Waktu Membaca Surat Al Waqiah

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah setelah Sholat Subuh
Manfaat Membaca Arsip Al Waqiah setelah Sholat Fajar

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh..

Bismillahirrahmanirrahim..
Shollallahu’alaa Muhammad…

Doa setelah membaca Manuskrip Al Waqiah dianjurkan cak bagi diamalkan Muslim agar mendapat fasilitas dan kelancaran rezeki.

Membaca Al Quran salah satunya Tindasan Al Waqiah adalah ibadah bernilai pahala dan akan menerimakan syafaat kemudian hari di hari kiamat bagi pembacanya.

Manuskrip Al Waqiah artinya Hari Kiamat. Surat ini berjumlah 96 ayat tercantum surah Makkiyyah yang terban pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Lalu barang apa kekuatan membaca Surat Al Waqiah selepas sholat subuh?
Dalam hadits disebutkan perian nan tepat membaca Tembusan Al Waqiah adalah pada malam masa dan saat sholat subuh.

Manfaat orang yang rutin mengaji Surat Al Waqiah kemudian hari akan berbintang terang syafaat di hari kiamat.

Para jamhur menyatakan keistimewaan membaca sertifikat Al Waqiah lega tiap malam dan setelah sholat subuh akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

Diriwayatkan Imam Ahmad bahwa Jabir ibnu Samurah mengatakan bahwa dahulu Rasulullah Saw melakukan shalatnya begitu juga kalian berbuat salat waktu ini ini, tetapi shalat Nabi SAW kira sedikit ringan, dan kian ringan daripada shalat kalian.

Tema Pokok Sahifah Al Waqiah

Mufasir M Quraish Shihab kerumahtanggaan Tafsir Al Mishbah menerangkan, tema utama Arsip Al Waqiah tentang Periode kiamat serta penjelasan segala apa yang akan terjadi di bumi, serta kenikmatan yang akan diperoleh orang-insan bertakwa dan segala apa yang akan dialami para pembangkang perintah Allah SWT kemudian hari di masa hari akhir.

Al Biqa’i berpendapat bahwa ada tiga kelompok alias golongan yang diuraikan dalam Salinan Al Waqi’ah. Mula-mula, individu-orang yang akrab dengan Ar Rahman tampil memimpin cucu adam-orang konsisten yang bukan. Kelompok ini disebut As Saabiqun.

Kelompok kedua orang-orang taat selain mereka As Saabiquun ialah Ashabul Yamin, dan kelompok ketiga, hamba allah-cucu adam yang secara panah-terangan melakukan kedurhakaan dan bergaya bermuka dua baik dari kelompok insan ataupun jin. Mereka ini disebut ashabul masy’amah.

Berikut arti mendaras Dokumen Al Waqiah setelah sholat dini hari:
Ada banyak manfaat mendaras Surat Al Waqiah sama dengan yang disebutkan n domestik sejumlah hadits Nabi SAW:

1. Pelindung dari kefakiran

قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: “مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا”

Abdullah ibnu Wahb mengatakan, telah menceritakan kepadaku As-Sirri ibni Yahya, bahwa Syuja’ susunan mengobrolkan hadis ini berpangkal AbuZabyah, mulai sejak Abdullah anak lelaki Mas’ud yang mengatakan bahwa ia jalinan mendengar Rasulullah Saw. berbicara: Barang siapa yang membaca salinan Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

2. Menciptakan menjadikan Rambut Rasulullah SAW beruban

قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ عِكْرِمَة، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ شبتَ؟ قَالَ: “شيَّبتني هُودٌ، وَالْوَاقِعَةُ، وَالْمُرْسَلَاتُ، وعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ”.

Abu Ishaq telah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Bani Abbas, bahwa sahabat Debu Bakar perpautan bertanya, ‘”Duhai Rasulullah, engkau tertentang telah beruban.”

Rasulullah Saw. menjawab: Telah membuatku beruban surat Hud, tindasan Al-Waqi’ah, surat Al-Mursalat, pertinggal An-Naba, dan surat At-Takwir. Imam Turmuzi sudah meriwayatkan sabda ini, dan anda mengatakan bahwa predikat hadis ini hasan garib.

Syeikh Abdullah Al Faqih menjelaskan alasan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan peristiwa itu karena pada ayat itu terdapat kandungan menakut nakuti terhadap adzab akhirat dan menceritakan tentang gambaran surga ( fatawa asyabahah Al Islamiyyah nomor 13140)

Selamat beraktifitas plong hari ini

Ya Sang pencipta.. mudahkan urusan kami, lancarkan Rizqi kami, panjangkan hayat kami, ridhoi hidup kami, matikan kami dengan Husnul khatimah… Amiin

Source: https://nuponorogo.or.id/mutiara-subuh-manfaat-membaca-surat-al-waqiah-setelah-sholat-subuh/

Posted by: gamadelic.com