Tuliskan Sebuah Contoh Pantun Nasehat

37 Puisi lama Nasehat Terbaik yang Sarat Makna dan Ki menggarap
– Pantun bagaikan salah satu sastra populer di antara tali peranti verbal awam Melayu Indonesia. Pantun sendiri secara harfiah bersumber berbunga bahasa Minangkabau patuntun yang berarti penuntun.

Dalam bahasa Jawa, pantun dikenal dengan nama parikan, berbeda sekali lagi dengan sebutan dalam Bahasa Sunda yaitu paparikan, sementara dalam bahasa Batak pantun disebut pun dengan
umpasa.
Simak penjelasan lebih transendental tentang pantun tiba pecah definisi, ciri, jenis pantun hingga himpunan kelong nasehat berikut ini:

Pengertian Puisi lama

Puisi lama adalah bentuk puisi Indonesia dijana setiap baitnya kemudian terdiri atas empat lajur yang berketukan a-b-a-b. Pantun biasanya terdiri dari sampiran lega bait pertama dan kedua, kemudian isinya berada puas kuplet ketiga dan keempat nan sekalian menggambarkan pamrih dari pantun tersebut.

Menurut Richard Olaf Winstedt dan Richard James Wilkinson dalam Pantun Melayu (1914) puisi lama tidak sekadar gubahan kata-kata dengan rima dan irama tapi juga rangkaian kata-pengenalan indah yang memvisualkan perasaan para penuturnya. Berikut ini bilang pengertian kelong menurut para ahli:

1. Herman Waluyo

Kelong sebagai jenis puisi jawi yang tulen dan mutakadim lama mengakar dalam budaya umum kita.

2. Kaswan dan Rita

Puisi lama merupakan suatu di antara jenis syair melayu di mana privat satu baitnya terdiri dari empat larik dan n kepunyaan sajak a-b-a-b. Sampiran sebutan buat baris purwa dan kedua sementara isi ada pada larik ketiga dan keempat.

3. Alisjahbana

Pantun ialah satu di antara keberagaman puisi lama yang dikenal oleh anak adam dulu dan telah dikenal masyarakat sejak lama sekali. Ciri utama puisi lama ada pada setiap bait nan terdiri berpunca empat derek kemudian berisikan sampiran dan kelong.

4. R.Ozon. Winsted

Kelong bukan saja kalimat beriman serta nada, sahaja ialah rangkaian kata-kata indah buat melukiskan pikiran yang dimiliki oleh penuturnya.

5. Sunarti

Pantun bagaikan salah satu tulangtulangan puisi lama, memiliki keindahan tersendiri berbunga segi bahasa, yang satu di antara ketampanan bahasa dalam puisi lama ditandai oleh rima a-b-a-b.


Konotasi Pantun Nasehat

Sreg dasarnya, pantun adalah salah satu jeni pantung nan memiliki tujuan bikin menyerahkan anjuran terhadap seseorang ataupun mahajana. Karena itu, tema dan isi pantun yang paling kecil banyak dijumpai yakni berjenis pantun nasehat. Rata-rata pantun nasehat mutakadim diajarkan sejak kita masih SD.

Kelong nasehat ini mempunyai tujuan khusus yaitu menyorongkan pesan pendidikan dan moral kepada sidang pendengar ataupun pembacanya. Bintang sartan, pantun nasehat berisi tentang suatu nasehat atau wanti-wanti yang bermanfaat kerjakan kehidupan kita dikemudian hari. Puisi lama nasehat umumnya terdiri dari empat baris nan di mana dua saf purwa berupa sampiran dan dua baris berikutnya riil isi terbit kelong nasehat itu sendiri.

Contoh:

Di urut-urutan enggak sengaja berjumpa daun mole
Ingat manfaat, lantas cepat dibawa
Tiada belajar tiada nan rugi
Kecuali diri sendiri di masa tua

Bermacam-macam sempurna puisi lama nasehat lainnya dapat kamu baca sreg Ki akal Pintar Puisi lama & Syair Dilengkapi Alas kata-Introduksi Loklok oleh Andi Soenaryo yang bisa kamu dapatkan hanya di Gramedia.

beli sekarang

Ciri-Ciri Pantun Nasehat

Pantun diharapkan boleh menjadi penuntun umur lakukan khalayak nan mendengar maupun membacanya, sebab tidak hanya digdaya nasehat dan imbauan, cara penyampaiannya pula memiliki ciri khusus, selain itu pantun lazimnya terdiri atas empat baris ataupun lega pantun dikenal juga dengan sebutan jejer, dimana setiap barisnya terdiri dari 8-12 tungkai kata sebab pada awal puisi lama tidak ditulis namun disampaikan secara verbal.

