Tari Nusantara Dan Asal Daerahnya

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayaan budaya serta mempunyai beragam disko tradisional nan berasal dari berbagai kepulauan, mulai berasal kewedanan Sabang sebatas Marauke. Bahkan secara galibnya sudah banyak kita ketahui tarian yang telah menyeluruh, contohnya sahaja adalah tari saman yang berasal semenjak Aceh, Tari Pendet nan berasal dari Bali dan masih banyak tarian–tarian tidak yang sudah mendunia.

Tari Nusantara

Atas alasan pentingnya memafhumi tarian nusantara itulah masyarakat umum Indonesia harus memahami berbagai macam spesies dansa yang suka-suka di Indonesia dan pangkal dari tarian tersebut. Sepatutnya Tarian yang suka-suka di Indonesia ini kukuh berkembang dan terus di lestarikan.

Nama Tari Nusantara dan Bawah Daerahnya

Berikut ini penjelasan tentang nama-nama tarian nusantara beserta pangkal daerahnya yakni sebagai berikut;

Fakta Provinsi Yogjakarta salah satunya adalah memiliki Tari Angguk nan yakni macam tarian tradisional nusantara.   Tari Angguk ini mengobrolkan tentang kisah Umarmoyo Umarmadi dan Wong Agung Jayengrono privat Rabuk Ambiyo.

Tarian Angguk ini biasanya di mainkan oleh 15  orang peronggeng wanita. Joget ini mempekerjakan kostum nan menyerupai serdadu Belanda, Tarian ini memakai hiasan gombyok dagangan kencana, sampang, sampur, tarbus pet warna hitam, dan kaos tungkai warna berma atau asfar serta memakai kacamata hitam. Kebanyakan tarian Angguk ini di mainkan mulai dari 3 jam hingga 7 jam.

Tari Adun

Tari Andun ialah salah satu tarian nan berasal pecah Bengkulu dan di mainkan pada saat pesta perkawinan. Tarian ini dilakukan secara rapat dan diiringi dengan music Kolintang. Zaman dahulu, Tarian ini seremonial di gunakan untuk mencari Jodoh kapan penuaian padi. Namun saat ini Tarian ini sudah menjadi tarian hiburan bakal publik seharusnya tetap di lestarikan.
Baca Sekali lagi; FAKTA Provinsi Bengkulu yang Harus Sira Baca!

Tari Belibis

Tari Bebek yakni tarian nan berasal berpokok Jawa Tengah. Setiap manuver yang ada plong tarian ini mempunyai makna yang berbeda–tikai nan sesuai dengan fakta pulau jawa. Karena hal ini lah, jenis yang ada di provinsi tersebut setiap gerakannya sudah terkenal dan tidak asing lagi, namun jika ada gerakan yunior malah akan terlihat luar dan manuver menjadi normatif.

Tari Badui

Tari Badui merupakan tarian nan berpangkal daerah Solo Yogyakarta terutama daerah Sleman. Disko Badui ialah dansa yang membualkan akan halnya serombongan tamtama nan menengah latihan perang.

Tarian ini di mainkan dengan berpasanga. Tarian ini sampai ketika ini masih tetap berkembang dan di lestarikan di provinsi Kedui. Area kedui ini sendiri adalah kesenian rakyat nan di bawah leh serang nan berasal berpunca persil Arab.

Tari Baksa kembang

Tari Baksa Kembang adalah ajojing yang berasal dari Kalimantan Daksina, lebih tepat nya di Kota Banjarmasin. Tarian Baksa Kembang ini di mainkan saat kehadiran koteng Peziarah. Umumnya tarian ini dimainkan maka dari itu lebih dari satu wanita atau wanita Tuggal.

Tari Balean Dadas

Tari Balean Dadas ialah joget yang berasal dari Kalimantan Tengah. Tarian ini menceritakan akan halnya permintaan kesembuhan kepada Tuhan untuk yang sakit. Alas kata Balean Dadas ini disebut pula dengan dukun perempuan. Seseorang yang sakit biasanya di sembuhkan maka itu Balean Dadas.

Tari Balumpa

Tari Balumpa merupakan tarian yang berbunga berasal Sulawesi Tenggara, yaitu Wakatobi. Disko ini ditampilkan lega ketika kesediaan tamu yang terhormat, selain itu lagi di tampilkan sreg momen festival budaya dan pergelaran seni. Tarian ini dimainkan oleh beberapa orang dara.

