Tujuan Voc Datang Ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta
Maksud VOC dibentuk di Indonesia tak lain untuk mengendalikan segala sumber siasat yang ada. Indonesia yaitu negara nan makmur rempah dan memiliki banyak persinggahan ibarat kancah singgah para pengembara dari bermacam rupa penjuru dunia.

Sejarah berdirinya menyadari pamrih VOC adalah kerjakan tanggulang persaingan dagang Belanda dan Portugis. Berpunca sini boleh diambil benang merah, tujuan VOC yang paling terdahulu ialah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.

Intriknya untuk memudahkan maksud VOC pas memesona. Pemerintah Belanda memberikan kepunyaan monopoli, perdagangan, nasib baik mencetak uang sendiri, serta hak bikin membuat perjanjian dengan penguasa lain. Properti-peruntungan ini disebut sebagai hak unik.

Berikut
Liputan6.com
urat kayu pamrih VOC dan sejarahnya berpangkal plural sumber, Rabu (14/4/2021).

Tujuan VOC

Kondisi gudang 'Major Massie' di kawasan Kota Tua, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bagunan sejarah kolonia tersebut kini kondisinya sebagian sudah tergerus, pudar dan terkelupas seiring perkembangan zaman. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kondisi gudang ‘Major Massie’ di kawasan Kota Tua, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bagunan album kolonia tersebut kini kondisinya sebagian mutakadim tergerus, awawarna dan melekang seiring perkembangan zaman. (merdeka.com/Padri Buhori)

Tujuan VOC dibentuk adalah bikin mengatasi persaingan antara musafir Belanda dengan Portugis. Hendaknya konsorsium bisnis ini dapat berkembang dengan baik, pemerintahnya mendukung penuh dan menerimakan hak istimewa yaitu dolan laksana suatu negara.

Pada saat itu tujuan VOC yang utama ialah khusyuk menguasi berbagai rupa aspek sumur daya nan dimiliki oleh nasion Indonesia. Bisa dikatakan pula bahwa tujuan VOC yaitu hendak berburu keuntungan sebesar-besarnya di Indonesia.

Suka-suka prerogatif nan diberikan pemerintah Belanda untuk melancarkan tujuan VOC menurut Sartono Kartodirdjo (1987:17), yakni bak pemerintah penjajah di Indonesia. Hal inilah yang kemudian menciptakan menjadikan tujuan VOC berbuntut menggarong bilang daerah di Indonesia.

Tujuan VOC Dibentuk

Kondisi gudang 'Major Massie' di kawasan Kota Tua, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bagunan sejarah kolonia tersebut kini kondisinya sebagian sudah tergerus, pudar dan terkelupas seiring perkembangan zaman. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kondisi pakus ‘Major Massie’ di wilayah Kota Tua renta, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bagunan sejarah kolonia tersebut kini kondisinya sebagian sudah lalu tergerus, pudar dan terkelupas seiring jalan zaman. (merdeka.com/Imam Buhori)

Mengamankan Rempah-Rempah

Sudah sejak lama Indonesia dikenal memiliki khazanah liwa riil hasil rempah-rempah yang besar. Hal inilah yang kemudian menjadikan tujuan VOC menggermang. Produktif menguasai rempah-rempah yang dimiliki bangsa Indonesia. Adanya sistem monopoli yang dilakukan VOC, hasil rempah-rempah dapat dikuasainya dengan sangat mudah.

Mengamankan Bandar

Tujuan VOC dibentuk dan didirikan merupakan untuk menguasai pelabuhan. Kedatangan Belanda ke Indonesia tak enggak untuk menguasai pelabuhan. Letaknya yang strategis, membuat tujuan VOC sangat menggebu cak bagi mengamankan bom-pelabuhan yang suka-suka. Sehingga dengan kekuasaan ini, VOC dapat memecahkan segala sumber daya yang suka-suka di Indonesia.

Monopoli Perbelanjaan

Melaksanakan monopoli penggalasan adalah tujuan VOC yang cukup populer. Atas hak istimewa nan diberikan pemerintah Belanda, harapan VOC boleh melakukan monopoli ekspor impor di negeri Jazirah Intensi (benua Afrika) dan Selat Magelhaen (ujung kidul tanah raya Amerika). VOC pun makmur mendapatkan keuntungan paling-paling di wilayah jajahannya.

Tujuan VOC Dibentuk

Kondisi gudang 'Major Massie' di kawasan Kota Tua, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bangunan tua yang menjadi saksi sejarah Perusahaan Dagang Belanda di Hindia Timur (VOC) ini dulunya berfungsi sebagai gudang penyimpanan logistik, pangan, dan komoditas lain. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kondisi gudang ‘Major Massie’ di kawasan Kota Jompo, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bangunan lanjut umur nan menjadi saksi sejarah Perusahaan Dagang Belanda di Hindia Timur (VOC) ini dulunya berfungsi sebagai gudang penyimpanan logistik, pangan, dan komoditas lain. (merdeka.com/Imam Buhori)

Memecahkan Kerajaan-Kerajaan

Tujuan VOC merupakan mampu menguasai kerajaan-imperium yang cak semau di Indonesia. Tentu saja, tujuan VOC ini seyogiannya wilayah kekuasaan semakin luas dan abadi di seluruh nusantara. Hal ini dilakukan untuk mengaplus barisan imperium menjadi prajurit perang Belanda. Maka berpangkal itu, tujuan VOC dapat menguasai sumber trik manusia lakukan meningkatkan daya perang dapat dilancarkan.