Karena itulah, tiap baris lega pantun dibuat sesingkat bisa jadi, hanya tunak padat berisi. Oleh karena alasan ini setiap saf sreg pantun umumnya terdiri atas 8—12 suku pembukaan. Pantun juga memiliki rima a-b-a-b atau a-a-a-a, tidak boleh a-a-b-b alias a-b-b-a.

Individual pantun gambar rima biasanya adalah a-b-a-b maupun memiliki paritas obstulen antara baris purwa dengan ketiga pantun dan jajar kedua dengan baris keempat atau antara sampaian dan isi.

Keunikan lainnya pada pantun yang membuatnya mudah diingat oleh sidang pendengar dan pembacanya yakni sebagai jenis puisi lama puisi lama juga dilengkapi dengan pengantar yang enggak doang jenaka tapi lagi puitis pada saat yang bersamaan.

Selain memiliki ciri publik seperti mana di atas, berpokok segi isinya, pantun nasehat mempunyai ciri ibarat berikut :

  • Mandraguna pesan / nasehat / etik bagi menjadi lebih baik.
  • Berfungsi menebarkan bermacam-macam nilai-nilai kebaikan dan fiil pekerti nan berkaitan dengan semangat sehari-hari.
  • Kadang mandraguna perintah sebagaimana : jauhi, jangan, dilarang, mudahmudahan, sebaiknya.
  • Dipakai di acara-acara sama dengan pengajian, kegiatan belajar mengajar dll.

Itulah sejumlah ciri berpokok pantun nasehat. Setelah membahas ciri-ciri pantun nasehat, maka pembahasan selanjutnya ialah contoh pantun nasehat.

Bagi Grameds yang ingin belajar kerjakan menulis pantun nasehat yang baik, buku Mahir Peribahasa, Tembang Baru, Dan Puisi lama dapat kamu jadikan referensi penelaahan dengan klik “beli sekarang” nan terserah di radiks ini.

beli sekarang

Pusparagam Hipotetis Pantun Nasehat dan Maknanya

Pantun nasehat punya sebuah nilai moral yang bisa menyerahkan inspirasi. Inspirasi ini dapat berupa inspirasi moralitas yang menjadi ramalan bagi seseorang atau pembaca pantun, untuk belajar menjadi lebih baik lagi. Tak hanya itu, pantun nasehat rupanya n kepunyaan fungsi mengawurkan berbagai nilai-nilai kebajikan dan khuluk pekerti adapun banyak kejadian baik yang berkaitan dengan semangat sehari-tahun kita. Berikut ini beberapa acuan pantun nasehat:

1. Kelong Nasehat Tentang Menjaga Kesegaran

Sebelum mulai belanja
Olahraga apalagi terlampau kendati fit
Jika sudah sesak lama bekerja
Badan butuh istirahat

Makna: Jangan sesak memaksakan diri seorang n domestik bekerja dan harus selalu ingat kesehatan diri sendiri.

Jalan-kronologi ke Bekasi
Beli odeng lima ribuan
Jangan lupa makan-makanan bergizi
Untuk menjaga kesegaran

Makna: Kesehatan itu utama dan harus dijaga. Keseleo suatu bikin menjaga kebugaran bisa memakan makanan yang bernutrisi dan ki berjebah protein dan zat makanan.

Pergi bertempoh ke rumah paman
Sekalian membiasakan budaya dan tari
Tidak cak semau yang lebih nyaman
Selain bimbing kesehatan diri

Makna: Tidak ada hal yang bahagia selain memiliki badan nan afiat dan terhindar bermula penyakit

Ke pasar beli kapur barus
Pulang ke rumah dulu jalan lurus
Bimbing jarak itu harus
Virus makara kabur terus

Makna: Dengan menjaga jarak, maka kita sudah menurunkan risiko terkena virus

Beli buah di pasar minggu
Jangan lalai membeli duku
Jangan lupa latihan jasmani selalu
Agar bahagia hadir selalu

Makna: Gerak badan ialah salah satu aktivitas nan bisa menyehatkan raga sinkron membuat diri menjadi bahagia.

2. Pantun Nasehat Hendaknya Jadi Sukses

Pamanku sendiri orang tani
Punya ladang, n kepunyaan ladang
Ayo, mengaji resep hari ini
Meski tahun depan menjadi lebih gemilang

Makna: Itu karena buku adalah tingkapan dunia. Jadi, lakukan meraih masa depan nan cerah bisa diawali dengan suka membaca rahasia.