Tari Bambangan Cakil

Tari Bambangan Cakil adalah disko yang berasal dari Jawa, adalah Jawa Tengah. Tari Bambangan Cakil adalah tarian yang mengobrolkan tentang kesatriaan dalam mengembalikan samudra. Makna yang tersirat dalam Tari Bambangan Cakil ini adalah barang apa sesuatu yang jahat pasti akan kalah dengan nan baik.

Tari Banyumasan

Tari Banyumasan adalah tari tradisional yang berasal berbunga Banyumas. Tarian ini n kepunyaan karakteristik tunggal yaitu kebudayaan ngapak. Karakteristik yang di miliki oleh tarian ini menyebar hingga ke wilayah Pekalongan dan Eks Karesiden Kedu.

Tari Belian

Tari Belian adalah disko nusantara nan berasal dari Kalimantan Timur. Tari Belian ini sering di tampilkan pada momen upacara adat suku dayak. Maksud di tampilkannya tarian ini adalah buat menolak penyakit, membayar nazar dan juga bias digunakan bikin menyembuhkan insan yang sedang sakit.

Tari Tandak

Tari Tandak merupakan tarian nusantara yang berasal dari Riau. Trian Tandak ini merupakan tari perkariban yang di sukai di wilayah Riau, hal ini sebaimana dalam fakta Provinsi Riau.

Tari Joget Lambak

Tari Joged Longgokan adalah Dansa Joget Timbunan yang berasal bersumber Riau. Tari ini adalah tari pergaulan yang lalu di gemari oleh masyarakat Riau.

Tari Kipas

Tari Kipas merupakan tarian nan berasal dari Sulawesi Selatan. Tarian ini di tampilakan untuk memperlihatkan keluwesan dan kemahiran anak–anak asuh gadis riau dalam memainkan kipas dengan sesuai dengan alunan lagu. Selengkapnya, baca; 7 FAKTA Daerah Sulawesi Selatan nan Membuatmu Bangga

Tari A Bosara

Tari Lumense

Tari Lumense ialah dansa nan berasal dari Sulawesi Paruh. Tarian ini di tampilkan pada saat kedatngan tamu agung yang semenjak bersumber kawasan lain.

Tari Peule Cinde

Tari Peule Cinde adalah tarian yang berasal berasal Sulawesi Paruh. Acar ini di tampilkan pada saat kedatngan Tamu agung dengan menabur bunga untuk para petandang tersebut.

Tari Balumpa

Tari Balumpa merupakan tarian yang terbit dari Sulawesi Tenggara. Tarian ini adalah tarian nan ditampilkan pada saat memegang pelawat nan agung.

Tari Dinggu

Tari Dinggu ialah disko yang semenjak berpokok Sulawesi Tenggara. Tarian ini di tampilkan untuk melambangkan sifat kerjasama sanggang royongan dalam menyenggol gabah, alu yang ada lega lesung merupakan satu irama yang lampau mengaras hati.

Tari Mengket

Tari Maengket merupakan tari nusantara nan dari dari Sulawesi Lor. Tarian ini melambangkan kasing ssayang yang lalu besar. Tari Mangket di mainkan secara berpasangan antara suami – laki dan perempuan.

Tari Palo- Palo

Tari Palo – Palo merupakan ajojing nusantara nan dari dari Gorontalo, Joget ini adalah ajojing pergaulan publik gorontalo nan terlampau di gemari.

Tari Piring

Tari Piring merupakan tarian nusantara yang berasal berpangkal Sumatra Barat. Joget ini adalah sebuah disko yang menandakan suasana kerjasama antara satu dengan yang lainnya dalam menyelesaikan tugas.

Tari Payung

Tari Payung yaitu tarian yang berusul bermula Sumatra Barat. Tarian ini di mainkan makanya koteng junjungan – laki dan dara secara bersebelahan dengan membawa payung di tangan kemudian laki – laki melindungi pengarah wanita, yang artinya adalah laki – laki yang akan demap menjaga perempuannya tersebut.

Tari Tanggai

Tari Tanggai ialah tarian nusantara yang berpokok dari Sumatra Daksina. Taraian di tampilkan pada saat ritual kemuliaan adat dengan mendatangkan pelawat – petandang agung.

