Kamus Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Bali Online – bahasa bali secara online ini adalah kamus secara online dengan harapan mempermudah pemakai internet maslahat belajar bahasa Indonesia dan bahasa Bali, khususnya bagi destinasi eduakasi pagi semua pelajar ,dahulu tuliskan saja kalimat kalian dan terjemahan juga berbarengan muncul,translate ini dapat mengartikan dalam format alinea maupun dalam format teks. Cara pemakaiannya paling mudah lumayan tuliskan kalimat bahasa dalam format bahasa Indonesia yang kamu kepingin artikan ke bahasa Bali cak bagi bahasa Austronesia bermula cagak Sundik dan lebih spesifik pecah anak cabang Bali-Sasak. Bahasa ini dipakai di pulau Bali, pulau Lombok unsur barat, kembali di anasir timur pulau Jawa.

Bahasa Bali ialah salah satu bahasa wilayah di negara Indonesia nan dipelihara dengan baik maka itu masyarakat penuturnya, yakni etnis Bali. Bahasa Bali sebagai bahasa ibu ataupun bahasa kesatu untuk sebagian besar umum Bali, digunakan secara luas sebagai instrumen komunikasi dalam beraneka macam kegiatan di dalam lokasi tinggal tahapan dan di luar lokasi lewat tangga yang mencakupi plural kegiatan spirit sosial masyarakat Bali. Makanya sebab itu, bahasa Bali adalahpendukung kultur Bali yang patuh kehidupan dan berkembang di Bali. Dilihat dari jumlah penuturnya, bahasa Bali didukung oleh lebih tidak sepan setengah juta vitalitas dan punya pagar adat catat lebih-lebih bahasa Bali tergolong bahasa wilayah raksasa di antara sejumlah bahasa wilayah di Indonesia.

Keberadaan bahasa Bali punya variasi yang lumayan rumit sebab adanya sor-singgih yang ditentukan oleh pensyarah, n antipoda wicara, dan hal-hal yang dibicarakan. Secara umum, variasi bahasa Bali bisa dipisahkan atas variasi temporal, regional, dan sosial. Dimensi temporal bahasa bali mengasihkan indikasi kesejarahan dan pertumbuhan bahasanya walau dalam makna yang paling terbatas. Secara temporal bahasa Bali dipisahkan atas bahasa bali Kuno yang lain jarang disebut deengan bahasa Bali Mula atau Bali Aga, bahasa Bali Tengahan atau Kawi Bali, dan bahasa Bali Kepara yang tidak jarang disebut Bali Baru maupun bahasa Bali Modern.

Secara regional, bahasa Bali dipisahkan atas dua dialek, yaitu logat Bali Aga (dialek rangkaian gunung) dan logat Bali Dataran (dialek awam, lumrah) nan setiap mempunyai ciri subdialek spesial. Berdasarkan matra sosial, bahasa Bali mengenai adanya sistemsor-singgih atau tingkat tutur bahasa Bali yang erat kaitannya dengan sejarah pertumbuhan masyarakat Bali yang mengenal sistem wangsa (warna), nan dipisahkan atas kelompok triwangsa (Brahmana, Ksatriya, Wesia) dan gerombolan Jaba atau Sudra(orang kebanyakan). Berdasarkan tangga sosial ini, bahasa Bali menyajikan rekaman tersendiri mengenai tingkat tutur introduksi dalam saduran publik tradisional di Bali. Di sebelah lain, dalam pertumbuhan masyarakat bali puas zaman canggih ini terbentuklah Elite baru (golongan pejabat, anak adam kaya) lain rumit kelihatannya disegani dan dihormati oleh kelompok bawah dan ini terlukis pula dalam pemakaian bahasanya.