Waduk Di Jawa Barat Tts

Waduk adalah danau alam ataupun bendungan besar tempat menyimpan persediaan air untuk majemuk kebutuhan yang dapat terpelajar secara alami alias memang sengaja dibuat manusia.

Jikalau reservoir imitasi dibangun dengan cara mewujudkan bendungan terlebih lewat kemudian dialiri air hingga tebat besar tersebut terisi munjung.

Bendungan dibangun buat menahan lampias air di internal waduk, danau ataupun tempat rekreasi. Bahkan seringkali juga digunakan bagi mengalirkan air ke sebuah PLTA.

Enggak hanya bikin menyimpan cadangan air, reservoir buatan individu juga mempunyai sederet kekuatan seperti mencegah banjir, menyempatkan irigasi, menyimpan energi untuk pembangkit setrum, sebagai tempat budidaya ikan serta proteksi sato.

Lain tetapi itu saja, menara air pun kerap dijadikan panggung latihan jasmani air dan  paling menariknya kembali seringkali dimanfaatkan misal bekas wisata.

Yup, tambak lautan ini memang sangat cocok buat dijadikan spot wisata sebab pemandangannya lain biasa bintang sartan sangat sepan bila dimanfaatkan baik sebagai medan memepas, melancong, berkemah, maupun naik arombai.

Di Indonesia koteng daftar waduk itu memadai banyak jumlahnya dan bisa ditemui di bermacam rupa wilayah, tidak terkecuali dengan provinsi Jawa Barat.

Jawa barat dan sekitarnya punya beberapa waduk dengan pemandangan tak kalah indah bila dibanding danau alami atau pantai.

Sahabat JejakPiknik penasaran apa saja merek waduk dengan pemandangan sani di Jawa Barat? Nah, ini dia jawabannya eksemplar beserta alamat wilayahnya.

1. Waduk Jatiluhur

Foto By nativeindonesia.com
  • Alamat:
    Kecamatan Jatiluhur, Kab.Purwakarta, Jawa Barat
  • Jam Buka:
    08.00-17.00
  • Harga Tiket Masuk:
    Senin-Jumat (Rp.5.000), Sabtu-Minggu (Rp.20.000)

Berkunjung ke bulan-bulanan wisata di Jawa Barat, katanya belum lengkap jika kita tidak bertandang ke reservoir bernama Jatiluhur nan berada di daerah Purwakarta.

Bendungan yang sering disebutkan di tts ini adalah waduk terluas di Indonesia dan kawasan sekitarnya memiliki panorama dahulu indah.

Kolam besar yang disebut sebagai kolam  besar ini dibangun perian 1957 dan rampung puas 1967. Sebenarnya namanya ialah reservoir Ir.H.Djuanda, sekadar karena terdapat di desa Jatiluhur, kesannya dikenallah dengan keunggulan demikian.

Kerjakan membangun kolam ini, sebanyak 14 desa ditenggelamkan dan penduduk dengan jumlah 5 ribuan dipindahkan ke daerah di sekitarnya termasuk ke kabupaten Karawang.

Selain berfungsi sebagai pengungkit tenaga listrik, danau buatan yang konon katanya punya narasi misteri ini memiliki panorama indah loh, kaprikornus dahulu cocok bagi dijadikan tujuan wisata.

2. Waduk Jatigede

Foto By foto.tempo.co
  • Korban:
    Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
  • Jam Buka:
    08.00-17.00
  • Harga Kartu Masuk:
    Rp.4.000/insan

Kolam yang terdapat di Sumedang ini boleh dibilang pelecok suatu sempurna danau buatan terbesar kedua di Indonesia karena baru diresmikan puas tahun 2022 adv amat.

Daya tampung balong ki akbar ini menjejak 979 meter kubik air. Tidak main-main bakal membangunnnya sebanyak 28 desa terbit catur kecamatan di Sumedang praktis direlokasi ke daerah-kewedanan lainnya.

Pembangunan situ terbesar kedua di Jawa Barat dengan pemandangan mempesona tersebut difungsikan sebagai penggelora tenaga elektrik, penyedia irigasi dan pengendali banjir.

Sayangnya, tak lama ini periode kemarau tahapan melanda area tersebut sehingga menciptakan menjadikan waduk Jatigede kering. Tapi sisa-sisa rumah penghuni yang direlokasi terlebih terpandang menjadi satu kegantengan distingtif.

3. Waduk Cirata

Foto By liputan6.com
  • Objek:
    Ds.Tegal Waru, Kec.Plered, Kab.Purwakarta, Jawa Barat
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Kartu Turut:
    Pit tokoh (Rp.3.000), Otomobil (Rp.5.000)

Masih berpangkal area Purwakarta, selain empang Jatiluhur masih suka-suka suatu pula danau buatan besar lainnya nan bisa kita temui di kabupaten tersebut namanya yaitu waduk cirata.

Kolam lautan sintetis cucu adam yang suatu ini sekali lagi yaitu salah satu kebanggan Purwakarta karena bendungan PLTA ini yakni reservoir terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Danau ini tak hanya  megah tapi pun menyuguhkan panorama kalimantang yang mempesona sebagaimana bendungan raksasa lainnya dan menjadi salah satu spot paling cukup bikin menyaksikan ketampanan
sunset
di Jawa Barat.

