Tata Cara Doa Setelah Sholat

Simak Lengkap Bacaan Tahmid Sesudah Sholat dan Manfaatnya Yang Perlu Bikin Diketahui!-
Mempelajari agama dengan baik yaitu suatu kewajiban kerjakan tiap umat beragama agar hidup mereka bepergian berimbang antara kehidupan di dunia maupun kehidupan setelah bumi nanti. Tidak terkecuali untuk koteng muslim, untuk penganut agama islam mempelajari agama yakni suatu keharusan mudahmudahan mereka bisa menjalankan ibadah dan kehidupan sehari-hari mereka berlandaskan nubuat agama yang baik. Dalam setiap ibadah seorang muslim pasti selalu mengucap zikir baik ketika melakukannya maupun pasca- melakukannya yang dimana keadaan ini dilakukan untuk lamar dan memohon namun kepada-Nya. Bikin itu perlu diketahui bacaan doa segala saja yang bisa dipanjatkan setelah sholat bagi setiap muslim yang benar dan sesuai dengan ajaran agama islam.

Karena zikir setelah sholat fardhu termasuk memuji Allah SWT dan Rasulullah SAW. Tidak lupa bahwa doa setelah selesai sholat wajib pula tertulis permintaan ampunan dan shalawat setiap masa. Referensi pasca- shalat terbiasa meliputi dzikir, dilanjutkan dengan pembacaan surat-surat singkat dan ayat-ayat Al-Qur’an.

Mengamalkan doa setelah shalat teristiadat setiap musim adalah penyetoran diri kepada Allah SWT. Sholat adalah cara lain bikin berkomunikasi dengan Sang pencipta SWT, apalagi berdoa dengan penuh hormat dan pelayanan, maka doa kita akan didengar.

Jika sendiri muslim dalam sehari terbiasa menunaikan ibadah sholat fardhu lima tahun maka n domestik sehari juga sedikitnya cak semau panca kali seorang muslim menaikkan doa setelah sholat tersebut. Semata-mata, apakah sobat gramedia nan mukmin sudah lalu mengetahui wirid apa doang tersebut yang harus dipanjatkan setelah selesai sholat fardhu? Jika sobat gramedia belum mengetahuinya maka pada pembahasan kali ini kami telah menyadur bacaan doa selepas sholat yang terbiasa diketahui.

Selanjutnya pembahasan tersebut telah kami rangkum dan sajikan di radiks ini!

Hadits Tentang Keutamaan Tahmid Setelah Sholat Fardhu

Umat ​​Islam teradat melaksanakan shalat lima waktu. Riuk satu manfaat shalat adalah mencegah ulah buruk dan tercacat.

Sholat, sebagai pelecok satu rancangan ibadah yang lalu berarti dalam ajaran Islam, memiliki banyak kelebihan dan manfaat.

“Dari Abu Umama, dia berkata: “Dikatakan kepada Rasulullah: Doa mana yang paling banyak didengar? Rasulullah menjawab: Shalat tengah malam dan tahlil akhir setelah selesai shalat wajib.” (HR at-Tirmidzi).

“Rasulullah, atas izin Mu’adz kacang Jabal, semoga ia memberkatinya dan memberinya kesejahteraan, menarik tangan Mu’adz dan merenjeng lidah: “Wahai Mu’adz, demi Almalik, aku khusyuk menyayangimu, karena untuk Demi Allah  aku perintahkan kepadamu wahai Mu’adz, jangan pergi setiap selesai shalat, tetapi katakanlah: Ya Allah, tolonglah aku agar mengingatMu, berlega hati kepada-Mu dan beribadah dengan ibadah yang baik kepada-Mu’.” (HR Duli Daud).

