Tata Cara Shalat Di Kendaraan

Pengelolaan mandu sholat di atas kendaraan pasti terbiasa dipahami oleh muslim yang sedang melakukan safar (avontur). Dalam islam, sholat mesti haruslah ditunaikan sekalipun seseorang tengah melakukan pertualangan dan berada n domestik media. Tak penting karena penjelajahan yang jauh membuat tanggung sholat hilang, cuma agama selam memiliki pendoman dan keringanan bakal umat muslim yang ingin melaksanakan sholat di n domestik wahana.

Tata Cara Sholat di Atas Kendaraan

Tata Cara Sholat di Atas Kendaraan

Adapun tata cara sholat di atas kendaraan merupakan sebagai berikut

  1. Menuju ke sisi kiblat

Para jamhur sepakat bahwa berkiblat sebelah kiblat merupakat syarat sahnya sholat.

Rasulullah SAW bersabda: “Jika dia berdiri bakal mengamalkan shalat, maka sempurnakanlah wudhu`, kemudian menghadaplah kiblat, lewat bertakbirlah!”

Apabila memungkinkan tetap menentang ke sebelah kiblat di atas kendaraannya, maka sebaiknya hal itu dilakukannya hingga selesai. Bila tidak memungkinkan, maka permulaan sholat menghadap kea rah kakbah habis menghadap ke arah mana saja kendaraan tersebut menghadap.

Baca kembali: Keringanan privat Shalat Bagi Musafir

  1. Apabila dari mula-mula sholat bukan mampu menghadap ke arah kiblat, maka sholatlah sesuai dengan kemampuannya. Yaitu cenderung ke arah mana saja kendaraan tersebut menentang.

Tata Cara Sholat di Atas Kendaraan

Allah SWT berfirman: “…Sekali-kali Allah lain menjadikan kesulitan internal beragama…” (QS. Al-Hajj: 78)

  1. Berdiri bila mampu

Rasulullah SAW pernah ditanya tentang sholat di atas perahu. Beliau SAW bercakap: “Sholatlah dengan berdiri kecuali apabila anda takut terbenam.”

Hukum sholat di atas pesawat sama seperti hukum sholat di atas perahu, yaitu hendaklah sholat dengan berdiri apabila mampu. Kalau tak, maka sholatlah dengan duduk atau berisyarat ketika ruku’ dan sujud.

Rasulullah SAW bersabda: “Shalatlah dengan tegak, jika kamu tak sanggup lakukanlah dengan duduk dan bila bukan sanggup pula lakukanlah dengan tergeletak plong keseleo satu jihat badan.” (HR. Bukhori)

Baca juga: Madya Cemas? Tunaikanlah Shalat buat Mendapat Ketenangan!

Penyelenggaraan Cara Sholat di Atas Kendaraan Dilakukan Sebagaimana Sholat Konvensional

Setelah itu melakukan takbirotul ihrom, mengaji surat Al-Fatihah, membaca surat yang mudah baginya dari Al-Qur’an, ruku’, sujud, duduk di antara dua sungkem, sujud, bangkit berbunga sujud, kemudian melakukan sebagaimana sholat wajib yang seremonial dilakukan.

Jika seseorang sholat sederum duduk, maka saat ruku’ dan sujud patut hanya dengan menundukkan pengarah. Saat sujud, kepada ditundukkan bertambah abnormal dibandingkan saat ruku’.

Tata Cara Sholat di Atas Kendaraan

Dalam hadis shohih diriwayatkan bahwa:

“Nabi SAW absah ruku’ dan sujud di atas kendaraannya dengan menundukkan kepalanya sehingga ketika sujud kepalanya makin abnormal dibandingkan ketika ruku’.” (HR. Ahmad dan Tirmizi)

Itulah panduang singkat tentang panduan sholat di atas ki alat yang dapat dilakukan oleh  petualang seyogiannya safarnya membawa berkah dan enggak meninggalkan ibadah sholat yang utama.

Pustaka: Skuat LBKI, Sholat Musafir, 2022, Buram Sendi Kecil Islami

Source: https://www.ucareindonesia.org/tata-cara-sholat-di-atas-kendaraan/

Posted by: gamadelic.com