Di sekolah ada pemuda tampan
Berangkat pagi jadi tergesa-gesa
Jika memurukkan-nunda karier
Hanya kata tersisa yang akan primitif

Makna: Kian cepat makin baik adalah salah satu ungkapan nan melukiskan bahwa menolak-nunda satu pekerjaan habis tidak baik.

Siuman kondominium dengan bata merah
Akan banyak pengeluaran yang unjuk
Apapun yang menjadi cita-cita kita
Mudahmudahan esok bisa terkabul

Makna: Selalu percaya pada diri sendiri bahwa suatu saat nanti boleh menjadi individu yang sukses.

Cak semau angsa di sungai
Bebek berenang sudah biasa
Janganlah berlebih banyak bersantai
Sukses bukan akan dirasa

Makna: Jangan koalisi berhenti bagi bekerja keras. Karena dengan berkarya keras kamu bisa mendapatkan keberuntungan.

Banyak ikan kecil di selokan
Jangan tengung-tenging diambil dengan saringan
Bahagia lalu diperlukan
Cak bagi mendapatkan kemajuan

Makna: Jangan aliansi bosan untuk belalah bahagia karena kesukaan salah satu daya kemenangan. Apakah perian ini kamu bahagia? Jika belum bahagia, cari kesukaan anda segera!

Main ke rumah antagonis pinjam gasing
Rumahnya ada di paruh kota
Setiap anak adam punya jalan suksesnya masing-masing
Jalani semata-mata dan fokus pada jalan kita

Makna: Di dalam diri perlu ditanamkan rasa percaya bahwa di kemudian hari keberhasilan akan menghampiri diri sendiri. Percaya plong diri sendiri akan menambahkan semangat nasib seseorang.

Ketika kita sedang mengalami masa rumpil, kita tidak bisa kecewa dan menyerah. Percayalah bahwa nantinya kita akan mencapai kemajuan dan peristiwa ini dapat Grameds baca pada buku Aku Pantang Menyerah maka dari itu Stella Ernes.

beli sekarang

3. Pantun Nasehat Roh

Di pelataran kondominium ada gunting
Digunakan menyelang kertas
Wejangan turunan tua sangatlah terdepan
Untuk jalan usia yang lurus

Makna: Pesan-wanti-wanti yang ayah bunda berikan akan selalu bermanfaat bakal kita. Oleh karena itu, selalu dengar ujar-ujar orang tua.

Cak semau bicokok bersembunyi di gua
Menghindar merupakan sortiran yang tepat
Dengarkanlah nasihat ayah bunda
Biar anda makara kuat

Makna: Jangan menunduk dalam menjalani arwah. Maka dari itu karena itu, engkau harus sering mendengar ujar-ujar pecah orang tua lontok.

Dia sedang bertindak
Menengah ayahnya sedang mengemudi
Kalau hidup harus berkeyakinan diri
Hendaknya bahadur selalu menemani

Makna: Seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan selalu berani kerumahtanggaan melakukan sesuatu.

Si cikal bakal punya pusaka sebilah belati
Dijaga dengan hati-hati
Janganlah kamu tinggi hati
Dijauhi rival itu pasti

Makna: Tinggi hati adalah salah satu sifat yang tidak baik. Resan tinggi hati dapat menjauhi ia berasal orang lain. Maka itu karena itu, hindari resan tinggi hati supaya punya banyak teman.

Daging segar di Pasar Jakarta
Dibeli kerjakan acara
Jangan wasilah bosan mengaji
Cerdas datang dengan sendirinya

Makna: Semakin banyak membaca, maka semakin banyak ilmu pengetahuan yang dapat didapatkan.

Pola segak di usia belia
Akan lebih cegak jika terus berkarya
Wajah nan majuh ceria
Akan membuat cucu adam di sekitar kita bahagia

Makna: Jangan kawin bosan untuk membuat basyar lain bahagia.

Ada lebah, suka-suka gagat
Suka-suka batu, ada juga tanah liat
Momen payah terasa lewat
Beri diri rasa semangat

Makna: Lakukan kamu nan medium merasa lejar, beristirahatlah sejenak lakukan membaikkan lever dan perasaan.

Perkembangan-jalan bikin membeli kenur
Barang yang dipilih harus kuat
Kalau mau belalah menang
Harus jadi yang terbaik dan usia

Makna: Selalu semangat dan selalu berusaha jadi nan terbaik merupakan kunci untuk meraih kesuksesan.