4. Menara air Karian

Foto By finance.detik.com
  • Alamat:
    Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kab.Lebak, Banten
  • Jam Beber:
    24 Jam

Kolam besar buatan basyar ini dapat dibilang salah suatu contoh bendungan
on progress
karena masih internal tahap pembangunan dan rencananya akan dirampungkan sreg perian 2022.

Biar begitu, walau belum utuh namun kemegahannya telah terlihat suntuk jelas. Panorama di sekitar kawasan tersebut tak akan kalah menakjubkan dari kolam besar lainnya. Jadi jangan lalai berkunjung kesini ya nantinya!

5. Waduk Kangsa

Foto By harnas.co
  • Alamat:
    Kali besar Cikaro, Desa Randusari, Kecamatan Cibereum, Kuningan, Jawa Barat

Sama begitu juga bendungan Karian, waduk Belek ini juga masih dalam tahap pembangunan dan rencananya akan berlokasi di dua kecamatan yakni di daerah Cibeureum serta Karangkancana.

Danau raksasa yang punya luas sekitar 284,45 hektar ini berlambak menapuk sebanyak 25,995 juta meter kubik air dan berfaedah ibarat irigasi serta penolak air ampuh.

Walaupun belum rampung, tapi sudah bisa dipastikan kalau kolam tersebut akan terlihat sangat meriah dengan panorama yang sangat indah.

6. Waduk Darma

Foto By jejakpiknik.com
  • Sasaran:
    Ds.Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Belek, Kawasan Jawa Barat
  • Jam Beber:
    24 Jam
  • Harga Tiket Masuk:
    Senin-Jumat (Rp.7.000), Sabtu-Minggu (Rp.8.000)

Berikutnya suka-suka reservoir Darma. Bendungan nan terletak di ii kabupaten Belek ini memang tidak terkenal tetapi sedemikian itu danau tersebut seringkali dijadikan bak destinasi tamasya makanya masyarakat di sekitarnya.

Tidak sekadar berfungsi sebagai tempat pembendungan air dan budidaya perikanan, keayuan panorama alam perbukitan serta lembah disekelilingnya menjadikan spot ini ibarat salah satu destinasi pas bikin melepas kepayahan.

Maka tak heran jika saat
weekend
atau musim libur panjang tiba, banyak para wisatawan datang berduyun-duyun memadati kawasan tersebut.

7. Menara air Saguling

Foto By kbknews.id
  • Alamat:
    Kabupaten Bandung Barat, West Java
  • Jam Urai:
    08.00-16.00
  • Harga Karcis Timbrung:
    Rp.10.000/orang

Bendungan Saguling adalah keseleo satu danau tiruan di kabupaten Bandung Barat nan mana berfungsi untuk menghambat sirkulasi sungai citarum.

Danau ini senyatanya sudah sangat lama ingin dibangun merupakan sejak 1948 tapi karena kebutuhan waduk Jatiluhur lebih menggeser akhirnya pembangunannya pun diundur dan juga dimulai pada 1980-1986.

Selain berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, bendungan tersebut pula menyuguhkan pesona yang tak kalah menakjubkan bintang sartan sangat seia bagi dijadikan sebagai pelancongan rekreasi.

8. Waduk Ciawi

Foto By metro.sindonews.com
  • Alamat:
    Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Balong yang rani di kabupaten Bogor ini juga nantinya tertera salah satu balong terbesar di provinsi Jawa Barat.

Tasik tiruan yang memiliki luas 39,3 hektar ini masih dalam tahap pembangunan dan volum airnya dapat menampung sebanyak 5,03 meter kubik.

Nantinya kolam besar tersebut akan difungsikan sebagai daerah tamasya, konservasi satwa dan pohon serta pengendali air bah.

9. Waduk Sukamahi

Foto By fokus.tempo.co
  • Alamat:
    Kecamatan Ciawi, Kab.Bogor, Jawa Barat

Sama sama dengan Ciawi, tebat Sukamahi di daerah tingkat Bogor ini pula masih tengah dibangun. Danau tersebut memiliki luas sampai ke 49,6 hektar dengan
volume
tampungan 1,3 juta meter kubik.

Tak hanya sebagai daerah konservasi dan pengendali banjir, bendungan tersebut nantinya lagi akan berfungsi sebagai objek pariwisata hijau di Bogor.

10. Waduk Sadawarna

Foto By bisnis.tempo.co
  • Mangsa:
    Ds.Pegaden Barat, Subang Regency, West Java

Suatu pun bendungan baru di Jawa Barat yang masih n domestik tahap pembangunan merupakan waduk Sadawarna. Letaknya tepatnya di desa Pegaden Barat, Subang.

Danau raksasa buatan orang ini lagi akan berfungsi buat menuntaskan banjir, penjagaan air tanah hingga sebagai kawasan tamasya baru di Jawa Barat.

Nah, itulah sederet menara air yang ada dan akan hadir di Jawa Barat. Semoga kata sandang mungkin ini dapat bermanfaat buat Sahabat JejakPiknik semuanya.



N kepunyaan rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!



Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir bilamana kata sandang ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, ayo informasikan kepada kami bikin segera diperbaiki.



Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan memuati kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan wara-wara pendukung lainnya.


Source: https://jejakpiknik.com/waduk-di-jawa-barat/