Tembang Sinom Nulada Laku Utama

Puisi SINOM

Gusti Pangeran Adipati Arya Sri Mangkunegoro IV

Nuladha laku utama

Tumraping wong tanah Jawi

Wong agung ing Ngeksiganda

Panembahan Panglima perang

Kapati amarsudi

Sudaning guru lan nepsu

Pinesu tapa brata

Tanapi ing siyang ratri

Amamangun karyenak tyasing sasama

Contohlah perilaku utama,

bakal kalangan khalayak Jawa (Nusantara),

hamba allah besar dari Ngeksiganda (Mataram),

Panembahan Senopati,

yang mendalam,

mengurangi hawa nafsu

dengan perkembangan prihatin (bertafakur),

serta siang malam

selalu berkarya menciptakan menjadikan hati tenteram bagi sesama (anugerah sayang)

Samangsane pasamuan,

Mamangun marta martani

Sinambi ing saben alamat

Kala-kalaning ngasepi

Lalana teka-teki

Nggayuh geyonganing laris

Kayungyun eninging tyas

Sanityasa pinrihatin

Pungguh panggah cegah dhahar lawan nendra

Dalam setiap wasilah,

membangun sikap tahu diri.

Setiap suka-suka kesempatan,

Di saat periode longgar,

bertualang bikin memencilkan diri,

menggapai cita-cita hati,

hanyut n domestik keheningan kalbu.

Senantiasa menjaga hati untuk prihatin (hadang hawa nafsu),

dengan tekad langgeng, mewatasi makan dan tidur.

Saben nendra saking wisma

Lelana laladan sepi

Ngisep sepuhing sopana

Mrih pana pranaweng kapti

Tis-tising tyas marsudi

Mardawaning budya tulus

Mesu reh kasudarman

Neng tepining jalanidhi

Sruning brata kataman wahya dyatmika

Setiap mengembara memencilkan rumah (istana),

berkelana ke medan nan lengang (berpangkal hawa nafsu),

menghirup tingginya ilmu,

agar jelas apa yang menjadi tujuan (hayat) sejati.

Lever bertekad selalu berusaha dengan serius,

memperdayakan akal bulus budi

menjiwai cinta kasih,

ditepinya samudra.

Kuatnya bersepisepi diterimalah wahyu dyatmika (hidup yang sejati).

Wikan wengkoning samodra

Kederan wus den ideri

Kinemat kamot ing driya

Rinegem sagegem dadi

Dumadya angratoni

Neng Kangjeng Ratu Kidul

Ndedel nggayun nggegana

Umara merek maripih

Sor prabawa lan Wong Agung Ngeksiganda

Memahami kekuasaan di dalam samodra seluruhnya mutakadim dijelajahi,

“kesaktian” melimputi indera

Ibaratnya cukup satu genggaman cuma sudah jadi, berhasil berkuasa,

Kangjeng Ratu Daksina,

Menanjak menggapai awang-awang,

(kemudian) datang menuju dengan penuh hormat,

kepada Wong Agung Ngeksigondo

Dahat denira aminta

Sipeket pangkat kanthi

Jroning bendera palimunan

Ing pasaban saben sepi

Sumanggem anyanggemi

Ing karsa kang wus tinamtu

Pamrihe mung aminta

Supangate teki-teki

Nora ketang cak menandatangani janggut suku jaja

Memohon dengan sangat lah beliau,

agar diakui bak sahabat setia, di dalam tunggul menguap,

tempatnya berkelana setiap sepi.

Bersedialah menyanggupi,

kehendak yang sudah lalu digariskan.

Harapannya hanyalah meminang

restu dalam berkhalwat,

Cak agar dengan susah capek

Prajanjine abipraya

Saturun-turune wuri

Mangkono trahing awirya

Yen amasah mesu kepribadian

Dumadya glis dumugi

Iya ing sakarsanipun

Wong Agung Ngeksiganda

Nugrahane prapteng mangkin

Trah tumerah darahe padha wibawa

Perjanjian tinggal mulia,

untuk seluruh keturunannya di tubin kemudian hari.