“Sulaiman berfirman: Momen doa bungsu, Rasul SAW mengucapkan doa ini: “Ya Tuhan, Almalik kami dan Tuhan semua, aku bersaksi bahwa sebenarnya Engkau memang Tuhan, Engkau Esa, tidak ada sindikat bagi-Mu. Halikuljabbar, Engkau yakni Halikuljabbar atas segalanya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanmu. Yang mahakuasa, Tuhan kami dan Tuhan semua, aku bersedia dan menerima bahwa hamba-hamba-Mu semuanya berfamili. Ya Sang pencipta, Tuhan kami sekalian, jadikanlah aku ikhlas kepada-Mu, termasuk kepada keluargaku, yang sesaat di dunia dan di akhirat, ya Halikuljabbar Yang Indah dan Nan Agung. Dengarkan dan perkenankanlah wahai Allah, Tuhan yang osean. Ya Halikuljabbar, Anda adalah cahaya langit dan marcapada.” (HR Abu Daud).

“Ya Allah, perbaikilah untukku agamaku yang telah Engkau jadikan andai penjaga bagiku. Perbaikilah untukku duniaku yang telah Ia jadikan kehidupanku di dalamnya. Ya Yang mahakuasa aku berteduh dengan ridha-Mu dari murka-Mu, aku berlabuh dengan ampunan-Mu terbit azab-Mu. Aku mengadem dengan-Mu. Tak suka-suka nan mencegah atas barang apa yang Engkau pasrah. Tidak suka-suka yang memberi atas apa yang Sira cegah. Yang memiliki keluhuran bukan ada yang dapat menerimakan manfaat, karena jalal itu berpokok-Mu. Shuhaib menyatakan Rasulullah SAW mengucapkan kalimat ini ketika radu sholat.” (HR an- Nasa’i).

Tentang berdoa bersama sesudah sholat, hal ini dijelaskan Imam al-Mubarakfuri dalam Tuhfat al-Ahwadzi Syarh Pangeran at-Tirmidzi. Padri al-Mubarakfuri mengatakan, ketahuilah bahwa ulama hadits berbeda pendapat puas zaman ini tentang imam ketika selesai sholat terbiasa, apakah boleh beribadat dengan menggotong tangan dan diaminkan ma’mum nan juga tunjuk jari.

Sebagian juru hadits membolehkannya. Sebagian yang lain menyatakan tidak bisa karena menurut mereka itu perbuatan bid’ah. Menurut mereka perbuatan itu tidak ada privat hadits Rasulullah SAW dengan sanad yang shahih, akan tetapi perkara nan dibuat-bikin, semua nan dibuat-buat itu bid’ah. Adapun mereka nan membolehkan berbukti dengan lima hadits. (Imam al-Mubarakfuri, Tuhfatul-Ahwadzi Syarh Sunah at-Tirmidzi).


Bacaan Dzikir Setelah Sholat Wajib 5 Periode

1. Membaca Istighfar

Dari Tsauban ra, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Rata-rata Rasulullah SAW jika selesai shalat, beliau (membaca) istighfar sebanyak 3 kali kemudian membaca zikir: Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom.”

(Ya Allah Engkau lah as salam serta keselamatan hanyalah berpokok Mu, Maha Bersih Kamu wahai Dzat nan memiliki seluruh keagungan serta kemuliaan.(HR. Mukminat no 591)).

Sebelum sembahyang, dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak tiga kali setelah selesai shalat:

ASTAGHFIRULLAH HAL’ADZIM, ALADZI LAAILAHA ILLA HUWAL KHAYYUL QOYYUM WA ATUUBU ILAIIH

2. Membaca Tahlil

Berusul Al Mughirah bin Syu’bah ra, dia merenjeng lidah,

Doa Selepas Sholat Fardhu Artinya: aku mendengar Nabi SAW setelah selesai sholat beliau beribadat: laa ilaha illallooh wahdahu laa syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir. Alloohumma laa maani’a panca a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu

(Bukan terserah ilah yang berhak untuk disembah selain Allah satu-satunya, lain ada sekutu bagi Nya. segala apa pujian serta kerajaan merupakan nasib baik Almalik. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatunya. Ya Allah tidak ada nan mencegah barang apa yang Engkau beri dan bukan ada yang memberikan apa yang Engkau cegah. Tidak berguna harta kekayaan dan keluhuran kerjakan pemiliknya. Terbit Ia lah seluruh mal dan kemuliaan.) (HR. Bukhari no 6615, Muslim no 593)”

