Tanaman Jeruk Buah Kecil Rasa Manis



loading…

Diantara ragam jeruk di Indonesia jeruk garut yakni salah suatu jenis yang disukai publik. Jeruk manis biasa disebut bak sitrus iris, karena kulit buah galibnya susah dikupas. Pendayagunaan jeruk manis ini lazimnya dengan cara diiris atau diperas. Segmen berintegrasi satu sama lain sebatas sulit bikin dipisah-pisahkan.Masyarakat biasanya mengkonsumsi jeruk manis sebagai jus atau perasan.

Ada sejumlah ragam jeruk manis yang berkembang diantaranya Manis Kisar, Manis Pacitan, Manis Susuh, dan yang terbaru Ortaji.

Sitrus Manis Kisar telah ditetapkan sebagai salah satu varietas unggul jeruk nasional dengan  SK Menteri Perkebunan No.864/Kpts/TP.240/11/1998, rontok 04 November  1998. Jeruk ini mempunyai keunggulan akan rasanya yang manis segar, matra buah madya, warna kulit layung ,daya simpan lama, bebauan renik dan resistan terhadap kekeringan, serta kandungan air yang banyak.

Sitrus eksotis ini menjadi salah satu kebanggaan dari masyarakat sehingga belum lengkap apabila berkunjung ke Kisar tidak merasakan manisnya jeruk ini dan sebagai biji zakar tangan. Jeruk ini telah ditanam secara turun temurun oleh masyarakat sehingga menjadi produk andalan bagi mahajana Kisar. Meski dilahan yang tandus dan kersang sitrus ini kaya bersemi dan berkembang disini.

Di Jawa Timur terdapat jeruk manis yang sangat populer merupakan Manis Pacitan. Sentra pengembangannya di Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Rasanya yang manis menjadikan buah ini dikenal dengan “Jeruk Baby” karena sekata lakukan dikonsumsi lakukan bayi. Jeruk ini sekata ditanam di dataran rendah maupun tinggi sehingga lalu potensial untuk dikembangkan.

Hari 2022 ini Kementerian Pertanian merilis tipe jeruk keprok dengan nama Ortaji dengan SK Nayaka Pertanian No. 131/Kpts/SR.120/D.2.7/9/2019. Buah ini n kepunyaan ciri format buahnya yang cukup ki akbar berkisar antara 321 – 508 gr/buah. Dandan selerang biji zakar kuning – mambang kuning dengan rasa manis sedikit cemberut. Ciri utama lainnya adalah sedikit berbiji. Ortaji seorang mempunyai adat berbunga sepanjang tahun.

Jeruk manis sendiri cocok ditanam di dataran rendah maupun tinggi sehingga sangat potensial kerjakan dikembangkan.

Bagi menjaga kelestarian Sumur Muslihat Genetik telah dikoleksi dan dipelihara 39 varietas jeruk manis di IP2TP Punten, Balitjestro Badan Penelitian dan Ekspansi Pertanian, Kementerian Perladangan.


Source: http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/ragam-jeruk-manis-di-indonesia/