Memperkencang Pemerintah Belanda

Tujuan VOC menguasai kerjaan yakni lakukan memperkencang pemerintah Belanda. Tentu sekadar kekuasaan semakin luas dan awet. Maksud VOC ini dilakukan sederum untuk mengaplus tentara imperium menjadi prajurit perang Belanda. Maka dari itu, VOC bisa menguasai sumber daya makhluk kerjakan meningkatkan daya perangnya.

Mengurangi Persaingan

Bakir mengurangi persaiangan antar perantau adalah maksud VOC yang tak sebun. Tujuan VOC didirikan ini cak bagi mencapai hasil dan keuntungan yang maksimal. Tertera mengatasi komplikasi persaingan dengan pedagang yang berasal mulai sejak Eropa, seperti Portugal, Spanyol, dan Inggris.

Harapan VOC didirikan di Indonesia juga putaran pecah uluran tangan kas Belanda. Mampu memperketat posisi di alat penglihatan Internasional, maka bantuan dana kepada pihak Belanda akan semakin bergerak. Konflik dengan Spayol pun dapat dikerjakan.

Sejarah VOC Berdiri

Pulau Banda Neira era VOC. (Wikipedia)

Pulau Banda Neira era VOC. (Wikipedia)

Masa penjajahan Belanda di Indonesia dibagi kerumahtanggaan dua periode. Di mana masa purwa tahun 1602 hingga 1799. Periode kedua terjadi lega 1800 hingga 1942. Pada mulanya, Belanda datang ke Indonesia untuk bergerai. Akan sekadar, pada 1602 Belanda mendirikan VOC dengan maksud VOC yang minimal utama adalah berburu keuntungan sebesar-besarnya.

Bermula saat memindahkan sosi administrasi dari Ambon ke Batavia, intensi VOC pun semakin berekspansi sayap. Batavia menjadi pelabuhan paling terdepan serampak sebagai pusat administratifnya. Dari Batavia, VOC terus memperluas pengaruhnya ke wilayah lain di Indonesia.

Hak Istimewa VOC

Bendera nasional Belanda. (AFP)

Bendera kebangsaan Belanda. (AFP)

Pemerintah Belanda menerimakan properti-prioritas. Adapun hak istimewa untuk melajukan harapan VOC ini berupa hak monopoli, perbisnisan, hak mencetak uang jasa koteng, serta hak bagi membuat perjanjian dengan penguasa lain. Hal ini mewujudkan VOC seolah seperti sebuah negara yang memiliki independensi sendiri dalam melakukan sebuah tindakan.

Setelah bepergian lebih semenjak satu abad, keuntungan nan diperoleh semakin mungil. Di mana kasnya semakin kecil, sementara anggaran belanja VOC semakin besar. Kejadian ini nan kemudian menciptakan menjadikan kejadian VOC semakin memburuk, akibatnya VOC harus membubarkan diri pada copot 31 Desember 1799.

Bangkrutnya VOC

Gedung di antara Restoran Galangan VOC dan Raja Kuring Kota Tua. (Liputan6.com/Google Street View)

Gedung di antara Kantin Galangan VOC dan Sultan Kuring Daerah tingkat Tua. (Liputan6.com/Google Street View)

VOC disebut terbabit dalam perbudakan. Mereka memperjualbelikan budak, dan mengirimnya ke berbagai tempat, termaktub ke Negeri Belanda. Tak heran, jika di hari penundukan VOC ini banyak lahir pejuang-pejuang di Nusantara bagi melawan mereka.

Di antaranya Raja Gowa, Pangeran Hasanuddin, yang menolak menunduk di pangkal VOC. Saat itu, umum Nusantara umumnya menyebut VOC dengan nama Kompeni ataupun Kumpeni. Selepas 197 masa atau dempang dua abad lamanya mengeruk kekayaan alam Indonesia, pada 31 Desember 1799, VOC resmi dinyatakan bangkrut dan dibubarkan.

Disebutkan, keberuntungan VOC runtuh akibat merajalelanya kecurangan di tubuh dagang itu, sehingga nama VOC juga diplesetkan menjadi Vergaan Onder Corruptie (Runtuh Lantaran Korupsi). Selain dipicu maka dari itu penggelapan, ahli tarikh Jamiah Gadjah Mada Sri Margana mengatakan, runtuhnya VOC antara lain dipicu oleh racik tangan mereka dalam kebijakan kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Source: https://id.berita.yahoo.com/tujuan-voc-adalah-mencari-keuntungan-062418714.html

Posted by: gamadelic.com