Jalan-jalan ke wisata bahari
Pemandangannya dipenuhi batu-batu
Rencanakan sesuatu jauh-jauh masa
Biar hasilnya menjadi tepat waktu

Makna: Kalau menginginkan sesuatu sebaiknya dipersiapkan dengan matang dan terencana. hal ini terdepan buat dilakukan kendati meminimalisir terjadinya kesalahan.

Ke Jawa Timur beli soto babat
Jangan lupa beli untuk bibi
Anda jangan jadi jahat
Agar selalu ditemani

Makna: Menjadi orang baik akan takhlik diri sira memiliki banyak kebalikan. Jadi, kamu harus menjadi individu baik secepat mungkin.

Di bandara terserah kancah penitipan
Tidak tengung-tenging menerimakan selamat
Jangan pernah makara orang enggak
Sekiranya diri sendiri sudah hebat

Makna: Jadilah diri sendiri dalam mengerjakan sesuatu cak agar orang tidak tahu seandainya engkau itu hebat.

4. Pantun Nasehat Percintaan

contoh pantun nasihat

pixabay

Hidup sehat di usia belia
Minum air putih banyak manfaatnya
Dia akan ikut bahagia
Jika beliau bersamanya

Makna: Sekelamin puspa hati akan pelahap bahagia jika selalu hidup berdampingan. Hal ini dikarenakan ketika hidup saling berdampingan maka susah senang dirasakan langsung dan setiap problem juga diselesaikan refleks.

Masak ayam rica-rica pakai lombok
Pakai cabai rasanya juga sama
Alas kata sempurna enggak perlu ada
Bagi bisa saling menerima

Makna: Tidak ada yang kamil di dunia ini. Maka dari itu karena itu, setiap manusia disarankan cak bagi bisa ubah melengkapi dan tukar menerima.

Ada program tampil Tari Saman
Gerakannya harus terlebih lalu dipelajari
Pilihlah dia yang menciptakan menjadikan hatimu nyaman
Supaya ia miliknya nanti

Makna: Menjadi diri sendiri sangatlah berjasa terutama dalam percintaan karena untuk membangun rasa cinta dibutuhkan kejujuran mulai sejak kerumahtanggaan diri.

Di jenggala banyak pohon eru
Terserah lagi hewan-satwa melata
Janganlah kita saling berpura-pura
Berlaku seolah tak ada apa-segala

Makna: Silih mendelongop adalah daya berbunga hubungan yang harmonis. Setiap ada masalah dengan kekasih mudahmudahan buru-buru dibicarakan dan diselesaikan dengan baik-baik.

Cak semau perempuan dan adam
Tukar membantu, enggak menggurui
Entah fase kehidupan segala apa nan dimasuki
Pastikan keluarga sudah merestui

Makna: Jika kalian sudah mendapatkan restu ayah bunda, apapun masalah yang dihadapi akan mudah diolah. Pelecok satu pendirian untuk mendapatkan restu sosok tua bisa dilakukan dengan menyayangi mereka.

Menikah perlu rancangan yang matang
Lebih-lebih sudah mendapatkan pasangan yang dikejar
Berterimakasihlah dengan individu-bani adam yang datang
Karena mereka, kita bisa sparing

Makna: Berpangkal waktu lalu akan suka-suka banyak pelajaran yang bermanfaat di masa depan. Begitu pula khalayak-orang nan pernah hadir di masa lepas seseorang pasti ada kursus yang dapat diambil.

Malam-lilin lebah ada banyak bintang
Hanya cak semau satu bulan nan terang juga
Tak apa jika rasa nyeri menclok
Cak agar kita bisa berlatih tentang keadaan berharga

Makna: Setiap camar duka n domestik spirit akan selalu memberikan latihan-pelajaran yang berharga. Kaprikornus, jangan koneksi menganggap remeh setiap pengalaman hidup.

Beragam Pantun Bosor makan lainnya bisa Grameds temukan pada buku Kumpulan Pantun Cinta Terdahsyat yang ditulis oleh Harry Iwak Sapi dibawah ini.

beli sekarang

5. Kelong Nasehat Membiasakan

Ke pasar Minggu beli sepatu hijau
Spontan beli kapur barus
Dengarkanlah nasihat ibu dan buya suhu
Supaya ponten tugas selalu bagus

Makna: Mendengarkan bapak dan ibu guru di sekolah merupakan salah satu pendirian agar mendapatkan biji yang memuaskan. Dengan hal ini, makhluk tua akan terlihat bahagia karena melihat anaknya pintar.

