Tujuh Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat


Di materi Sosiologi Kelas 11 ini, kita bakal membincangkan 7 unsur kebudayaan dan contohnya. Ayo kita mulai!

Hai, Sobat Zenius! Apa yang terlintas di pikiran, kalau dengar pembukaan budaya alias kebudayaan? Apakah itu ialah sesuatu yang sifatnya tradisional, misalnya, tari adat, suku, dan bahasa daerah?

Gue kasih bocoran dikit, ya, hehe, budaya itu ialah sesuatu yang elo temui setiap harinya. Taktik yang elo baca, video YouTube yang ditonton, motor yang setiap hari elo gunakan, sampai anime yang tiap pekan ditunggu kelanjutannya. Semua itu adalah budaya!

Ilustrasi contoh budaya
Ilustrasi contoh budaya (Sahifah Zenius 2022).

Kalau tali peranti, apakah itu juga budaya ataupun kebudayaan? Itu juga riuk satu adegan berbunga budaya. Baiklah, refleks ke pembahasan, mari! Setelah mendaras kata sandang ini, gue harap, kognisi kalian tentang budaya maupun kebudayaan bakal semakin mantap.


Barang apa Itu Budaya atau Kebudayaan?

Padalah, kalau berdasarkan Kamus Raksasa Bahasa Indonesia (KBBI), budaya itu bisa disebut sebagai pemikiran atau akal. Lho, mengapa bisa, budaya disebut sebagai pemikiran alias akal?

Ilustrasi apa itu budaya atau kebudayaan
Ilustrasi apa itu budaya ataupun kebudayaan (Kopi Zenius 2022).

Cak bagi menguraikan ini, ayo kita pakai definisi dari Koentjaraningrat, seorang antropolog asal Indonesia. Menurutnya, tamadun merupakan tindakan hasil karya insan dan keseluruhan sistem gagasan dalam rangka semangat bermasyarakat nan dimiliki manusia dengan cara berlatih.

Intinya, setiap karya yang dihasilkan turunan, itu boleh disebut budaya maupun kebudayaan. Lho, emangnya tali peranti itu karya manusia? Sip, bermartabat sekali!

Kini, coba elo lihat semua keadaan di sekeliling lingkungan ajang terlampau. Laptop, pesawat nanar, gim, robot, terpangkal kalau nan lakukan hamba allah, itu disebut budaya.

Oke, kendati kesadaran elo kian internal, kita lanjut pembahasan ke unsur-partikel dari budaya. Sebenarnya, budaya itu terdiri bersumber barang apa aja, sih?

7 Unsur Kebudayaan dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11 9

Baca Juga:
Berkenalan dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Koentjaraningrat bilang sekiranya suka-suka 7 molekul dari kebudayaan. Semua unsur ini adalah bagian dari
cultural universal. Pamrih dari
cultural universal
adalah aturan, elemen, pola, alias institusi yang umum untuk semua budaya manusia nan dikenal di seluruh dunia.

Jadi, cak hendak elo dulu di Pandau Belong maupun Johannesburg sekalipun, 7 unsur peradaban ini bakal ditemukan di konteks masyarakat manapun. Unsur kebudayaan nan dianggap sebagai
cultural menyeluruh
adalah bahasa, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, peralatan arwah dan teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi, dan kesenian.

7 unsur kebudayaan menurut koentjaraningrat
7 unsur kebudayaan menurut koentjaraningrat (Arsip Zenius 2022).

Silakan rapatkan barisan, kita selidik satu saban suatu!

1. Bahasa

Elo pernah kepikiran nggak, kalau bahasa itu adalah hasil karya khalayak? Ini menunjukkan betapa kreatifnya manusia, karena suka-suka total ribuan bahasa di seluruh dunia. Kayaknya nggak suka-suka manusia yang nggak memiliki bahasa. Bahasa nggak selalu harus dengan alas kata, huruf, atau segala pun yang sifatnya lisan. Contohnya, bahasa isyarat yang dilakukan dengan gerakan bodi. Bahkan, di Turki, terdapat kaki yang berkomunikasi menunggangi bahasa siul! Yang terdepan, sih, tidak bahasa kalbu. Hehe!

cta banner donwload apps zenius

Download Petisi Zenius

Tingkatin hasil membiasakan lalu kumpulan video materi dan beribu-ribu contoh cak bertanya di Zenius. Maksimaln persiapanmu saat ini lagi!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery

2. Sistem Kabar

Koentjaraningrat melihat sistem wara-wara sebagai pengetahuan masyarakat tentang kalimantang selingkung, entah itu kondisi geografis, flora dan hewan, masa, sampai sifat dan tingkah kayun basyar. Ini didapatkan dari proses belajar (sosialisasi) atau penyebaran informasi dari mahajana luas. Contohnya, di publik tertentu, terdapat sistem publikasi yang meluluk bencana alam bak bentuk kemurkaan alam dan dipengaruhi oleh faedah supranatural. Di sisi tidak, terdapat awam yang melihatnya sebagai fenomena liwa saja, tanpa keterlibatan kepentingan supranatural.

