Rasanya kurat zaman sekarang makin ke sini makin panas saja. Nggak heran, momen subur di dalam kolom, inginnya setel kipas angin alias AC buat kerjakan adem hawanya. Sedangkan, ada lo pendirian mudah buat mengurangi tingkat kepanasan kolom di dalam apartemen. Keseleo satunya merupakan menanam tanaman rambat pagar, tanaman rambat kanopi, ataupun pohon rambat gantung. Nggak hanya kerjakan teduh, tumbuhan rambat hias juga berfungsi bakal mempercantik tampilan hunian.

Kendati kamu belum punya rumah seorang, nggak suka-suka salahnya kalau kamu tiba
hunting
sejumlah sortiran pohon rambat resistan semok ini. Uniknya, tanaman-pokok kayu ini nggak cuma bernuansa plonco dedaunan tetapi, tapi juga terus bermula selama harinya. Cantik deh terpangkal!

1. Bugenvil yang kelopak bunganya tipis kayak daluang ini bisa bintang sartan sortiran pohon yang mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman rambat plastik ini bisa bertahan dan merecup terus tanpa perlu disiram saban hari lo!

tanaman rambat hias

bugenvil | credit: Commons Wikimedia

Sebenarnya, bagian nan mirip plano dan berwarna-warni itu adalah bagian dari daun. Sedang anakan aslinya berwarna putih nan berada di balik pelupuk patera tersebut. Ambillah, kalau telah lanjut usia, batang bugenvil akan membeku. Makanya, pangkaslah rutin meski bentuknya tetap indah, ya!

2. Morning glory ini sepakat banget ditanam di negeri yang menggiurkan banget maupun dingin banget. Batangnya enteng tapi tetap keras, bunganya akan mekar di pagi hari dan punya aroma yang segar

tanaman rambat pagar

morning glory | credit: Commons Wikimedia

Tanaman rambat berbunga ini terkesan ringan dan simpel, tapi dapat merecup sangat rimbun. Rona kelopak bunganya juga individual terampai lega peletakannya. Bercelup ungu kalau di wilayah erotis nan intens kena cahaya syamsu, dan berwarna biru kalau di daerah dingin dan minus cahaya surya. Perawatannya pun cukup mudah, Morning Glory ini perlu fertilisasi tiap 2-2,5 bulan sekali dan penyiraman setiap 5-7 hari sekali.

3.  Buatmu yang terlampau di lembang tataran yang master udaranya sejuk, tanamlah Clematis di dinding maupun pagar rumahmu

tanaman rambat berbunga

clematis | credit: Commons Wikimedia

Bunga Clematis bisa bertahan hidup di distrik yang temperatur udaranya cenderung rendah. Bunganya mirip melati, tapi sekalinya mulai sejak, Clematis boleh menghasilkan bunga yang banyak sekali. Aromanya juga harum menenangkan. Jika kamu ingin warna yang makin atraktif, pilihlah Clematis yang pelupuk bunganya bercelup keunguan.

4. Kalau engkau menginginkan tanaman rambat
indoor
nan bunganya sukar-jarang tapi ukurannya lautan dan berwarna cerah, membeda-bedakan saja Alamanda

tanaman rambat indoor

alamanda | credit: Commons Wikimedia

Bunga dengan kelopak warna kuning atau merah muda ini mudah dijumpai di Indonesia. Supaya berasal terus, jumlah rente Alamanda nggak sebanyak Bugenvil atau Clematis. Kebanyakan, Alamanda ditanam sebagai pagar hijau. Tapi juga dapat dijadikan tanaman kanopi bawah rangkanya kuat. Maklum, tumbuhnya lebat banget.

5. Jika ingin pagar atau dindingmu bernuansa ungu selain Morning Glory, sira bisa memperbedakan Petrea Volubilis sebagai tanaman rambatnya

tanaman rambat gantung

Petrea volubilis | credit: Commons Wikimedia

Pokok kayu rambat buat kanopi yang sekali lagi punya nama bukan Blue Bird Vine, Purple Wreath, Purple Vine dan Queen’s Wreath ini berasal berpokok Amerika Tengah, tapi bisa tumbuh berada di area tropis begitu juga Indonesia. Sekilas mirip lavender dengan anak uang berwarna ungu cerah nan mekar di sepanjang batangnya. Uniknya, sebelum bunganya gugur, kelopak bunganya perlahan memucat dan berubah menjadi hijau lho!