“Dilanjutkan dengan teks dzikir seperti berikut:

LAA ILAHA ILLALLAH WAKHDAHU LAA SYARIKA LAHU, LAHUL MULKU WALAHUL KHAMDU YUKHYIIY WAYUMIITU WAHUWA ‘ALAA KULLI SYAI’INNQODIIR

3. Memohon penjagaan berpunca siksa neraka, dengan membaca:

ALLAHUMMA AJIRNI MINAN-NAAR

4. Sesudah itu, dilanjutkan dengan memuji Halikuljabbar SWT dengan kalimat:

ALLAHUMMA ANGTASSALAM, WAMINGKASSALAM, WA ILAYKA YA’UUDUSSALAM FAHAYYINA RABBANAA BISSALAM WA-ADKHILNA JANNATA DAROSSALAAM TABARAKTA RABBANA WATA’ALAITA YA DZALJALAALI WAL IKRAAM.

5. Membaca surat al-Fatihah dan ayat kursi

selepas mendaras Surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan mendaras Ayat Kursi (Al-Baqarah : 225) seperti berikut:

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wala naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum. Wala yuhituna bi syai-im min ‘ilmihii illa bimaa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

6. Membaca Rosario, Takbir, Zikir, dan Tahlil

Bacaan rosario, tahmid, puji-pujian dan tahlil terserah empat bentuk yang shahih pecah Nabi SAW. Berikut penjelasannya.

Tasbih dibaca sebanyak 33 kali, zikir dibaca sebanyak 33 bisa jadi, takbir dibaca sebanyak 33 kali, zikir dibaca satu siapa. Sehingga total membaca dzikir 100 kali. Sesuai dengan perkataan nabi Nabi SAW dalam sebuah hadits riwayat Muslim.

Tahlil Setelah Sholat Fardhu Artinya: Barangsiapa yang berdzikir usai selesai sholat dengan dzikir berikut: Subhanallah walhamdulillah wallahu akbar (33 x). Laa ilaha illallah wahda, laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir

(Maha suci Allah, segala apa puji bagi Sang pencipta, Allah Maha Lautan (33 kali). Tiada rabi yang berhak lakukan disembah kecuali Allah semata. Tiada sekutu bikin Nya. Semua kerajaan serta pujaan adalah eigendom Yang mahakuasa. Dia lah Nan Maha Kuasa atas segala sesuatunya.)

(Maka akan diampuni seluruh kesalahannya, lamun sebanyak pelembungan di lautan. (HR. Muslim no 597).

Tasbih dibaca sebanyak 33 mana tahu, tahmid dibaca sebanyak 33 kali, takbir dibaca sebanyak 34 kali, sehingga total membaca dzikir sebanyak 100 kali. Dzikir ini sesuai dengan sebuah hadits riwayat Muslim. Berikut bunyi haditsnya.

Dari Ka’ab kacang Ujrah ra, bermula Nabi SAW:

“Dzikir-dzikir yang bukan akan merugikan orang yang mengucapkannya setelah selesai sholat wajib yaitu yaitu tasbih sebanyak 33 kali, tahmid sebanyak 33 kali dan takbir sebanyak 33 kali. (HR. Muslim no 596)”

Rosario dibaca sebanyak 25 bisa jadi, doa dibaca sebanyak 25 barangkali, takbir dibaca sebanyak 25 kali, tahlil dibaca sebanyak 25 kali, sehingga total mendaras dzikir sebanyak 100 kali.