3. Sistem Kemasyarakatan alias Organisasi Sosial

Maksud bermula sistem kemasyarakatan alias organisasi sosial merupakan kerumunan-kerumunan yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Hipotetis simpelnya deh, organisasi yang dibentuk di sekolah maupun kampus. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya di bidang pendidikan.

4. Peralatan Kehidupan dan Teknologi

Untuk membantu aktivitas sehari-hari, publik menciptakan peralatan kehidupan dan teknologi. Nah, contohnya seperti yang gue bilang di awal tadi. Pesawat terbang, laptop, bahkan sebatas gunting cakar, itu penggalan mulai sejak peradaban kita sebagai insan. Apa lagi peralatan yang dapat membantu kehidupan insan, itu digolongkan menjadi peralatan vitalitas dan teknologi.

5. Sistem Mata Pencaharian Hidup

Ini sih, kebutuhan kita sebagai manusia untuk mencari nafkah, ya. Supaya kita dapat teguh spirit, kita perlu menepati ini, setidaknya untuk kebutuhan sandang, wana, dan papan. Ini pun ada kaitannya dengan sistem ekonomi, contohnya dengan mengejar dan mengumpulkan lambung, bersesuai tanam, peternakan, dan sebagainya.

Kalau masa ini, sih, lazimnya udah bukan mengejar dan mengumpulkan rezeki pun, ya, tapi dengan menjadi fungsionaris. Hehe! Modalnya, apa lagi nan dilakukan khalayak untuk mendapatkan barang maupun jasa yang bermanfaat di spirit sehari-hari.

6. Sistem Religi

Sistem religi ini contohnya sama dengan pengapit, agama, sampai seremoni-seremoni adat yang ada di masyarakat. Sistem religi lagi terserah kaitannya seimbang hal-hal sakral maupun ceria. Selain itu, dapat sekali lagi berhubungan dengan skor dan norma, sikap hidup, upacara pernikahan dan kematian, dan beraneka rupa budaya lainnya.

7. Kesenian

Terimalah, partikel ini nan mungkin dapat kita lihat di spirit sehari-hari sebagai karya. Elosering banget, kan, dengar istilah karya seni. Kesenian ini mencakup bermacam rupa hal yang diciptakan orang dan dinilai memiliki estetika alias kegantengan, juga merupakan wujud ekspresi manusia yang diciptakan dalam tulangtulangan karya seni.

Baca Kembali: Signifikasi Pluralisme dan Tipe-macamnya – Materi Sosiologi Kelas bawah 11


Ideal Soal
Atom Kebudayaan

  1. Walau n kepunyaan fiil nan berbeda, setiap umum di seluruh bumi selalu berkomunikasi menggunakan bahasa. Dalam hal ini bahasa sebagai suatu atom kebudayaan yang berkarakter…

a. Individual

b. Statis

c. Parsial

d. Periodik

e. Universal

Pembahasan:

Peradaban memiliki aturan universal, yakni dapat ditemui di berbagai konteks masyarakat, contohnya sebagaimana bahasa. Walaupun berlainan-beda, setiap bahasa bertujuan sebagai alat komunikasi manusia. Bahkan, sekarang bahasa Inggris digunakan andai bahasa internasional untuk menunaikan janji kebutuhan manusia secara universal.

Jawaban: e

***

Sip, kita udah telaah banyak peristiwa tadi, tentang kebudayaan dan zarah-unsurnya. Kalau masa ini, apakah elo semakin mantap pemahamannya tentang materi ini? Semoga udah reaktif yaa.

Kendati makin mantap, Zenius n kepunyaan beberapa kemasan belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi lagi ada latihan pertanyaan untuk mengukur pemahaman lo. Ayo sambil aja klik banner di bawah ini!

SKU-BELI-PAKET-BLJR

Baca Pun: Mengenal Resolusi Konflik dan Contoh Lengkapnya – Materi Ilmu masyarakat Kelas 11

Source: https://www.zenius.net/blog/unsur-kebudayaan-dan-contohnya

Posted by: gamadelic.com