Tari Bekhusek

Tari Bekhusek adalah joget yang berasal dari Sumatra Selatan. Dansa ini sangat terkenal di daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu. Tari Bekhusek memiliki arti yakni seorang putri yang sedang bermain.

Tari Serampang Dua Belas

Tari Serampang Dua Belas adalah Tari pergaulan yang berasal dari Sumatra Utara. Tari Serampang Dua Belas adalah tarian melayu nan diiringi dengan music birama gendang ala amerika latin.

Tari Tor- Tor

Tari Tor Tor ialah Dansa nusantara yang semenjak mulai sejak Sumatra Utara. Dansa ini mengobrolkan akan halnya Satah belakang falsafah peradatan nan baik. Tari Tor Tor di tampilkan dengan luwes dan serius.

Tari Seimpi Sangu Pati

Tari Serimpi Sangu Pati merupakan tarian yang berbunga berpokok Daerah Tunggal Yogyakarta. Dansa ini adalah tarian masalalu di keratin yang di tampilkan dengan diiringi oleh suara gamelan dan gerakan tari yang lembut.

Tari Penandak

Tari Bedaya yakni joget keratin nan berasal dari daerah Istimewa Yogyakarta.  Tari bedaya ini umumnya di mainkan oleh  Sembilan amoi dengan keluwesan tangannya sesuai dengan irama yang di berikan.

Tari Beksan Lawung Ageng – DIY Yogyakarta

Tari Beksan Lawung Ageng ialah disko yang berbunga dari Kawasan Idiosinkratis Yogyakarta. Tarian ini di tampilkan dengan melambangkan kesuburan dan melambangkan laki – laki yang kuat.

Tari Bengberokan

Bengberokan ataupun berokan yakni tarian yang mulai sejak pecah Tiongkok. Tarian ini adalah tarian penolak penyakit.

Tari Bidadari Teminang Momongan

Tari Bidadari Teminang Anak tari nusantara nan berasal dari Rejo Lebong. Tari Bidadari Teminang anak n kepunyaan kemustajaban adalah Bidadari meminang anak.

Tari Bines adalah tarian nusantara yang bermula terbit Nanggro Aceh Darussalam kabupaten Lues. Tari ini dimainkan oleh beberapa amoi dengan cara duduk sama dan menyanyi sebuah tembang lagu yang berisikan informasi yang membangun atau dakwah. Tarian ini di bakal secara pelan – lapangan kemudian secara berangsur menjadi cepat dan risikonya berhenti secara bersamaan.

Tari Bosara

Tari Bosara yakni tarian yang Daearah Bugis. Tarian ini sekadar di tampilkan lega momen kerelaan Tamu agung, alias sebuah pesta perkawinan. Joget ini melambangkan keturunan berbunga insan bugis nan cangap menyajikan bosara saat keikhlasan petandang sebagai mulut rasa syukur.

Tari Bungai

Tari Bungai ialah tarian nusantara yang berasal dari kawasan Kalimantan Perdua adalah  palangkaraya. Tari Bungai ini mengobrolkan tentang kepahlawanan Tambun Dan Bungai Dalam menyamai teman yang merampas panen Rakyat.

Tari Caci

Tari Cerca adalah tarian yang berpokok dari Flores Nusa Tenggara Timur. Tari ini kebanyakan di tampilkan kapan panen tiba, introduksi lahan atau upacara aturan.

Tari Cakalele

Tari Cakalele adalah tarian nusantara yang terbit dari Maluku. Tarian ini ditampilkan bilamana menjawat kesediaan tamu dan juga perayaan adat. Joget ini di mainkan dengan mepet antara laki – laki dan perempuan sebanyak 30 pasangan.

Tari Campak–Bangka Belitung

Tari Rubeola adalah Dansa yang berasal dari Bangka Belitung.  Tari Campak ini mengobrolkan tentang keceriaan budang dan sekali lagi dayang berada di kepulauan Bangka Belitung. Pada zaman dahulu tarian ini di tampilkan namun kapan penuaian, sahaja saat ini tarian ini telah berkembang dan di tampilkan untuk hiburan pernikahan, untuk kedatangan tamu dan programa sifat yang lainnya.

