berikut.

Rumus Future Perfect Tense

Lega
Future Perfect Tense, kamu akan menggunakan

will have + Verb 3
dalam kalimatmu. Jika kalimatnya
positif, maka
enggak perlu
menggunakan

‘not’
, tapi jika kalimatnya
negatif, maka
selipkan
kata

‘not’
di antara
‘will’
dan
‘have’
menjadi
‘will not have’
alias bisa disingkat menjadi
‘won’t have’.

Bagi kalimat
interogatif
alias kalimat tanya, kamu dahulu
menyisipkan
Subject
di antara
‘will’
dan
‘have’. Tinggal, bikin pemakaian

Object
dan

adverb of time

pada rumus di atas bersifat
opsional
ya, bisa digunakan, bisa juga enggak, tergantung struktur kalimatnya.

Baca lagi: Prinsip Menyampaikan Tabu (Expressing Prohibition)

Sudah reaktif belum, dengan polanya? Kalau belum, mari, kita coba bedah pola dari contoh kalimat tadi supaya engkau lebih kritis!

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Nah, kalau begini mutakadim paham, kan? Kendati lebih reseptif kembali, yuk, kita coba tukar kalimat tersebut ke buram negatif dan interogatif!

Bentuk negatif:



Mark
will titinada have finished
his homework by tomorrow.

Bentuk interogatif:



Will Mark have finished
his homework by tomorrow?


Transendental Kalimat
Future Perfect Tense


Bikin membuat diri kita familiar dengan
Future Perfect Tense, kita perlu banyak mengetahui lengkap-cermin kalimat yang menggunakan
tenses
ini. Coba perhatikan abstrak-contoh berikut:


  • Meet me at 7 PM,
    I will have arrived
    home by then.


  • I think
    I will not have finished

    this by tomorrow.



  • Brian will not have gone
    to Toronto by the end of this month.



  • Johnny will have been here
    for four months on November 30th.


  • By the time you read this letter,
    she will have left.


  • By next Sunday,
    he will not have moved
    into his new company.



  • Won’t
    Hendery have arrived
    here by lunchtime?



  • Will
    you have done
    your task when we pick you up?

Nah, saat ini, kita kerjakan kuis, mari! Coba ubah kalimat interogatif di sumber akar ini ke bentuk positif dan subversif:


“You won’n have  gone to sleep when I arrive, will you?”

Tulis jawabanmu di rubrik komentar, ya!

Demikian penjelasan tentang
Future Perfect Tense, mulai dari pengertian, pola, hingga kamil kalimatnya. Jika sira menemukan kesulitan detik mengamalkan soal, engkau bisa tanya ke


Roboguru

, lho! Serampak namun klik
banner-nya di sumber akar ini!






Roboguru Whatsapp




Bacaan:

Putri, K. P. (2017).
Cepat Pintar Tenses. Yogyakarta: Penerbit Checklist.

Grammarly Team. ‘Future Perfect’,
Grammarly, [Daring]. Tautan: https://www.grammarly.com/blog/future-perfect/ (Diakses: 12 Juni 2022)

English Club Team. ‘Future Perfect’,
English Club, [Daring]. Tautan: https://www.englishclub.com/grammar/verb-tenses_future-perfect.htm (Diakses: 12 Juni 2022)


Mata air Gambar:

GIF ‘Keluarkan Komputer’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/computer-throw-luvvie-FXGoDrsgrNLj2 (Diakses: 12 Juni 2022)


Artikel ini mutakadim diperbarui puas 18 Mei 2022.

Profile

Kenya Swawikanti

A full-time cat person who likes spicy food a bit more than Oreo cheesecake and chocolate ice cream. You can call me Kenya or Kay. Nice to meet you!

Source: https://www.ruangguru.com/blog/future-perfect-tense

Posted by: gamadelic.com