Main robot-robotan yang perkasa
Simultan memutar
Jika ingin bintang sartan juara
Giat sparing kuncinya

Makna: Jika kamu ingin menjadi juara kelas, maka rajin-rajinlah belajar supaya kamu bisa bintang sartan juara inferior. Menjadi pemenang kelas adalah pelecok satu hal yang mengagulkan cak bagi diri sendiri dan cucu adam wreda.

Ada anak cantik berkulit putih kuning
Wajahnya berubah menjadi sebuah kenangan
Belajar tidak akan membuatmu kesasar
Justru akan mempermudah dalam melintasi tantangan

Makna: Jangan pernah malas cak bagi belajar supaya dapat menerobos berbagai rintangan. Semakin banyaknya rintangan yang dilewati melambangkan bahwa diri ia ialah seorang nan mau membiasakan.

Meninggalkan ke empang untuk memancing
Pulangnya bawa ikan patin
Ayah bunda merasa suka
Seandainya anak asuh menempuh pendidikan

Makna: Telah semestinya seorang momongan membahagiakan ayah bunda. Salah suatu cara untuk membahagiakan makhluk tua bangka bisa dilakukan dengan menuntut ganti rugi pendidikan supaya ilmu pengetahuan semakin kian.

Berpesiar ke pemancingan
Berangkatnya naik induk bala
Jangan mencupaikan pendidikan
Karena di danau ilmu pengetahuan bertambah

Makna: Dengan menempuh pendidikan, maka ilmu proklamasi yang kita miliki akan meningkat sehingga akan penting bagi semangat.

Beli buku di pasar Johar
Belinya nggak semata-mata satu
Jikalau kamu cak hendak berisi
Burung laut belajar pelahap

Makna: Jangan gabungan malas untuk membiasakan karena dengan enggan belajar karena dengan belajar seseorang akan bertambah mandraguna.

6. Pantun Nasehat Kebersihan

Baca buku minum inskripsi
Kopi hangat bau kencur diseduh
Jangan buang sampah di wai
Sungai akan terus bersih

Makna: Semakin banyak turunan yang membuang sampah ke batang air dapat menyebabkan air sungai tercemar. Makanya karena itu, jangan membuang sampah ke kali besar kalau ingin mengintai sungai kudrati.

Minyak papan ceria dipakai di raga
Jangan lupa dioleskan berkali-kelihatannya
Buruk perut ingat kebersihan lingkungan
Lingkungan bersih menentramkan hati

Makna: Cerbak menjaga kebersihan! Sekiranya kita melihat lingkungan nan bersih pastinya cak hendak berlalai-lalai di lingkungan tersebut. Jadi, buat menjaga kebersihan dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

Main layangan buat bahagia
Apalagi mainnya bersama-sama
Buanglah sampah plong tempatnya
Lingkungan bersih terus terpelajar

Makna: Jangan wasilah biji zakar sampah serabutan! Sampah yang dibuang pada tempatnya boleh menjaga kualitas dan kebersihan berpangkal lingkungan itu sendiri. Jadi, sudahkah kamu membuang sampah lega tempatnya?


7. Pantun Nasehat Pendidikan

Pagi-pagi bagusnya minum payudara
Kendati kebugaran selalu terpelajar
Jangan afiliasi bosan bagi terus membaca buku
Karena buku jendela dunia

Makna: Cerbak-seringlah membaca rahasia hendaknya wawasan semakin bertambah

Meninggalkan ke pasar mendaki pelopor
Pulangnya beli batagor
Sekiranya kamu ingin makin pintar
Jangan wasilah celih cak bagi belajar

Makna: Dengan rajin belajar, kita akan menjadi orang yang sakti

Makan rendang pakai nasi
Nasinya nasi panas kuku
Buat meraih mimpi
Harus membiasakan dengan semangat

Makna: Suatu mimpi akan bisa tercapai kalau kita belajar dengan penuh rasa spirit

Pergi ke sekolah diantar bunda
Pulangnya perkembangan kaki seorang
Rajin-rajinlah membaca
Agar cita-cita bisa terengkuh

Makna: Membaca merupakan keseleo suatu kegiatan agar cita-cita bisa tercapai

8. Puisi lama Nasehat Kerjakan Anak

Selongsong Budi meninggalkan tinggal di Bali
Setiap pagi camar olahraga
Kamu harus jadi anak berbakti
Sehingga ibu bapak kian cinta

Makna: Seorang anak yang berbakti kepada cucu adam tua akan mendapatkan pemberian sayang nan lebih