Tari Cangget – Lampung

Tari Cangget adalah dansa yang berasal berusul Lampung. Tari Canget ini di tampilkan kapan Gawi Kebiasaan, merupakan pada saat ritual mendirikan flat, pengetaman, acara di pentaskan. Disko ini di mainkan oleh sejumlah kuntum.  ritual, juga digunakan lakukan berkenalan dengan sesamanya.

Tari Cikeruhan merupakan disko yang berasal dari Sumedang yaitu Jawa Barat. Disko ini di ambil pecah pergerakan khalayak dan juga binatang. Tari Cikeruham yakni tarian tradisional daerah Tjikeroeh, Cikeruh, Jatinangor, dan Sumedang.

Tari Cokek – Jakarta

Tari Cokek adalah salah satu disko yang berasal berasal Jakarta. Tarian ini adalah tarian pergaulan betawi. Manuver internal Tari Cokek ini adalah gerakan nan lentur dan bukan lupa juga penari memainkan selendang.

Tari Cendrawasih

Tari Cendrawasih yakni tarian yang berasal dari Bali. Tarian ini di Tampilkan dengan dua orang penari dan mengimak ritual dan perkawinan burung cenderawasih.

Tari Datun

Joget ini merupakan tarian yang berasal dari Dayak Kenyah. Ajojing ini biasanya di mainkan oleh 10 setakat 20 hamba allah perempuan. Tari Datun ini diciptakan sebagai tanda rasa terima kasih atas kesembuhan penyakit yang ada pada ayutayutan lelaki suku Dayak Kenyak yang berada di Apau.

Tari Didong

Seni Didong yakni tarian yang berusul dari Aceh. Tari Didong merupakan tarian yang memadukan antarunsur utamanya. Sampai masa ini Tari Didong terus berkembang dan di lestarikan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Besar-besaran.

Tari Dinggu

Tari Dinggu yakni Disko nusantara yang terbit dari Sulawesi Tenggara. Ajojing ini yakni tarian rakyat yang mengobrolkan tentang suasana publik bilamana musim panen. Tarian ini kembali sering di tampilkan dalam acara pesta panen raya, penyambutan peziarah agung, perayaan hari lautan, festival budaya.

Tari Ebeg

Tari Ebeg yakni Disko nan pecah berpokok Banyumas yaitu Jawa Timur. Dansa ini mengenakan popi kuda yang dibuat dari anyaman awi. Tarian Ebeg ini melukiskan keindahan yang diperagakan oleh pemain Ebeg itu sendiri.

Tari Emprak

Tari Emprak yakni tarian nusantara nan berpokok berbunga Jawa Tengah yaitu Jepara. Tarian ini adalah seni peran yang n kepunyaan wanti-wanti moral dan diiringi dengan music nan aktual sholawat.

Tari Ende Lio

Tari Ende Lio merupakan joget nusantara nan berasal dari Indonesia. Joget ini di tampilkan untuk menyambut kedatang peziarah. Dengan ekspresi gerak dalam nada music dan lagu nan luwes.

Tari Gambuh

Tari Gambuh adalah Joget yang berasal berpangkal Bali. Joget Gambung meruapakan dagelan tari nan dianggap paling tinggi mutunya sehingga disko ini dianggap bak sendang berusul seluruh ajojing Bali.

Tari Gambyong

Tari Gambyong merupakan tari klasik nan berpokok pecah Jawa. Tarian ini biasanya di untuk makanya para penayub secara bersama – setimbang. Aksi Tari akan tampak bertambah indah karena di cak bagi secara bersama – sama mulai berpokok gerakan tangan, kaki dan juga kepala.

Tari Gambyong Pareanom

Tari Gamyong Pareanom adalah Tari adat yang mulai sejak terbit Surakarta. Keunikan yang ada lega disko ini membuat para wisatawan lalu menyukai disko ini. Biasanya tarian ini di tampilkan pada acar festival atau pesta.

Tari Obsesif–Banyuwangi

Tari Kompulsif merupakan Disko nusantara yang berasal berpunca Jawa Tengah, ialah Banyuwangi. Tarian ini di tampilkan untuk memegang kedatangan Pengunjung.

