Teknik Mengontrol Bola Dalam Permainan Sepak Bola

KOMPAS.com
– Mengontrol bola atau
controlling the ball
merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakan bola.

Mengutip modul
Aksi Cerdas Mencetak Gol: Sport Rekreasi Bungkusan C Proporsional SMA/MA
(2017) terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, seorang pemain sepak bola harus mengamankan keterampilan individual.

Keterampilan tunggal anak ningrat adalah penundukan teknik bawah berperan sepak bola dan kemampuan membuat variasi maupun kombinasinya.

Beberapa contoh keterampilan individual dalam permainan sepak bola adalah variasi menyerahkan umpan (passing), menggiring bola atau
dribbling, menembak bola ke kusen, dan lagi menghentikan bola.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai teknik menghentikan bola.

Ada dua variasi pengertian menghentikan bola yaitu
stopping
dan
controlling.

Stopping
yakni hal di mana bola yang memusat kepada seorang pemain langsung dihentikan oleh anak tonsil tersebut.

Controlling
adalah mengamini bola baik berupa hasil umpan bermula rival, bola bawah tangan, maupun umpan yang salah dari anak ningrat lawan. Selepas diterima, bola kemudian diolah ataupun dioperkan ke teman.

Ilustrasi menghentikan bola dengan kaki bagian kerumahtanggaan pada permainan bola kaki. Sumur gambar: Tangkapan layar situs web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

Dalam sebuah kejuaraan, gerak menghentikan dan mengontrol bola bertujuan bakal mengatur tempo permainan, memberi ulas pengaturan strategi, atau memudahkan saat memberikan umpan kepada rekan setim.

Ada dua jenis atau cara mengontrol bola berdasarkan arah datangnya bola yakni bola datar dan bola lambung.

  1. Apabila bola yang diterima ialah bola datar atau bergulir di atas tanah, maka mandu menghentikannya adalah menggunakan telapak kaki, kaki bagian luar, kaki bagian dalam, atau punggung kaki.
  2. Apabila bola yang diterima adalah bola alat pencernaan, maka cara menghentikannya bisa menunggangi kaki bagian luar, suku episode n domestik, punggung tungkai, serta anggota bodi enggak seperti paha, dada, alias kepala.

Teknik Dasar Mengontrol Bola

Berikut adalah penjelasan teknik asal dan tahapan menghentikan atau mengontrol bola.

  • Menggunakan kaki episode n domestik

Kaki yang digunakan lakukan menghentikan bola diputar keluar sehingga kaki bagian dalam menghadap ke sebelah datangnya bola, usaha ini merupakan kaidah menghentikan bola dengan menggunakan kaki interior.

Cara menghentikan bola dengan kaki interior yang tepat n domestik permainan sepakan bola dibawah ini adalah sebagai berikut:

  1. Menghadap ke arah datangnya bola dan memperhatikan arah gerakan bola.
  2. Pergelangan kaki yang akan digunakan menahan bola diputar ke arah asing.
  3. Julurkan kaki tadi ke arah datangnya bola. Ketika bola sudah menyentuh kaki bagian dalam, maka tariklah kembali kaki ke belakang sesuai arah bola, sehingga suku berfungsi seperti menahan/mengerem laju bola dan cak jongkok di depan jasmani.
  4. Tumpuan badan kembali plong kaki yang bukan dipakai menyergap bola.
  • Menggunakan kaki eksterior

Selain menggunakan kaki bagian internal, teknik menghentikan atau mengontrol bola juga bisa dilakukan dengan suku eksterior.

Prinsip mengontrol bola menggunakan tungkai bagian luar hampir sebagai halnya teknik menggunakan kaki bagian dalam. Bedanya, pergelangan kaki yang digunakan bagi menahan bola diputar ke arah internal.

  1. Berikut adalah langkah-langkah melakukan kontrol bola dengan kaki eksterior.
  2. Memusat ke arah datangnya bola dan mengaibkan arah gerakan bola.
  3. Pergelangan tungkai yang akan digunakan menahan bola diputar ke arah intern .
  4. Julurkan kaki tadi ke sisi datangnya bola. Momen bola sudah lalu mencapai suku eksterior, tariklah pun tungkai ke belakang sesuai sisi bola. Gerakan kaki ini berfungsi buat hadang/mengerem laju bola dan berhenti di depan badan.
  5. Pijakan raga kembali plong suku yang enggak dipakai menahan bola.

Source: https://rakyatharustau.com/bola/2021050613982/kontrol-bola-tujuan-jenis-dan-teknik-dasarnya