Urut-urutan-jalan ke pasar di pagi hari
Pulangnya beli bolu meranti
Ketika mandi jangan lupa menggosok persneling
Moga gigi tidak bolong lagi

Makna: Dengan menggosok gigi, maka transmisi bolong dapat dicegah

9. Pantun Nasehat Agama

Beli salak beli kedongdong
Belinya di pasar Kramat Jati
Jangan aliansi menjadi pribadi muluk
Agar terhindar bermula ki aib hati

Makna: memiliki sifat snobis dapat memunculkan penyakit hati

Menenggak air putih di pagi periode
Makan buah kaya vitamin
Puasa Ramadhan sepemakan lagi
Jangan tengung-tenging ubah mengampuni

Makna: Dengan saling memaafkan, maka puasa Ramadhan dapat dijalani dengan penuh keluasan pikiran

Pergi ke sekolah mengapalkan bekal
Bekalnya berupa sayur mayur
Rajinlah bikin terus menderma
Supaya amal pahala terus mengalir

Makna: Beramal merupakan salah satu aktivitas nan bisa memberikan kita pahala

10. Teoretis Pantun Nasehat Yang Tak

contoh pantun nasehat

pixabay

Beli limau di Paket Petrus
Makannya bareng sama Mbak Yum
Manfaatkan waktu berlatih terus
Dan buat orang tuamu tersenyum

Makna: Belajarlah dengan cerbak agar bisa menyenangkan orang tua dengan prestasi kita

Anyit suka kopi buah dada
Minum kopinya refleks
Biasakanlah membaca rahasia
Sebab beliau jendela marcapada

Makna: Rajinlah membaca buku, sebab buku yaitu jendela dunia

Nonton bola kaki bareng Argentum
Si Galuh suka grup bola MU
Dalam vitalitas jangan merintih
Pulang ingatan kerja-keras bani adam tuamu
Makna: Jangan berlebih banyak menghubungkan dan hargailah kerja keras orang berida yang selalu berusaha membahagiakanmu

Sang Joni langganan juara satu
Padahal hobinya tidur pulas
Kumpulkan PR tepat periode
Agar bisa naik kelas

Makna: Rajinlah besar perut mengerjakan PR agar bukan lewat papan bawah

Ayahku seorang peladang
Bekerja tiap hari di tanah huma
Ayo belajar hari ini
Untuk perian depan nan lebih gemilang

Makna: Belajarlah setiap hari untuk mendapatkan kala nanti yang terang

Joni memancing di kala dini hari
Pulang menenteng banyak ikan
Bagi siapa yang rajin membiasakan
Tentu akan sukses kemudian

Makna: Orang-orang yang rajin membiasakan sedari dini pasti akan pulun keberuntungan nanti

Anak kecil bermain batu
Batu samudra dilempar ikut sumur
Belajar jangan mengenal hari
Juga jangan mengenal umur

Makna: Belajarlah setiap waktu, sonder dibatasi usia. Kapanpun tak persaudaraan ada pembukaan terlambat dan jangan pernah merasa lelah

Hari Pekan belanja ke pasar
Membeli sayuran dan juga beras
Tiap hari rajinlah berlatih
Agar di hari depan jadi orang nan cerdas

Makna: Bosor makan-rajinlah belajar semoga kelak menjadi makhluk nan cerdas

Timbrung lomba dan kalah
Pulang-pulang hati kesal
Perian muda rajinlah sekolah
Agar di masa tua tak menyesal

Makna: Jangan membolos di perian sekolah, mudahmudahan momen jompo enggak menyesal, periode sekolah selain masa yang mengademkan palagan kita berperan-main juga tempat kita menuntut aji-aji. Belajarlah dengan baik!

Berlari-lari mengulangulang perian
Tetap tercecer gerbong kereta
Letakan Pendidikan di nomor suatu
Bagi kemajuan nasion dan negara

Makna: Letakkan Pendidikan sebagai prioritas lakukan demiki kemajuan bangsa dan negara Indonesia

Liburan asyik pergi ke Blitar
Tak ingin pulang tergopoh-gopoh
Jika ingin menjadi anak yang pintar
Sparing dan Bersyukur lah pada kiai ibu temperatur

Makna: Rajinlah belajar dan jangan tengung-tenging bersyukur kepada bapak dan ibu guru yang telah dengan sabar mengajarkan kita

Pukul tujuh pagi mutakadim masuk kelas
Mengerjakan tugas yang memadai rumit
Menuntut ilmu haruslah zakiah
Wujudkan cita-citamu ekuivalen langit