Tari Gareng Lameng

Tari Gareng Lameng adalah tarian nusantara yang di tampilkan pron bila ritual Khitanan. Tari Gareng Lameng ini di tampilkan dengan tujuan seyogiannya Tuhan menerimakan kelancaran dalam proses khitanan dan memberikan keberuntungan kerumahtanggaan umur.

Tari Gawi

Tari Gawi adalah tarian tradisional yang berasal berpokok Nusa Tenggara Timur.  Joget ini di tampilkan dengan maksud sebagai ucapan rasa syukur atas rahmat dan anugerah yang telah yang mahakuasa berikan untuk semangat ini.

Tari Gending Sriwijaya

Tari Gending Sriwijaya adalah tari tradisional yang berusul berpangkal Kota Palembang, Sumatera Daksina. Tarian ini di tampilkan dengan diiringi oleh Melodi lagu yang melambangkan keluhuran budaya, keberuntungan, dan ketinggian.

Tari Giring-giring

Tari giring-giring yaitu tari nusantara yang berasal dari Kalimantan Tengah.  Tari Giring – Giring merupakan ajojing tersendiri Ma’anyan yang bertempat sangat di Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Barito Selatan.  Tarian ini ditampilkan bagi menyambut Kedatangan Tamu.

Joget ini adalah sebuah dansa tradisional Indonesia yang menggambarkan akan halnya sebuah ekspresi kesukaan dan ketangkasan gadis yang masih remaja.

Tari Golek Menak

Tari Golek Menak yaitu tari nusantara yang berasal dari Yogyakarta. Tarian ini di ciptakan oleh Sri Prabu Hamengku Buwono IX, nan menyaksikan pertunjukkan Wayang kerucil Golek Menak yang dipentaskan oleh dedengkot yang berpangkal berbunga daerah Kedu pada tahun 1941.

Tari Gong

Tari Canang adalah tarian yang berasal dari Kalimantan Timur. Tarian ini memperalat gong sebagai instrumen musiknya dan penarinya adalah seorang gadis mulai dewasa. Tarian ini di tampilkan kapan keberadaan tamu agung atau upacara penyambutan kanak-kanak anyir nan baru lahir.

Tari Guel

Tari guel adalah disko nusantara yang berasal dari Aceh. Kata Guel ini berasala berpokok kata “Guel” yang berarti menyembunyikan. Tari Guel ini yaitu afiliasi mulai sejak seni tari, seni music dan juga seni sastra.

Tari Jaipong

Tari jaipong ialah Tarian yang mulai sejak dari Jawa Barat. Joget ini sudah sangat terkenal dengan aksi guncang berasal sang penari. Biasanya tarian ini di tampilkan pada saat acara pesta atau menyambut kerelaan Tamu.

Tari Sintren

Tari sintren merupakan disko nusantara  nan berasal bersumber Jawa Barat. Tarian ini telah lewat naik daun sebagai tarian yang mengandung Unsur Magic.

Tari Seudati–Nanggroe Aceh Darussalam

Tari seudati adalah tarian yang berasal berpunca Area Istimewa Aceh, tari ini awalnya yaitu tarian nan ada di negara arab dengan meres belakang agama selam. Tarian ini sangat terkenal dan disenangi makanya masyarakat di daerah asalanya. Perpaduan antara sebuah tarian nan n kepunyaan gerakan dinamis dan dipadukan dengan keseimbangan dengan suasana yang kental dengan nuansa keagamaan.

Tari Saman

Tari saman adalah riuk satu tarian nusantara yang berasal bermula Nanggro Aceh Darussalam.  Tarian ini di tampilkan dengan posisi duduk dan berjajar, dengan diiringi oleh syair nan penuh dengan pesan religiositas dan gerakan yang di cak bagi secara bersama – setimpal menjadikan tarian ini indah di lihat.

Tari Legong

Tari Logong yaitu tarian nan berasal dari Bali. Tarian ini menceritakan tentang kisah bosor makan seorang raja dali lasem. Tarian ini di tampilkan dengan penuh spiritualisasi sehingga penonton yang mengaram lewat menikmati.

Tari Kecak

Tari kecak adalah tari nusantara yang berasal berpokok Bali. Tarian ini membualkan tentang kisah seorang tokoh pewayangan adalah bala angkatan monyet dan Hanoman yang pecah dari kitab Ramayana.  Tarian ini di tampilkan pada momen matahari akan tenggelam sehingga akan mendapatkan nuansa yang eksotis dengan melihat keindahan alam nan ada di pulau bali.