Sesuai dengan riwayat berasal Zaid bin Tsabit ra, sira bersuara:

“Mereka para sahabat diperintahkan untuk melakukan rosario setelah selesai sholat sebanyak 33 mana tahu, bertahmid sebanyak 33 kali dan bertakbir sebanyak 33 kali. Kemudian koteng adam berpunca Anshar bermimpi dan kemudian dikatakan padanya: Apakah Rasulullah SAW sudah lalu mensyariatkan kalian lakukan bertasbih sebanyak 33 kali, bertahmid sebanyak 33 kali, bertakbir sebanyak 34 kali? Kemudian ia menjawab: sopan, orang nan cak semau di intern mimpi kemudian mengatakan: Jadikanlah semua itu 25 kali hanya lalu tambahkan tahlil. Ketika ia siuman pada pagi tahun, maskulin Anshar ini menemui Rasul SAW dan mengobrolkan mimpinya. Nabi SAW kemudian bercakap, agar kalian jadikan seperti demikian. (HR. An Nasai no 1350, dishahihkan oleh Al Albani internal Shahih An Nasai.)”

Tasbih dibaca sebanyak 10 kali, ratib sebanyak 10 kali, takbir sebanyak 10 kali. Maka total dzikir sebanyak 30 kali. Berikut hadits nan mengklarifikasi wacana dzikir tersebut.

Berbunga Abdullah kacang Amr ra, Utusan tuhan SAW bersabda:

“ Ada dua perbuatan yang apabila dijaga oleh seorang hamba orang islam, maka pasti sira akan timbrung surga. Kedua perbuatan tersebut mudah, akan semata-mata cacat yang mengamalkannya. Merupakan mula-mula, bertasbih di setiap selesai menunaikan sholat sebanyak 10 kali, bertahmid sebanyak 10 siapa, bertakbir sebanyak 10 kali. Maka itulah 150 kali dzikir di lisan dalam sholat lima waktu. Akan semata-mata, timbangan di libra seperti 1500 kali. Dan kedua bertakbir sebanyak 34 kelihatannya ketika akan tidur, bertahmid sebanyak 33 kali dan bertasbih sebanyak 33 kali. Maka itulah 100 kali dzikir di verbal, akan doang 1000 siapa pada timbangan libra. (HR. Abu Daud no 5065, dishahihkan Al Albani internal Shahih Abu Daud).”

  • Mengaji Rosario 33 mana tahu

“SUBHANALLAH” (33x)

  • Membaca Tahmid 33 kali

“ALHAMDULILLAH” (33x)

  • Mengaji Takbir 33 bisa jadi

“ALLAHU AKBAR” (33x)

  • Mengaji Tahlil 33 kali

“LA ILAHA ILLALLAH” (33x)


Bacaan Doa Setelah Sholat

Teks zikir selepas sholat fardhu

Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafii ni’amahu wayukaafii maziidahu. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa’azhiimi sulthaanika. Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa muhammad. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana washiyaamanaa warukuu’anaa wasujuudanaa waqu’uudanaa watadlarru’anaa, watakhasysyu’anaa wata’abbudanaa, watammim taqshiiranaa yaa almalik yaa rabbal’aalamiin. Rabbana dzhalamnaa anfusanaa wa-inlamtaghfir lana watarhamnaa lanakuunanna mlnal khaasiriin. Rabbanaa walaa tahmil’alainaa ishran kama hamaltahul’alal ladziina min qablinaa.

Artinya:

“Dengan menyapa nama Allah Nan Maha Pengasih dan Maha Pengasih. Segala puji buat Almalik Tuhan seru spontan umbul-umbul. Dengan puji yang ekuivalen dengan nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Ya Tuhan Allah Kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang cukup atas keluhuran DzatMu dan Keluhuran kekuasaanMu. “Ya Allah! Limpahkanlah rahmat dan salam atas laki kita Nabi Muhammad dan sanak keluarganya.

Ya Tuhan terima salat kami, puasa kami, ruku kami, sungkem kami, duduk rebah kami, khusyu’ kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami bikin selama salat ya Allah. Tuhan seru sekalian bendera.

Ya Halikuljabbar, Kami telah aniaya terhadap diri kami sendiri, karena itu ya Sang pencipta jikalau tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan kasih-Mu niscaya kami akan jadi orang nan sesat. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yang selit belit sama dengan yang pernah Engkau bebankan kepada bani adam yang terdahulu pecah kami. Ya Sang pencipta Allah kami, janganlah Ia bebankan atas diri kami apa yang di luar kesanggupan kami. Ampunilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Ya Allah Sang pencipta kami, berilah kami bantuan untuk menyaingi orang nan tak suka kepada agamaMu.