Makna: Belajarlah dengan ikhlas dan wujudkan cita-citamu

Bepergian-jalan membidik Bali
Pergi jauh mengejar aneka mainan
Kepada Almalik-lah kita kembali
Mohonlah doa dan belas kasihan

Makna: Mohon doa dan ampunan kepada-Nya, sebab kepada Tuhanlah kita kan kembali

Pagi periode pekebun datang menyemai
Antah tumbuh disiram sudah
Seandainya mau atma dalam damai
Jangan susunan pangling beribadah

Makna: Beribadah lah, jika cak hendak vitalitas privat keadaan damai

Joni pergi ke sekolah tertinggal
Hingga gurunya memarahi
Jangan hubungan meninggalkan sholat
Agar terus mendapat ridho ilahi

Makna: Jangan lupa menjalankan ibadah shalat, agar terus mendapatkan ridha ilahi

Dani suka terjerat arus
Hingga lupa jati dirinya
Semangatlah belajar yang terus-menerus
Kelak akan kau petik buahnya

Makna: Pelahap belajar sedari masa ini, kelak akan kau tuai hasilnya

Beli mangga bersama Tania
Tania membeli mangga catur
Jangan bosan untuk berdoa
Niscaya dituruti disaat tepat

Makna: Berdoalah selalu, dan percaya doamu akan dituruti saat ini atau tubin, di waktu yang tepat

Joni main bersama Yusa
Tapi lalai mengajak Firman
Jangan kekeluargaan remehkan puasa
Karena puasa termasuk rukun iman

Makna: Jangan remehkan puasa sebab puasa terdaftar akur iman

Pergi kemah jangan tengung-tenging mengirimkan bivak
Bivak yang dibawa milik Dima
Memiliki rejeki beramal jangan ditunda
Tunaikan berbaik iman yang ke panca

Makna: Beramallah caruk, dan tunaikan rukun imanmu yang kelima

Menulis puisi dengan penuh tanya
Tak lama kemudian ada tamu
Sebut nama berhala dihadapanNya
Siapa Tau ia jodohmu

Makna: Sebut logo orang yang kamu sayangi di saat beribadah, seyogiannya didekatkan ia kepadamu

Ke toko swalayan membeli patra oliva
Berangkat di swalayan banyak anak bertindak
Selalu lah menjaga sopan santun
Mudahmudahan dihargai oleh orang lain

Makna: Jagalah sopan santun agar dihargai oleh orang lain

Besi itu sudah lalu menua
Akan dibuat kasur pakai gelembung
Jangan menengkar perintah khalayak lanjut umur
Sebab akan menambah dosa

Makna: Jangan membalas kepada orang renta sebab durhaka dan meninggi dosa

Pak Yudi gemar bertapa di lubang
Kertas dibakar menjadi abu
Jangan suka membohongi orang gaek
Sebab kayangan ditelapak tungkai ibu

Makna: Jangan suka membohongi orang tua, sebab surga berada dibawah telapak kaki Ibumu

Beli sayur di toko Olga
Burung laut Olga sedang rehat
Jangan pangling olahraga
Agar jasmani intern kondisi sehat

Makna: Sport rajin akan membuat tubuhmu selalu privat kejadian sehat

Perlop ke Batu hari Minggu
Upaya menghilangkan kau memiliki cemas
Makanlah selalu tepat hari
Seyogiannya tubuh tidak mudah lemas

Makna: Makan tepat hari agar bodi segak bugar selalu

Joni senang olahraga lari
Karakter suka memahat
Pelihara cermin makan sehari-hari
Hendaknya raga menjadi bugar

Makna: Agar tubuh comar kerumahtanggaan keadaan cegak, jagalah arketipe makanmu sehari-hari

Semua lauk terlampau telah
Tertinggal sepiring gula-gula
Sejak kini rajinlah ibadah
Niscaya belakang hari songsong surga

Makna: Ibadahlah sedari masa ini agar kelak masuk taman firdaus

Bawa umpan pancing dengan bekas
Jerat merombong ikan dengan pukat
Luruskan niat kerumahtanggaan ibadah
Agar berkah dan berpahala

Makna: Luruskan bosor makan niatmu Ketika medium beribadah agar lebih berkah dan berpahala

Joni gemar bakso otot
Bakso uratnya pakai mie dan sayur-sayuran
Seandainya kamu ingin hidup selamat
Cobalah selalu loyal perintah Tuhan

Makna: Jika ingin hidup dengan baik, taatilah selalu perintah Halikuljabbar

Perian ini hari Selasa
Akan datang hari berganti Rabu
Jika ingin masuk ke surgaloka
Siuman ibadah nomor suatu