Begitulah seluruh keturunan manusia luhur,

bila mau mengasah akal budi

akan cepat berbuntut,

segala yang diharapkan makhluk besar Mataram, anugerahnya hingga tubin dapat mengalir di seluruh darah keturunannya, dapat n kepunyaan wibawa

Ambawani tanah Jawa

Kang padha jemuneng aji

Satriya dibya sumbaga

Tan liyan trahing Senapati

Menguasai petak Jawa (Nusantara),

nan menjadi raja (pejabat),

satria mandraguna tertermasyhur,

tak tak keturunan Senopati,

Pan iku pantes ugi

Tinulad labetahipun

Ing sakuwasanira

Enake lan jaman mangkin

Sayektine tan bisa ngepleki kuna

hal ini pantas pula

ibarat tauladan budi pekertinya,

Sebisamu, terapkan di zaman nanti,

Sungguhpun tidak dapat

persis setimbang seperti di masa silam

Bonggan kang tan mrelokena

Mungguh ugering ngaurip

Uripe lan tri prakara

Wirya, keefektifan, tri winasis

Kalamun kongsi sepi

Saka wilangan tetelu

Telas tilasing janma

Aji godhong jati aking

Temah papa papariman ngulandara

Salahnya sendiri nan tidak mengerti,

Paugeran orang hidup itu demikian seyogyanya,

semangat dengan tiga perkara;

Keluhuran (kontrol), harta (kemakmuran), ketiga mantra pengetahuan.

Bila tidak satu juga dapat diraih bermula ketiga perkara itu,

suntuk lah pamor manusia.

Lebih berharga daun steril kering, akhirnya mendapatlah me, jadi pengemis dan terlunta

Kang wus siap siaga ing patrap

Mangayut ayat winasis

Wasana wosing jiwangga

Melok tanpa aling-aling

Kang ngalingi kaliling

Wenganing rasa tumlawung

Kekse saliring jaman

Angelangut tanpa siring

Yeku aran tapa tapaking Hyang Sukma

Yang telah kritis tata caranya,

Menghayati ramalan penting,

Jika berbuntut merasuk ke dalam arwah,

akan melihat tanpa penghalang,

Nan menghalangi tersingkir,

Terbukalah rasa sayup berdesing.

Tampaklah seluruh ufuk,

Sepi tiada bertepi,

Yakni disebut “tapa tapaking Hyang Vitalitas”.

Mangkono janma utama

Tuman tumanem ing antap

Ing saben dina rikala bulan-bulanan

Mnangsah amamasuh kepribadian

Lahire den tetepi

Ing reh kasatriyanipun

Susila anoraga

Wignya met tyasing sasami

Yeku aran wong barek berag agama

Demikianlah anak adam penting,

Demen terendam dalam sepi (meredam nafsu),

Di saat-saat tertentu,

Mempertajam dan menyucikan budi,

Bermaksud memenuhi tugasnya sebagai satria,

berbuat susila rendah hati,

juru meredam emosi hati pada sesama,

itulah sepantasnya yang disebut menyelami agama.

Ing jaman mengko pan ora

Arahe para taruni

Dolar bertemu tuduh kang substansial

Nora pisan den lakoni

Banjur njujurken kapti

Kekekne arsa winuruk

Ngandelken gurumitra

Pandhitane praja sidik

Tur wus manggon pamuncunge mring makripat

Di zaman kelak tiada demikian,

sikap anak muda bila mendapat petunjuk riil,

tidak pernah dijalani,

Dahulu belaka menuruti kehendaknya,

Kakeknya akan diajari,

dengan mengandalkan gurunya,

yang dianggap pandita negara nan pandai,

serta sudah tanggulang makrifat.

Source: http://wong-bodho64.blogspot.com/2015/01/tembang-sinom.html