Ya Yang mahakuasa Sang pencipta kami, janganlah engkau sesatkan lever kami sesudah mendapat wahi, berilah kami karunia. Engkaulah yang maha Pemurah.

Ya Allah Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa dosa orang tua kami, dan lakukan semua orang Islam laki-laki dan putri, orang anak adam mukmin suami-laki dan perempuan. Sesungguhnya Engkau dzat Nan Maha Kuasa atas segala-galanya.

Maha polos Anda, Allah segala kemuliaan. Suci dari segala apa nan dikatakan oleh orang-orang ateis. Sebaiknya kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Almalik seru langsung alam.”

Keutamaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Setiap muslim dipetuakan untuk berdzikir kepada Tuhan SWT. Sebagaimana Tuhan bertutur intern salah satu surah, yang artinya:

“Sesungguhnya dzikir kepada Allah itu terlebih besar daripada ibadah-ibadah yang lain” (QS. Al-Ankabut: 29).

Selain bagi terus memahfuzkan kebesaran Sang pencipta SWT, berdzikir juga memiliki sejumlah kebaikan untuk kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa manfaat berdzikir cak bagi spirit sehari-hari.

  1. Menjunjung jenjang perintah Allah SWT
  1. Dijauhi setan
  1. Menghindarkan diri mulai sejak bacot munafik
  1. Menghindarkan diri semenjak jago merah neraka
  1. Menyenteri lever
  1. Menghindarkan hati dari prasangka buruk
  1. Melembutkan hati dan perasaan
  1. Menghapus dosa-dosa
  1. Merukunkan hati dan pikiran
  1. Menjarakkan beban rumit dalam menjalani hidup


Kesimpulan

Sekian pembahasan singkat mengenai Bacaan Takbir Sesudah Sholat dan Manfaatnya Yang Perlu Cak bagi diketahui. Tidak sekedar meributkan Wacana Takbir Setelah Sholat dan Manfaatnya Yang Perlu Cak bagi diketahui saja, tetapi juga menggosipkan mengenai keutamaan dan keefektifan dari doa setelah sholat itu seorang. Membaca serta memahami Doa setelah sholat fardhu adalah suatu teladan yang baik untuk seorang muslim dan harusnya dipraktikan dalam hidup mudahmudahan hidup seorang muslim dipenuhi oleh kasih dan menjadi orang islam nan modern serta berilmu.

Demikian ulasan mengenai Bacaan Tahmid Pasca- Sholat dan Manfaatnya Yang Perlu untuk diketahui. Untuk Grameds nan mau mempelajari semua hal tentang ratib setelah sholat dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan agama lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com bagi mendapatkan sosi-buku tersapu. Bagaikan #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menerimakan komoditas terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Panitera: Pandu Akram

Artikel tersapu:

Wacana Ratib Sholat Dhuha: Tata Mandu, dan Keutamaannya

Pustaka Ayat Kursi dan 12 Keutamaannya kerumahtanggaan Roh

Dzikir dan Doa Sehabis Sholat Fardhu 5 Waktu Beserta Artinya!

Bacaan Sholawat Beserta Fungsi dan Keutamaannya

Niat Sholat Jumat Signifikasi, Syarat, Hukum, hingga Keutamaan-Nya!

ePerpus adalah layanan persuratan digital masa kini yang memandu konsep B2B. Kami hadir lakukan memudahkan intern mengelola perpustakaan digital Dia. Klien B2B Taman pustaka digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, hingga tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom batang kayu
  • Akal masuk ke ribuan buku berpunca penerbit berkualitas
  • Kemudahan n domestik mengakses dan mengontrol persuratan Dia
  • Tersuguh intern mimbar Android dan IOS
  • Cawis fitur admin dashboard untuk mengaram embaran analisis
  • Kenyataan perangkaan abstrak
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/bacaan-doa-setelah-sholat/

Posted by: gamadelic.com