Makna: Jangan lupakan pentingnya ibadah agar kelak turut surga

Malam ahad lilin batik penuh canda
Berleha-leha kontan berlagu mandolin
Belajarlah dia selagi taruna
Agar esok jadi anak pintar

Makna: Rajinlah belajar mudahmudahan menjadi anak nan digdaya

Naik kereta di malam hari
Kereta cepat memacu laju
Jadilah kamu anak yang berani
Tidak pernah ragu dan terus modern

Makna: Jadilah momongan nan pemberani dan bukan ragu-ragu

Anak asuh gadis dengan pipi merona
Memakai gelang dari mutiara
Agar hidupmu penuh dengan makna
Cobalah peduli dengan saudara

Makna: Selalu peduli dengan saudara

Kijing mudah dikejar
Lain boleh ia cepat berlari
Ilmu didapat dengan sparing
Namun harus sepenuh hati

Makna: Belajarlah dengan sepenuh hati

Putih putih rente melati
Bertunas akrab pohon kemangi
Barang kelihatannya sedikit hati
Derajatnya akan menjadi tinggi

Makna: Orang yang rendah hati niscaya memiliki derajat yang lebih tataran

Pisang emas dibawa melaut
Masak seuntil di atas peti
Hutang kencana boleh dibayar
Hutang budi dibawa mati

Makna: Hutang materi bisa dibayar, hutang budi tak

Ros berma melati tulus
Anak uang anggrek kembali banyak gunanya
Mari biasakan hidup bersih
Buanglah sampah lega tempatnya

Makna: Biasakan cak bagi selalu membuang sampah pada tempatnya

Pantun nasehat memang digdaya akan halnya bermacam ragam diversifikasi nasihat kehidupan nan bisa kita terapkan. Akan tetapi, pantun nasehat hanya menjadi pantun tetapi, takdirnya kita tidak menerapkannya dalam spirit sehari-hari. Maka dari itu, sesudah membaca pantun nasehat, kita perlu melatih diri lakukan menerapkan nasehat-nasehat yang berusul pecah pantun tersebut.

Itulah beberapa hipotetis kelong nasehat yang sudah dikelompokkan, sehingga kamu akan mudah mengejar nasehat yang menengah dibutuhkan. Setelah membaca puisi lama nasehat, agar nilai-nilai adapun usia  yang diperoleh terus meningkat. Jadi, apakah beliau sudah lalu memiliki puisi lama nasehat sendiri?

Apa saja contoh pantun nasehat?

Minum air putih di pagi hari
Makan biji kemaluan kaya vitamin
Puasa Ramadhan sebentar kembali
Jangan tengung-tenging maaf-memaafkan
Beli lemon di Pak Petrus
Makannya bareng sama Kakak Yum
Manfaatkan waktu belajar terus
Dan bagi insan tuamu mesem

Apa doang contoh kelong?

Baca kiat minum kopi Kopi hangat bau kencur diseduh Jangan buang sampah di sungai Sungai akan terus bersih Beli buku di pasar Johar Belinya nggak namun suatu Kalau kamu mau kebal Pelalah berlatih gegares

Apa isinya puisi lama nasehat?

Pantun nasehat ini memiliki tujuan partikular ialah menyampaikan pesan Pendidikan dan moral kepada para pendengar maupun pembacanya. Makara, puisi lama nasehat ampuh tentang satu nasehat atau pesan yang bermakna untuk umur kita dikemudian hari.

Segala apa makna dari kelong nasehat?

Makara, pantun nasehat berisi tentang suatu nasehat ataupun pesan nan bermanfaat bagi semangat kita dikemudian hari.

Baca juga pantun yang lainnya berikut :

  • Kumpulan Contoh Pantun Jenaka Berbagai Tema
  • Contoh Pantun Anak-anak asuh
  • Konotasi Sajak
  • Pengertian Syair

Sumber: dari berbagai sumber

ePerpus adalah layanan taman pustaka digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir lakukan melampiaskan privat mengelola perpustakaan digital Sira. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sebatas kancah ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akal masuk ke ribuan pokok terbit penerbit berkualitas
  • Akomodasi dalam mengakses dan mengontrol taman pustaka Beliau
  • Tersedia dalam podium Android dan IOS
  • Tersuguh fitur admin dashboard bakal menyibuk permakluman amatan
  • Laporan perangkaan lengkap
  • Aplikasi lega hati, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/contoh-pantun-nasehat/

Posted by: gamadelic.com