Urutan Benua Dari Yang Terbesar

KOMPAS.com –
Tanah raya mencakup sebagian besar permukaan daratan Bumi, meski lain semua. Sisanya adalah pulau-pulau yang tidak dianggap bak adegan berpangkal tanah raya.

Garis pantai pula bukan batas benua yang sememangnya, meski banyak yang menyengaja demikian. Tenggat benua yang sebenarnya yakni landas kontinennya yang merupakan provinsi landai nan menjalar ke asing dari tepi laut jauh ke laut.

Benua terluas di Mayapada adalah benua Asia, sedangkan tanah raya nan paling kecil adalah benua Australia.

Dilansir dari
National Geographic, berikut ialah urutan benua nan terbesar hingga yang terkecil:

Baca lagi: Benua Amerika, Pembagian Wilayah, Letak, dan Perbatasannya

1. Tanah raya Asia

Peta Benua Asia
freepik.com
Peta Benua Asia

Asia, di mana kita berada, merupakan benua terbesar di Mayapada yang terbambang berpokok Laut Mediterania babak timur hingga Raksasa Pasifik bagian barat.

Beramal dempet sepertiga daratan marcapada, kontinen ini memiliki bermacam ragam wilayah iklim dari kutub di Arktik Siberia hingga tropis di khatulistiwa Indonesia.

Terserah kian dari 40 negara di Kontinen Asia. Bilang di antaranya tercatat negara terpadat di marcapada, yakni China, India, dan Indonesia.

60 persen penduduk Bumi tinggal di Benua Asia dan kian berbunga suatu tiap-tiap tiga penduduk dunia tinggal di China dan India.

Fakta individual lainnya, Asia ialah yang paling bergunung-gunung bila dibandingkan dengan benua lainnya. Lebih dari 50 puncak tertinggi di dunia berharta di Asia.

2. Afrika

Ilustrasi peta Benua Afrika
Freepik.com/Freepik
Ilustrasi peta Tanah raya Afrika

Pasca- Asia, Afrika adalah benua terbesar kedua di marcapada. Wilayah Afrika mencaplok makin semenjak tiga kali luas Amerika Serikat.

Baca lagi: Karakteristik Benua Afrika

Berusul lor ke selatan, Afrika membentang sekitar 8.000 km. Ia terhubung dengan Asia maka dari itu Tanah Langsing Suez di Mesir.

Sebagian besar Benua Afrika merupakan dataran tinggi yang dikelilingi oleh jalur sempit dataran abnormal pesisir. Dataran tataran berbukit dan pegunungan menjulang di beberapa area pedalaman.

3. Amerika Utara

Letak Benua Amerika pada bola dunia
wikimedia.org
Letak Tanah raya Amerika pada bola dunia

Amerika Utara, tanah raya terbesar ketiga di manjapada, terbentang bermula Gugusan pulau Aleutian kecil di barat laut hingga Tanah Genting Panama di selatan.

Tanah raya Amerika Lor mencakup pulau samudra di Greenland di timur laut. Di ujung utara, benua itu membentang di belahan mayapada, dari Greenland hingga Aleutians.

Amerika Utara memiliki beraneka macam ketakjuban alam. Rajah lahan dan semua macam vegetasi dapat ditemukan di kerumahtanggaan batas-batasnya.

Baca juga: Ahli Ungkap Islandia Putaran Benua yang Tenggelam 10 Miliun Tahun Suntuk

4. Amerika Selatan

Benua terbesar keempat di bumi, Amerika Selatan, terhubung dengan Amerika Paksina maka dari itu Kapling Ramping Panama.

Amerika Selatan membentang dari pantai Karibia ke perairan tawar rasa di akrab Pematang Antartika.

Pulau-pulau paling kecil daksina di Amerika Daksina, Tierra del Fuego, berjarak abnormal dari 1.120 km dari Antartika.

5. Antartika

Ilustrasi peta benua Antartika
canva.com
Ilustrasi kar benua Antartika

Antartika, benua terbesar kelima di bumi, yaitu tempat minimum berangin, terkering, dan terdingin di Bumi.

Tidak sebagaimana tanah raya-benua lainnya, Antartika tak mempunyai populasi yang permanen. Orang-hamba allah yang sempat menetap di sana hanyalah ilmuwan dan staf pendukung.

Iklim di Benua Antartika tidak memungkinkan untuk mendukung pertanian maupun peradaban permanen. Pasalnya, suhu di Antartika jauh lebih abnormal bermula suhu Arktik, mencapai -73 derajat celcius.

Baca kembali: Pengkajian Ini Ungkap Penemu Pertama Kali Benua Antartika

6. Eropa

Eropa, benua terbesar keenam di bumi, namun terdiri dari sapta uang jasa daratan dunia. Secara total luas, Eropa cuma sedikit kian besar dari Kanada.

Cak agar wilayahanya kecil, populasi di Benua Eropa lebih banyak dua mana tahu bekuk dibandingkan Amerika Selatan.

Benua Eropa mempunyai lebih berasal 40 negara, termasuk kota-kota besar di dunia, seperti London, Paris, Berlin, Roma, Madrid, dan Moskow.

7. Australia

Ilustrasi peta benua Australia.
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi peta benua Australia.

Urutan bontot, Australia, merupakan benua terkecil di manjapada serta merta terdatar dan terkering kedua setelah Antartika.

Tanah raya Australia mencengam ribuan pulau kecil di Pasifik Perdua dan Pasifik Kidul, namun Kontinen Australia belaka mencakup negara Australia.

Benua Australia semata-mata mencakup kurang berbunga 8,5 juta km persegi. Populasinya seputar 31 juta dan dia kembali dinobatkan sebagai tanah raya dengan pemukim nan minimum sedikit, setelah Antartika.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari berusul Kompas.com. Ayo berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://falak.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram malah dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/13/140200923/urutan-benua-dari-yang-terbesar-hingga-yang-terkecil?page=all

Posted by: gamadelic.com