Waktu Yang Tepat Membaca Surat Al Mulk

JAKARTA, iNews.id – Membaca Al Alquran dapat dilakukan tiap perian, begitu pun dengan Tindasan Mulk. Cuma, suka-suka bilang hari yang dianjurkan untuk membaca Surat Al Mulk. Kerumahtanggaan hadits disebutkan, hari yang tepat membaca Surat Al Mulk yakni pada lilin lebah waktu sehabis shalat Isya sebelum tidur.

Privat Kata tambahan Ibnu Katsir disebutkan bahwa Rasulullah SAW belum beranjak tidur sebelum mendaras Surat Al Mulk. Hadits ini diriwayatkan maka itu Pater Turmuzi. Beliau berujar dari Jabir ra, ” bahwa Rasulullah SAW masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku .

Abu Laits As Samarqandhi telah meriwayatkan mulai sejak Tawus, bahwa kedua surat tersebut mengungguli semua manuskrip intern Al-Quran dengan tujuh puluh manfaat.

Sertifikat Al Mulk artinya Kerajaan. Inskripsi ini berjumlah 30 ayat tercatat surah Makkiyyah yang turun setelah Dokumen Ath Thur.

Keutamaan Surat Al Mulk

Rais Syuriah PBNU, KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengatakan, keutamaan salinan Al Mulk akan mengetanahkan dan mendorong adzab atau siksa kubur bagi yang menghafalkannya ataupun yang membacanya.

Riwayat nan konvensional itu Manuskrip Tabarok sebagai pelindung siksa kubur. Sahifah ini juga disebut surat mani’ah yang menjaga dan al munjiah nan menyelamatkan aniaya, kata dai yang akrab disapa Gus Baha ini dalam kajian tafsir Surat Al Mulk.

Baca Juga :

Manfaat Membaca Surat Al Mulk setelah Sholat Isya, Jadi Penangkal Hukuman Kubur

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas nan mengatakan bahwa Rasulullah Saw. interelasi bersabda:

Artinya: Terserah suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yakni Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku .

Bersumber Bani Abbas yang mengatakan bahwa salah seorang sahabat Utusan tuhan SAW mewujudkan tenda di dekat sebuah kuburan, padahal ia tidak mengetahui bahwa tempat itu yaitu kuburan. Menginjak-tiba ia mengingat-ingat bahwa itu adalah kuburan seseorang, ia mendengarnya sedang membaca surat Al-Mulk hingga khatam.

Maka engkau datang kepada Nabi Saw. dan menyoal, “Duhai Rasulullah, aku telah meletuskan tendaku di dekat sebuah kuburan, padahal aku bukan mencatat bahwa tempat itu adalah kuba. Berangkat-tiba kudengar dari dalamnya seseorang membaca surat Al-Mulk hingga selesai.” Maka Rasulullah Saw. berkata:

Artinya: Itu adalah surat pencegah dan kembali juru selamat, yang menanam pembacanya berpokok siksa kubur .

Karena keramatnya Akta Tabarok yakni Surat Al Mulk, pembukaan Gus Baha, Utusan tuhan SAW meminta umatnya menghafal Surat Al Mulk ataupun Tabarok.

Baca Juga :

Manfaat Membaca Surat Al Mulk Sebelum Tidur, Gus Telaah Ungkap Kutamaannya

Nabi SAW bersabda:

Artinya: Sungguh aku menginginkan bila surat ini dihafal di dalam kalbu setiap umatku.

Menurut Gus Baha, Al Quran itu mensyafaati bagi yang menghafal dan membacanya, sehingga akan dihormati malaikat di alam kubur.

“Dalam riwayat enggak, Tembusan Tabarok ini mati-matian membela bagi yang membacanya tidak harus yang mengingat. Namun, Nabi SAW terlampau senang jika Sahifah Al Mulk terserah di hati tiap umatnya. Artinya hafal Surat Tabarok. Karena itu, redaksi hadits di ini memakai lam taukid ,” ucapnya.

Wirid setelah Membaca Surat Al Mulk

Selepas membaca Surat Al Mulk dianjurkan membaca doa agar dijaga dari kejahatan semua khalayak. Selain itu, doa selepas membaca Surat Al Mulk kembali memohon khasiat-kebaikan dan tetap privat Islam.

Keutamaan berdoa sesudah mengaji Kopi Al-Mulk diterangkan dalam Kitab Al-Minahus Saniyah berikut:

“Wahai Ali, barangsiapa membaca Surah Al-Mulk dan setelah itu membaca; Allohummashimnaa bil islaami qoo-idan wa rooqidan walaa tusymit fiinaa aduwwan walaa haasidan. Allohumma innaa nauudzu bika min syarri kulli daabbatin anta aakhidzun binaashiyatihaa wa nas-alukal khoirol ladzi biyadika, maka Halikuljabbar hindarkan darinya sesuatu yang menyusahkannya, baik berpokok jin, manusian dan hewan ki busuk.”

Berikut doa sesudah membaca Surat Al Mulk dalam Kitab Al-Minahus Saniyah ‘ala Al-Washiyah Al-Matbuliyah sebagai halnya dilansir dari bincangsyariah.com:

Latin: Allahumma’shimnaa bil Islaami Qoo-‘idan wa Rooqidan walaa Tusymit Fiinaa ‘Aduwwan walaa Haasidan. Allahumma Innaa Na’uudzu bika Min Syarri Kulli Daabbatin Anta Aakhidzun Binaashiyatihaa wa Nas-Alukal Khoirol Ladzi Biyadika .

Artinya:

Ya Allah, jagalah diriku dengan patuh memeluk Islam, baik ketika duduk dan tidur. Janganlah Engkau bahagiakan hati n antipoda dan orang yang hasud kepada kami. Ya Allah, selayaknya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari ki kebusukan setiap makhluk. Sira yaitu Dzat yang mengendalikan mereka. Dan aku memohon kepada-Mu fungsi-kebaikan yang cak semau pada-Mu.

Wallahu A’lam

Source: https://rctiplus.com/news/detail/gaya-hidup/1851619/waktu-yang-tepat-membaca-surat-al-mulk-dianjurkan-setelah-isya-sebelum-tidur-lengkap-dengan-doa