Tanaman Sayuran Yang Dimanfaatkan Buahnya

Bahan & Bumbu

Mengenal 5 Tipe Sayuran nan Jadi Korban Masak Favorit



Foto: Dok. Primarasa

Jenis sayuran
yang boleh kita matang terlampau beragam. Tetapi, sayuran pun boleh dibedakan menurut bentuk dan jenisnya, yaitu sayuran daun, sayuran bunga, sayuran buah, sayuran buntang, dan sayuran pangkal pohon. Berikut perbedaannya:

1/
Sayuran daun

Sesuai namanya, yang dimanfaakan berpangkal sayuran ini adalah bagian daunnya. Biasanya berwarna hijau taruna dan mentah gaek, belaka cak semau pun yang bercat abang, ataupun ungu. Sayuran patera ada nan bisa langsung dimakan hijau, sebagai halnya daun selada, selada air, kol, kemangi. Ada juga yang harus dimasak lebih lalu sebagaimana bayam, pakcoi, sawi, bokcoi, kailan, daun labu, daun pakis, daun kacang pangkat, patera singkong, daun pepaya, kangkung, dan sebagainya.

2/ Sayuran bunga
Ada sejumlah sayuran nan yakni anakan berpangkal pokok kayu, sama dengan kembang kol, brokoli, bunga bawang, bunga turi, bunga pepaya, buah pisang, bunga genjer, bunga kecombrang. Sayuran bunga bukan sahih dimakan mentah, biasanya direbus cak bagi salad maupun dimasak menjadi aneka hidangan.

Tonton juga: Video Sambal Andaliman

3/ Sayuran buah
Banyak buah dari tanaman yang dimanfaatkan menjadi sayuran. Ada tumbuhan nan daun dan buahnya boleh dikonsumsi seperti  labu siam dan keliki, terserah juga tanaman nan memang sekadar dimanfaatkan buahnya saja, seperti  terung, mentimun, paprika, tomat, jagung, nangka, peria, dan oyong. Termasuk dalam sayuran buah, terdapat juga sayuran kedelai/kacang-picisan. Kasatmata sayuran biji pelir yang berbentuk kecil panjang dan umumnya mempunyai biji di dalamnya. Ada yang dimanfaatkan seluruhnya, biasanya momen bin masih mulai dewasa, belum berserat, seperti kacang panjang, buncis, kecipir, kacang polong, kapri manis. Ada juga yang dimanfaatkan bijinya sahaja dengan menunggu biji kemaluan hingga remaja, sama dengan bin ahmar, kacang polong, kacang tolo, atau kacang putih.

4/Sayuran batang

Seperti namanya, berbentuk mayit dengan tekstur renyah setelah dimasak. Termasuk dalam sayuran mayit antara tidak batang talas, mayit kailan, rebung, dan asparagus.

5/ Sayuran pongkol
Substansial pongkol dari suatu tumbuhan, sebagai halnya ubi benggala, wortel, lobak, bit, radish, bengkuang, dan bawang bombai.
(P)

Coba juga:
Ki akal Sayur Pucuk Labu
Taktik Tumis Bokcoy

Share

REVIEW

VIDEO



Source: https://www.primarasa.co.id/bahan-bumbu/mengenal-5-jenis-sayuran-yang-jadi-bahan-masak-favorit