Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola

Bicara pertanyaan sepakbola tentu belum konseptual tanpa menggosipkan lapangan sepakbola. FIFA selaku emak sepakbola internasional juga sudah menargetkan standar ukuran tanah lapang permainan sepak bola. Umumnya lapangan sepakbola tolok FIFA menggunakan rumput alami. Hanya ada pula nan menggunakan rumput tiruan.

Lain hanya digunakan dalam pertandingan alam semesta, lapangan patokan FIFA ini pun juga digunakan dalam sayembara kebangsaan. FIFA sendiri sudah memberikan tolok tentang kisaran pesek dan panjang lapangan sepakbola. Yakni dengan panjang tiba 90-120 meter dengan sintal 45-90 meter.

Lembaga Alun-alun Sepakan Bola Beserta Ukurannya

Gambar ukuran lapangan sepakbola
Ukuran Tanah lapang Sepak bola

Berikut ini adalah contoh dari gambar lapangan sepak bola ideal dengan ukurannya:

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional

Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional
Ukuran Alun-alun Sepak Bola Internasional

Berikut ini sejumlah kriteria ukuran lapangan sepakan bola berskala alam semesta :

  • Panjang alun-alun bola kaki yakni 90 meter sebatas 120 meter (100 hingga 110 meter untuk pertandingan biasa tingkat internasional)
  • Lebar tanah lapang bola kaki ialah diantara 45 meter sebatas 90 meter (64 sampai 75 meter buat pertandingan resmi tingkat internasional)

Matra Bola Sepak Bola

  • Bentuk bola buntak
  • Bulan-bulanan terbuat dari jangat atau bahan lain nan cocok
  • Berkeliling bukan lebih dari 70 cm dan lain kurang dari 68 cm
  • Berat tidak lebih terbit 450 gram dan tidak abnormal dari 410 gram puas sediakala kejuaraan
  • Tekanan yang sebanding dengan 0,6-1.1 atmosfer (600 – 1100 g/cm2) di satah laut (8.5 lbs/sq in 15.6 lbs/sq in)

Komponen Lapangan

komponen lapangan sepak bola
onderdil tanah lapang sepak bola

Seperti yang ada pada tulangtulangan di atas, bentuk lapangan sepakbola adalah persegi tataran. Pada lapangan tersebut terdapat sejumlah komponen sebagai berikut:

  • The touchline maupun garis samping: 90-120 meter
  • The goal line alias garis gawang: 45-90 meter
  • Halfway line atau garis tengah: 45-90 meter
  • Center circle alias lingkaran tengah: 9,15 meter
  • Center spot atau titik paruh produktif di tengah lapangan
  • Penalty box atau peti pinalti: panjang 40,32 meter dan demes 16,5 meter
  • Goal box atau kotak distrik kusen: Panjang 18,32 meter dan lebar 5,5 meter
  • Penalty spot atau bintik pinalti: 11 meter
  • Penalty arc
  • Corner arc: 1 meter
  • Corner Flagpost: 1,5 meter

Biar makin paradigma, berikut penjelasan mengenai suku cadang-komponen dalam tanah lapang sepakbola standar kewarganegaraan, internasional FIFA tersebut:

1. The touchline (garis samping)

Merupakan garis riol yang bentuknya mengaret di sisi tanah lapang. Panjang garis samping juga menunjukan ukuran tingkatan lapangan sepakbola. Umumnya janjang garis samping kisaran 90-120 meter.

Jika bola keluar garis ini, permainan akan dihentikan temporer. Permainan akan dilanjutkan lagi dengan lemparan kedalam menunggangi tangan.

Misalnya saja pada Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pangkat lapangannya seorang sebesar 110 meter dengan lebar 70 meter. Peristiwa lain bisa kita jumpai pada Stadion Old Trafford, markas Manchester United, Santiago Bernebu nan merupakan markas Sungguhan Madrid dimana panjang lapangannya sebesar 105 meter dengan tumpul pisau 68 meter.

2. The goal line (garis gawang)

Garis kusen merupakan garis yang letaknya sejajar dengan gawang. Garis ini juga menjadi tolok untuk menyukat gempal pelan sepakbola. Ukuran garis gawang koteng antara 45-90 meter.

Seandainya bola keluar melalui garis gawang dan dilakukan oleh pihak musuh, maka permainan akan dihentikan. Kemudian dimulai pula dengan tendangan gawang.

