Translate Sunda – Materi pembahasan kabarkan.com pada perjumpaan kali ini akan halnya makalah tentang Trsanslate Sunda – Ki kenangan Dan Kosa Kata Bahasa Sunda (Hipotetis). Sekadar pada perjumpaan sebelumnya kabarkan.com kembali telah menerangkan materi akan halnya Senam Irama. Cukuplah cak bagi melengkapi barang apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka ayo kita simak ulasan selengkapnya sebagai berikut ini.


Ki kenangan Bahasa Sunda

Translate sunda
Translate sunda

Terlebih dahulu saya ingin menjelaskan sumber akar usul permulaan kelihatannya Bahasa Sunda.

Yupsss.  Bahasa Sundamerupakan bahasa yang sering digunakan oleh suku Sunda.  Suku kedua yang terbesar di Indonesia setelah kaki
Jawa.

Keduanya setimpal – sekelas berpenghuni di pulau Jawa.  Beda nya, kaki Sunda kebanyakan tinggal di pulau Jawa di fragmen barat.

Meski kini, mutakadim banyak tersebar dimana – mana.

Suku Sunda banyak silam di provinsi Banten, negeri Jawa Barat, dan sebagian di provinsi Jawa Paruh, yaitu di babak barat dengan berbatasan kali Brebes atau kali besar Cipamali.

Serta sebagian kecil berharta tinggal di daerah ibukota Jakarta, merupakan di bagian perbatasan kota.

Berdasarkan ilmu lingustik, bahasa Sunda adalah berpokok silang bahasa
Melayu – Polinesia
yang telah lama dimasuk kan ke dalam rumpun
Melayu – Sumbawa.

Data puas tahun 2022 mengatakan bahwa bahasa sunda ini masih selalu dipakai makanya sekitar 42 miliun orang.  Angka tersebut telah menjadikan nya misal bahasa yang sering dipakai terbanyak kedua di Indonesia pasca- bahasa Jawa.

Kendatipun sedemikian itu, seperti nan sering juga dialami oleh bahasa – bahasa daerah lain, jumlah pemakai bahasa Sunda inipun terus menerus menyusut.

Ini karena orang – ibu bapak Sunda waktu ini banyak yang bukan lagi mengajar kan bahasa sunda sebagai bahasa yang sering digunakan untuk anak-anaknya, khusus nya di area perkotaan.

Dengan beraneka ragam alasan kepraktisan mereka umum nya lebih banyak memilih mengajar ketel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris kepada setiap anak asuh – anaknya.


Bahasa Sunda Kata ganti orang

Translate Sunda
Translate Sunda

Purwa nan paling penting untuk kita ketahui adalah bikin kata ganti orang.

Dibawah ini ialah bahasa Sunda kerjakan introduksi ganti orang yang penting untuk diketahui :

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Renik Bahasa Sunda Sedang
Saya Abdi, sim kuring, pribados Aing, kuring, kami, didieu
Dia Anjeun, salira Maneh, didinya
Dia Anjeunna Manehna
Kami, kita Urang sadaya Urang
Kalian Aranjeun Maraneh
Mereka Aranjeuna Maranehna


Bahasa Sunda Kata Tanya

Bahasa Sundanya kata tanya seperti dibawah ini :

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Lumat Bahasa Sunda Sedang
Siapa Saha Saha
Apa Naon, kulan, kah Naon
Dimana Palih mana Dimana
Kapan Iraha Iraha
Bagaimana Kumaha Kumaha


Bahasa Sunda Angka

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Halus Bahasa Sunda Sedang
Satu Hiji Hiji
Dua Dua Dua
Tiga Tilu Tilu
Empat Opat Opat
Lima Lima Lima
Enam Genep Genep
Sapta Tujuh Tujuh
Delapan Dalapan Dalapan
Sembilan Salapan Salapan
Sepuluh Sapuluh Sapuluh


Bahasa Sunda Berkaitan Manusia

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Halus Bahasa Sunda Sedang
Manusia Jalmi Jelema, manusa
Perempuan Ayutayutan Awewe
Laki – junjungan Pameget Lalaki
Anak asuh Murangkalih, barudak Budak
Istri Geureuha Pamajikan
Suami Caroge Salaki
Ibu Biang Emak
Ayah Rama Bapa


Bahasa Sunda Pengenalan Penunjuk

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Subtil Bahasa Sunda Semenjana
Ini Ieu Ieu
Itu Eta Eta
Sini Dieu Dieu
Sana Ditu Ditu


Bahasa Sunda Kata – Pengenalan Enggak

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Renik Bahasa Sunda Sedang
Bukan/bukan Sanes, henteu Lain, henteu
Semua Sadaya Kabeh
Banyak Seueur Loba
Beberapa Saalit, sakedik Saeutik
Lain Sanes Tak, sejen
Besar Ageung Badag, gede
Hierarki Tahapan Panjang
Dempak Lega Lega
Tebal Kandel Kandel
Rumit Abot Beurat
Mungil Alit Leutik
Pendek Pondok Pondok
Sempit Sedek Sedek
Tipis Ipis Ipis
Binatang Hewan Sato
Lauk Lauk Lauk
Penis Manuk Manuk
Pokok kayu Tangkal Tangkal
Hutan Leuweung Leuweung


