Tanggal Berapa Hari Pendidikan Nasional


Home » Berita » Inilah 5 Fakta Masa Pendidikan Kebangsaan dan Sosok Bopeng Hadjar Dewantara


PTIK.FT.UNM.AC.ID

– Setiap 2 Mei, bangsa Indonesia akan memperingati sebuah peringatan terdepan, yaitu Hari Pendidikan Kewarganegaraan (Hardiknas).

Berkata soal Hardiknas, maka kita tidak akan pernah bisa lepas dari bani adam yang menyambut peranan berguna di dalamnya. Siapa lagi kalau tidak Capuk Hadjar Dewantara.

Siapa sebenarnya makhluk Capuk Hadjar Dewantara dan keadaan apa saja nan dilakukanya demi dunia pendidikan di tanah air sebelum akhirnya Hari Pendidikan nasional ditetapkan puas 2 Mei?

Berikut ini adalah sejumlah Fakta terkait Hardiknas, Masa Pendidikan Kebangsaan dan Ki Hadjar Dewantara, seperti dikutip banjarmasinpost.co.id bermula berbagai sendang.

1. Sesuai dengan perian kelahiran

Peringatan Hardiknas tiap 2 Mei berpatokan lega musim kelahiran dari sosok Ki Hadjar Dewantara. Lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889, sosok karismatik ini meninggal mayapada di Yogyakarta, 26 April 1959 lega umur 69 tahun. Rontok kelahirannya diperingati di Indonesia andai Tahun Pendidikan Nasional.

2. Bukan stempel ceria

Ki Hadjar Dewantara sepatutnya ada bukanlah nama steril dari khalayak yang juga dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional ini. Nama aslinya adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Start 1922 lah namanya berganti menjadi Ki Hajar Dewantara, selanjutnya disingkat ibarat Soewardi atau KHD.

3. Semboyan terkenal

Pintu Hadjar Dewantara mempunyai semboyan nan dulu terkenal dari terlampau hingga sekarang. Semboyan itu adalah “Tut wuri handayani, Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso”.

Ing Ngarso Sung Tulodo artinya nmenjadi sendiri majikan harus mampu menerimakan suri tauladan. Ing Madyo Mbangun Karso, artinya seseorang ditengah kesibukannya harus juga rani kobar atau menggugah semangat. Tut Wuri Handayani, seseorang harus memberikan dorongan budi pekerti dan nyawa kerja dari belakang. Semboyan Tut Wuri Handayani ini kini menjadi patois dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia.

4. Pendiri ujana siswa

Portal Hadjar Dewantara atau Soewardi melebarkan konsep mengajar bagi sekolah yang beliau dirikan pada terlepas 3 Juli 1922, merupakan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa ataupun Perguruan Nasional Tamansiswa. Saat ia genap berusia 40 tahun menurut hitungan penanggalan Jawa, ia mengganti namanya menjadi Pintu Hadjar Dewantara. Sira lain kembali menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya.

5. Diangkat jadi menteri

Pada kabinet pertama Republik Indonesia, Pintu Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia permulaan. Pada perian 1957 ia mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa, Dr.H.C.) pecah universitas tertua Indonesia, Perguruan tinggi Gadjah Mada.

Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan publik, ia dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Musim Pendidikan Nasional (Kopi Keputusan Presiden RI no. 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959).

Engkau meninggal dunia di Yogyakarta tanggal 26 April 1959 dan dimakamkan di Taman Wijaya Brata.


* Artikel ini sudah tayang di Tribunstyle.com dengan judul 5 Fakta Hari Pendidikan Nasional dan Bani adam Resep di Baliknya, Burik Hajar Dewantara

Source: https://tik.ft.unm.ac.id/index.php/berita/index/Inilah-5-Fakta-Hari-Pendidikan-Nasional-dan-Sosok-Ki-Hadjar-Dewantara

Posted by: gamadelic.com