Tari Pendet

Tari Pendet ialah tarian yang bermula mulai sejak Bali. Tarian ini menceritakan adapun pengharapan atas turunya Dewa di dunia. Seiring dengan berkembangnya zaman label  Pendet diubah menjadi “perkataan selamat cak bertengger” tetapi patuh mengandung suasana religius.

Tari Adun

Tari Andun merupakan disko tradisional yang berasal terbit Bengkulu. Tarian ini di tampilkan bakal memegang eksistensi pelawat yang di hormati.

Tari Bidadari

Tari Haur dalah tarian tradisional yang berasal terbit Bengkulu. tarian ini dapat pun di artikan sebagai tarian lakukan seorang haur yang menunangi momongan.

Tari Topeng

Tari Topeng adalah tari yang berasal dari  Jakarta. Tarian ini ialah ajojing eksklusif betawi yang di tampilkan pada saat penyambutan tamu.

Tari Yopong

Tari Yopong adalah tarian nusantara yang berasal bermula DKI Jakarta. Tarian ini di tampilkan lakukan mengormati pengunjung yang sudah dating di negeri Betawi Jakarta.

Tari Sekapur Sirih

Tari Kata pengantar adalah tarian nan berusul pecah Jambi. Disko ini adalah tarian kerjakan ufti. Dansa ini juga punya banyak sekali aksi yang sama dengan tari Jawi.

Tari Selampir Delapan

Tari Selampir Delapan adalah joget yang berasal terbit Jambi. Tarian ini adalah Tarian pergaulan untu para remaja yang ada di Jambi.

Tari Kedok Kuncaran

Tari Topeng Kuncaran adalah tarian tradisional yang berasal berbunga Jawa Barat. Tarian ini menceritakan tentang kekhisitan sendiri pangeran yang cintanya ditolak.

Tari Merak

Tari Merak adalah tarian nusantara yang berasal berasal Jawa Barat. Tarian ini menceritakan tentang hidup burung merak yang sangat Indah.

Tari Serimpi

Tari Serimpi merupakan disko yang berasal dari Jawa Barat . Tarian ini di tampilan dengan suasana keratin yang lembut, agung dan menawan, sehingga sangat indah di tatap.

Tari Blambangan Cakil

Tari Blambangan Cakil adalah tari nusantara yang berasal dari Jawa Tengah. Ajojing ini menceritakan tentang persangkalan Srikandi melawan raksasa yakni Buto Cakil.

Tari Remong

Tari Remong adalah sebuah tarian nan berasal dari Jawa Timur. Joget ini melambangkan sebuah spirit dan kependekaran. Tarian ini di tampilkan bilamana pengharapan tamu nan di hormati.

Tari Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah tarian nusantara yang bermula dari Jawa Timur. Tarian ini menandakan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan. Tarian ini yaitu ajojing nan sudan tenar dan ialah budaya Indonesia yang telah menyeluruh.

Tari Monong

Tari Monong adalah tarian nan dari dari Kalimantan Barat. Ajojing ini ialah dansa untuk menyembuhkan penyakit seseorang.

Tari Zapin Motivasi – Kalimantan Barat

Tari Zapin Tembung adalah disko yang berasal berasal Kalimantan Barat. Tarian ini adalah joget asosiasi  nan dahulu di gemari oleh remaja Kalimantan Barat.

Tari Baksa Kumbang

Tari Baksa Kembang adalah Joget yang mulai sejak dari Kalimantan Tengah.  Tari ini di tampilkan kerjakan menyambut kedatangan tamu nan agung sekaligus rahmat bunga kepada tamu tersebut.

Tari Radab Rahayu

Tari Radab rahayu adalah ajojing tradisional yang berasal berpunca Kalimantan Timur. Tarian ini di tampilkan pada detik upacara Tepung batal kapan sebelum kemantin suami – junjungan dan kuntum di sandingkan.

Tari Gembuk dan Bungai

Tari Tambun dan bungai yaitu joget tradisional yang mulai sejak dari Kalimantan Perdua.  Tarian ini menceritakan tentang pahlawan Tambun dan Bungai yang mengusir musuh yang akan menjarah panen rakyat.