Daftar Kosa Kata Bahasa Sunda N domestik Percakapan Sehari-Hari

Bahasa Sunda Bahasa Indonesia
Punten Pamit
Hatur Nuhun Terima Kasih
Aya – Aya Waé. Ada – Ada Saja
Kumaha, Damang? Bagaimana, Segak?
Badé Kamana? Kepingin Kemana?
Kumaha Bagaimana
Iraha Bilamana
Timana Darimana
Kamana Kemana
Naon Apa
Kunaon Kenapa
Nuju Naon Pula Ngapain?
Nanaonan Ieu. Apa – Apaan Ini
Aya Naon? Ada Segala
Kandang kuda Eta Teh Naon Kalau Itu Apaan?
Tipayun nya! Duluan ya!
Ngan Kitu Hungkul Cuma Gitu Doang
Sakedap Deui Sekelebat Pula
Karunya Teuing Kasihan
Loba Kahayang Banyak Maunya
Rame Jigana. Seru Kayaknya
Nu Leres Yang bener?
Dangukeun Dengarkan
Bade, Moal? Jadi Nggak?
Hoream Ah Males Ah
Tunduh Euy Ngantuk Ih
Hoyong / Hayang Pengen
Namina Saha? Namanya Barangkali?
Sugan teh saha Kirain Boleh jadi
Geleuh Ih Jijik Ih
Seri teu? Tahu nggak?
Gelo Manéh Gila Anda
Hareudang Euy Gerah Ih
Kumaha Anjeun Wéh Cak semau Engkau Aja
Angger wah! Tetep Aja!
Kumaha Engké Weh Gimana Belakang hari Aja
Kadieu atuh Kesini Dong
Nya Enya Atuh. Ya Iya Dong
Hilap Deui Lupa Lagi
Kamana Deui Kemana Kembali
Nuju Milarian Naon Lagi Nyari Apa
Nuju Ngantosan Saha Lagi Nunggu Barangkali
Sabodo Teuing Bodo Amat
Kanyon Jangan
Tong Rangah Api – Api Jangan Suka Pundi-pundi – Pura
Jurang Hilap, nya Jangan Tengung-tenging, ya
Drum Ngalamun Jangan Berkhayal
Tong Ngambek Atuh Jangan Berang Dong
Tong Kitu Atuh Jangan Sejenis itu Dong
Tong Hereuy Waé Atuh Jangan Bercanda Mulu Dong


Kosa Kata Bahasa Sunda Halus Akan halnya Perabot Tubuh

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Sedang Bahasa Sunda Subtil Bahasa Sunda Kasar
Telinga Ceuli Cepil Ceuli
Alat penglihatan Panon Soca Alat penglihatan
Hangit Hirung Pangamung Irung
Tangan Lengeun Panangan Kokod
Kaki Kaki Sampean Cokor
Empedu Hamperu Hamperu Hamperu
Surai Buuk Ramut Buuk
Payudara Tetek Nenen Toket
Alat kelamin Bebogaan Gagaduhan Kanyut
Leher Beuheung Beuheung Beheung
Durja Pameunteu Pameunteu Beungeut
Perut Beuteung Patuangan Beuteung
Bibir Biwir Lambey Biwir
Lidah Letah Letah Letah
Gigi Huntu Waos Huntu
Jidat Tarang Tarang Tarang
Telunjuk Curuk Curuk Curuk
Ibu jari Jempol Jempol Empu jari
Kepala Abang Mastaka Hulu
Pantat Bujur Bujur Bujur

Kosa
Prolog Bahasa Sunda Lembut Tentang Jenama

Saya Abdi, sim abdi
Engkau Anjeun, salira,
Dia Anjeuna
Ibu Mamah, umi, ema
Ayah Bapa
Mamanda Mamang
Bibi Bibi
Nenek Ema
Kakek Aki,bapa aki
P versus Rerencangan


Kosa Kata Bahasa Sunda Madya Tentang Tanda

Saya Urang, Uing, kula
Sira Maneh
Dia Manehna
Ibu Mamah
Ayah Bapa, abah
Paman Mamang
Bibi Ibi
Nenek Nini
Kakek Aki, bapa baterai
Teman Rarencangan


Kosa Introduksi Bahasa Sunda Agresif Tentang Logo

Saya Dewek, aing, de’ek,
Kamu Sia
Dia Sieta
Ayah Inung,indung
Ibu Babeh


Kosa Pengenalan Bahasa Sunda Renik Tentang Kata Kerja

Bahasa Indonesia Bahasa Sunda Halus Bahasa Sunda Sedang
Duduk Calik Diuk
Tatap Tingali Tempo
Tangkap suara Dangukeun Kupingkeun
Tidur Bobo, obo Ngedeng
Lari lumpat Lumpat
Jalan Mapah Leumpang
Tegak Tatih Nangtung
Kencing wiwis, pipis, papang ki’ih
Bab ee Miceun
Membantu Ngabantosan Mantuan
Menolong Ngabantosan Mantuan
Pukul Babuk Babuk
Tendang Sepak Sepak
Bernafas Ngarenghap Ngarenghap
Loncat Luncat Luncat
Jongkok Dongko Dongkok
Bicara Nyarios Ngomong
Injak Tincak Tincak
Batik Nulis Nulis
Membawa Nyandak Mawa
Minum Eueut Nginum
Makan Emam, tuang, neda Dahar
Main Ameng Ameng
Pergi Mios Mangkat
Pulang Uih Datang

Demikianlah materi pembahasan mungkin ini mengenai makalah mengenai Translate Sunda. Semoga kata sandang bisa jadi ini dapat menjadi sumber referensi bagi sobat semua.

Kata sandang Lainnya :

  •  Orasi Persuasif
  •  Proposal Skripsi
  •  Retensi Yaitu