Letakkan Petrea ini di tempat nan dapat sinar mentari penuh serta lakukan penyiraman sekali sehari.

6. Pokok kayu yang disebut sebagai Air Ain Kemantin ini mudah ditanam, tumbuhnya sangat cepat, bandel pun mudah perawatannya

tanaman rambat kanopi

air alat penglihatan mempelai | credit: Commons Wikimedia

Air Indra penglihatan Pengantin atau
Antigonon leptopus ini sebenarnya adalah gulma. Sekadar, karena keindahan bunganya yang berwarna
pink
dan mudahnya perawatan dan nyaris tanpa pemupukan, sira bisa menjadikannya sebagai tanaman rambat hias di pekarangan rumah. Nama lainnya dalam Bahasa Inggris antara tidak Coralina, Coral vine, dan Bellisima grande. Meski berasal dari Meksiko, Air Mata Pengantin ini memadai familiar di Indonesia kok. Jangan lupa bakal memangkasnya rutin karena tanaman ini tumbuh sangat cepat.

7. Ambillah, kalau kamu mau pohon rambat nan eksklusif, Wisteria mana tahu pilihan yang menarik

tanaman rambat tahan panas

wisteria | credit: Commons Wikimedia

Wisteria yaitu pohon rambat berkayu yang bisa tumbuh setakat selama 20 meter sampai kehidupan ratusan tahun. Tantangannya, Wisteria ini adalah pokok kayu subtropis, makara dibutuhkan kecermatan dalam perawatannya, terutama saat proses pembibitan dan pemindahan ke tanah. Itulah sebabnya, harga Wisteria layak mahal karena sulit dibiakkan di Indonesia.

8. Ini nih, Mandevilla yang gampang bertaruk di provinsi tropis, udah gitu tanamannya layak kuat menahan serangan hama serangga

tanaman rambat untuk kanopi

mandevilla | credit: Commons Wikimedia

Memiliki etiket latin
Mandivella sanderi, tanaman ini adalah pokok kayu rambat asal Florida, Amerika Serikat. Mandevilla suntuk menyukai semok yang membuat bunganya mudah bermunculan. Bunganya mirip terompet berwarna putih,
pink, alias merah, bentuknya bertumpuk begitu juga ros. Batangnya yang terkelepai lunglai dan nggak selalu mengikuti sulur, jadi sesekali perlu ditali agar rapi. Tanaman ini pun rentan dengan cacing tanah, maka sebaiknya alat angkut tanamnya diganti dengan arang kelapa. Jangan tengung-tenging gunakan pot matra asa raksasa, ya!

9. Flame of Irian punya ciri bunganya nan memadai besar dan menjulai berwarna oranye kemerahan. Belaka cukup berat dan tergolong mahal harganya

tanaman rambat plastik

flame of irian | credit: Commons Wikimedia

Flame of Irian atau Melati Irian berasal bersumber legok Papua. Meski langka dan mahal, tumbuhan ini sekata untuk iklim tropis dengan pertumbuhan yang cukup cepat dan mudah dirawat. Tanaman ini pas banget buat kanopi karena bunganya yang menggantung ke bawah. Selain berwarna jingga, terserah juga versi yang berwarna biru yang diberi nama Jade Vine maupun rente giok.

10. Buatmu yang suka tumbuhan rambat dengan bunga-anak uang kecil yang tumbuh dengan cepat, Soapwort jawabannya

cara menanam tanaman rambat di tembok

soapwort | credit: Commons Wikimedia

Tanaman rambat tahan sensual ini akan menghasilkan bunga-anakan boncel bercelup
pink
dengan sangat banyak. Memang sih, bunganya nggak menghasilkan aroma harum nan semerbak, tapi tampilannya bakal menghiasi pagar maupun dinding rumahmu dengan cantiknya. Perawatannya pula mudah sekali dan nggak butuh perlakuan khusus.

Gimana, cantik bukan? 10 tanaman rambat yang berbunga terus ini bisa jadi hiasan sekaligus bikin anyep rumahmu nantinya. Kaidah menanam pokok kayu rambat di tembok ini tergolong mudah cak kenapa, nggak perlu cemas ingin menjalarkannya di mana, tumbuhan rambat ini cocok ditanam di ruang melenggong, sama dengan di atap, dinding, kanopi, maupun permukaan pagar rumah. Jangan pangling kerjakan merawatnya tiap hari, ya!