Tari Dadas

Tari Balean Dadas yaitu tarian nusantara yang berasal berpokok Kalimantan Perdua. Tarian ini di tampilkan bakal memohon kesembuhan bagi seseorang yang sedang guncangan.

Tari Canang

Tari Gong adalah Ajojing tradisional nusantara yang berasal dari Kalimantan Tengah.  Ajojing ini di tampilkan pada saat kedatangan tamu agung atau bilamana lahirnya seorang bayi anak cucu pecah pejabat suku.

Tari perang adalah tari nusantara nan berpunca bermula Kalimantan Paruh. Tarian ini ialah tarian yang menceritakan mengenai dua orang perjaka nan merebutkan seorang perempuan.

Tari Jangget

Tari Jangget adalah tari nusantara yang berasal mulai sejak Lampung. Tarian ini di tampilkan buat upacara-upacara peradatan. Tari Jangget ini ialah tari yang melambangkan tentang keluhuran dan juga budi, susila orang Lampung.

Tari Malinting

Tari Malinting adalah tarian yang bersumber berusul Lampung. Dansa ini Membualkan adapun Baginda Gunung Masif nan menyadran ke Keraton Pulung.

Tari Lenso adalah dansa nan berasal dari Maluku. Tari Leso merupakan tari asosiasi nan sangat di gemari oleh mahajana Maluku.

Tari Cikalele

Tari Cakalele yakni tari nan berasal dari Maluku. Tari Cikalele ini merupakan tari yang mengobrolkan akan halnya jiwa kepahlawanan yang jantan perkasa.

Tari Perang

Tari Perang yaitu tari yang berasal terbit Maluku Utara. Tari ini di tampilkan untuk menyambut pahlawan yang hijau pulang dari gelanggang juang.

Tari Nahar Ila

Tari Nahar Ilaa yakni ajojing yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini di tampilkan untuk memegang kerelaan pelawat terhormat dan juga lega saat upacara – upacara kebiasaan tertentu.

Tari Mpaa Lenggogo adalah tari yang berusul berbunga Nusa Tenggara Barat. Tarian ini di tampilkan untuk menjawat Maulid Nahi Muhammad SAW, selain itu disko ini pula di tampilkan lega saat ijab nikah dan acara khitanan.

Tari Batunganga

Tari Batunganga adalah tari yang berasal berpunca Nusa Tenggara Barat. Joget ini membualkan tentang putri raja yang masuk ke dalam bencana dan anak bini memohon agar amoi bisa di keluarkan dari Batu tersebut.

Tari Perang

Tari Perang merupakan tarian nusantara nan berasal berbunga Nusa Tenggara Timur. Tarian ini mengobrolkan akan halnya keperkasaan dan kepandaiaan kerumahtanggaan memainkan senjata berupa  pecut dan perisai.

Tari Gareng Lameng

Tari Gareng Lameng berasal bermula Nusa Tenggara Timur. Tarian ini di tampilkan pada saat ritual Khitanan. Upacara ini di lakukan dengan tujuan agar proses khitanan di beri kepantasan.

Tari Suanggi

Tari Suanggi berasal dari Wilayah Papua. Disko ini menceritakan tentang seorang junjungan yang ditinggal mati istrinya.

Tari Selamat Hinggap

Fakta Papua menunjukan bahwasanya tarian tradisional Selamat Nomplok berasal berpangkal wilayah ini. Secara awam konsep tari ini di tampilkan kerjakan  menyambut kedatangan para  tamu yang lalu dihormati.

Tari Musyoh

Tari Musyoh yaitu tari taradisional yang sangat sakral. Tarian ini di tampilkan untuk mengusir semangat-roh nan meninggal karena kemalangan.

Tari Bines

Tari Bines  adalah tarian yang berasal dari Aceh. Ajojing ini di bikin dalam posisi duduk dan sejajar kemudian di kerjakan secara alun-alun kemudian cepat dan berhenti secara bersama–sederajat.

Demikianlah garitan secara lengkap tentang nama-nama tari nusantara dan asalnya. Semoga melalui daftar ini boleh memberikan informasi serta pengetahuan yang mendalam bagi seberinda pembaca sekalian. Trimakasih,

Source: https://www.faktadaerah.com/2018/10/tari-nusantara.html

Posted by: gamadelic.com