Tetapi jika bola keluar berpokok garis papan oleh anggota cak regu sendiri, permainan akan dihentikan dan dilanjutkan kembali dengan sepak pojok alias corner kick maka itu pihak lawan.

3. Halfway (penampang)

Garis tengah lapangan berdimensi setimbang panjangnya dengan rata gigi lapangan/garis kusen, adalah antara 45-90 meter. Kekuatan sengkang alun-alun untuk membagi area dua tim. Diameter juga bermanfaat untuk memahami posisi offside dalam pertandingan.

4. Center circle (guri tengah)

Lingkaran tengah kaya di tengah lapangan sepakbola. Llingkaran perdua sendiri digunakan bakal mengerjakan kick off etiket kejuaraan dimulai. Lingkaran tengah koteng memiliki jangkauan 9,15 meter.

5. Center spot (bintik tengah)

Center spot sekali lagi bisa dikatakan sebagai resep dari lapangan. Titik ini sekali lagi menjadi tempat memangkalkan bola pada saat akan berbuat kick off di penggalan purwa maupun kedua. Kick off sendiri bisa dilakukan makanya 1 maupun 2 pemain dan harus berada di distrik pematang gerendel.

6. Penalty Box

Penalty box merupakan daerah boks dekat tiang. Disarankan bakal anak ningrat untuk tidak berbuat pelanggaran terhadap musuh yang menyerang di wilayah peti pinalti. Sebab jika pelanggaran terjadi di area kotak pinalti, maka akan terjadi tendangan pinalti yang samudra kemungkinan menghasilkan gol.

Panjang kewedanan pinalti seorang 40,32 meter dengan lebar 16,5 meter yang dihitung bersumber garis gawang.

7. Goal box (kotak area gawang)

Peti area gawang ukurannya bertambah mungil terbit boks pinalti. Panjangnya sendiri cuma 18,32 meter dengan lebar 5,5 meter yang dihitung dari garis kayu.

Kotak wilayah gawang lagi dapat dikatakan bagaikan wilayah pengaturan kiper. Misalnya seandainya kiper ingin menggetah bola tinggi di area ini dan mendapat gangguan dari pihak musuh, lazimnya pertandingan akan dihentikan.

Kiper akan diberikan hidayah pelanggaran dengan tendangan bola mati ke arah pihak kebalikan.

8. Penalty spot (titik pinalti)

Titik pinalti merupakan titik yang suka-suka tepat di depan tengah gawang. Jarak antara titik pinalti dengan garis gawang adalah 11 meter. Titik pinalti ini juga kerap disebut sebagai titik 12 pas.

Dinamakan titik 12 memadai untuk menunjukan ukuran jarak titik pinalti dengan garis kusen yang diukur kerumahtanggaan ketengan yard, ialah sebesar 12 yard atau 11 meter.

9. Penalty arc

Penalty arc ialah area cekung berbentuk secarik gudi yang cak semau di bokong titik pinalti. Maslahat penalty arc sendiri andai pengatur jarak pemain dengan bola ketika terjadi tendangan pinalti. Maka pada saat pinalti, bukan ada pemain yang berjarak terlalu dekat dengan bola.

10. Corner arc

Corner arc merupakan area dengan lembaga seperempat guri yang suka-suka di masing-masing pojok tanah lapang. Provinsi sudut ini digunakan untuk menaruh bola ketika terjadi tendangan pojok/penjuru. Radiusnya sendiri sebesar 1 meter.

11. Corner Flagpost

Di area corner arc pula terpasang bendera atau corner flagpost. Corner flagpost koteng diletakan di sendirisendiri kacamata corner arc lapangan sepakbola. Tinggi tiang lakukan menikamkan benderanya bermacam ragam. Namun FIFA seorang menetapkan untuk ukuran tingginya tidak boleh sedikit dari 1,5 meter.

Sebagai tambahan, di lapangan sepakbola sendiri terdapat technical negeri. Technical area sendiri merupakan area dengan bagan persegi strata. Area tersebut berbenda di samping lapangan.

Fungsi area tersebut bak daerah untuk pelatih, staf cak regu, dan para pemain tandon untuk menyerahkan instruksi, mengkritik kejuaraan, dan duduk bersiap-siap kalau terjadi pergantian pemain.

Itulah sangka-tebak matra lapangan sepakbola standar kewarganegaraan atau internasional FIFA. Kiranya dapat kondusif anda memafhumi lebih baik soal dunia sepakbola.

Source: https://www.jurnalponsel.com/ukuran-lapangan-sepak-bola/

Posted by: gamadelic.com