Tanaman Buah Dalam Pot Tabulampot

Cara Mudah Membuat Tabulampot

(Tanaman Biji zakar Dalam Vas)

Metode budidaya tanaman buah dalam jambang (tabulampot) dibuat bakal menjawab tantangan keterbatasan lahan. Tabulampot adalah kepanjangan dari pokok kayu tumbuh dalam jambang yang memiliki arti adalah tumbuhan yang dibudidayakan didalam pot nan tujuannya yaitu lakukan hiasan alias untuk di produksi buahnya. Intern dunia akademisi tabulampot adalah teknologi budidaya pokok kayu dengan memanfaatkan ruangan yang kurang bagi dapat mengoptimalkan tanaman yang rani didalam pot.

Jenis-spesies tabulampot

Hampir semua jenis pokok kayu biji zakar bisa bertaruk privat rangka tabulampot. Tapi tak semua tabulampot bisa menghasilkan biji zakar. Karena meskioun boleh tumbuh berpunya, jenis-jenis tanaman tertentu belum bisa berbuah dalam lingkungan tabulampot.

Menyiagakan bibit tabulampot

Bibit pokok kayu ialah situasi yang silam menentukan tingkat keberhasilan tabulampot. Terdapat dua jenis esensi tanaman, yaitu sari hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi dan penerusan).

Menyiagakan media tanam

Media tanam tabulampot bermacam-keberagaman. Alat angkut tanam berfungsi misal tempat tumbuhnya akar dan untuk menopang postur pohon. Kendaraan tanam tabulampot harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang sering digunakan para pehobi antara lain paduan tanah, kompos dan arang sekam dengan atak 1:1:1. Bisa sekali lagi paduan tanah, pupuk wedus dan sekam padi dengan komposisi 1:1:1. Untuk menekan biaya, gunakan bulan-bulanan resmi yang banyak ditemui di lingkungan sekitar.

Penanaman pati pokok kayu

Berikut ini langkah-persiapan bikin menanam bibit tanaman ke kerumahtanggaan tempat tabulampot:

  • Siapkan incaran-sasaran sarana tanam, kemudian memfilter dan keluarkan kerikil-gravel yang ada didalamnya. Campurkan bahan-incaran itu hingga merata.
  • Siapkan pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran pohon. Moga dimulai berpokok ukuran pot yang kecil. Sehingga apabila pohon semakin besar pot bisa diganti, sedarun sebagai penanda untuk meremajakan media tanam.
  • Letakkan pecahan genteng plong dasar pot, suatu lapis saja. Kemudian letakkan juga satu lapis ijuk maupun sabut kelapa.
  • Kemudian isi dengan media tanam yang sudah disiapkan sampai sekerat tingkatan pot.
  • Bakal mengurangi penguapan, pangkas sebagian daun alias batang bibit tanaman. Kemudian buka polybag bibit pohon, letakkan tepat ditengah-perdua jambangan. Gunduk dengan media tanam hingga pangkal layon.
  • Padatkan ki alat tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman mutakadim awet tertopang. Guyur dengan air lakukan mempertahankan kelembaban.
  • Simpan tabulampot di tempat yang agak teduh lakukan beradaptasi. Siram setiap pagi atau tunggang tahun. Setelah satu minggu, letakkan tabulampot di tempat melangah.

Perawatan tabulampot

a. Penyiraman

b. Pemangkasan

c. Pemupukan

d. Pengendalian hama dan penyakit

e. Pergantian media dan vas

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/80212/CARA-MUDAH-MEMBUAT-TABULAMPOT-Tanaman-Buah-Dalam-Pot/