Tanam Buah Naga Di Rumah

Liputan6.com, Jakarta
Waktu ini individu-hamba allah sudah tak asing sekali lagi dengan buah naga. Ya, biji kemaluan hantu bumi merupakan keseleo satu jenis buah yang masih termasuk ke internal keluarga pokok kayu kaktus. Tanaman yang berbunga berbunga Mexico ini n kepunyaan rasa yang manis dan cegak.

  • 20 Maslahat Buah Naga Saat Dikonsumsi Secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh
  • Sim Salabim, Cerih Buah Hantu bumi Jadi Elektrik
  • Cara Takhlik Sari buah Buah Dragon Merah, Sedap dan Menyegarkan

Di Indonesia seorang buah naga mulai tenar lega waktu 2000 dan semakin banyak penggemarnya hingga dibudidayakan oleh para petani biji zakar dan hingga waktu ini secara sporadis. Menanam buah hantu bumi sendiri baik dilakukan secara organik. Keuntungan menanam buah naga secara organik adalah menghasilkan buah yang bertambah sehat.

Hal ini dikarenakan tidak adanya sisa incaran kimia yang boleh membahayakan tubuh manusia dan lingkungan sekitarnya. Ini mampu mengurangi polusi mileu juga, baik lingkungan air ataupun tanah dan mega.

Padalah, berikut ini Liputan6.com, Senin (4/3/2019) telah mengijmalkan bersumber plural sumber hal terkait cara mengetanahkan buah naga. Tentunya, hal ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin  mencoba menanam buah naga sendiri di rumah. Simak, ya.


* Fakta alias Hoaks? Bakal mengetahui validitas kabar yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Syarat Merecup Pohon Buah Ular besar

Hampir seperti mana kaktus dan tanaman padang pasir lainnya, maka syarat tumbuh buah ular besar adalah di dataran cacat setakat menengah. Ya, karena tanaman buah naga ini juga terbit bermula daerah gurun pasir nan kering dan panas.

Oleh karena itu, buah naga umumnya boleh tumbuh dengan syarat, bak berikut:

1.  Biji zakar naga dengan daging putih atau Hylocereus Undatus, dapat tumbuh baik di izzah terbatas berpokok 300 mdpl.

2.  Sedangkan buah naga berdaging merah atau Hylocereus Costaricensis dapat tumbuh baik di ketinggian 0-100 mdpl.

3.  Nah, kalau buah hantu bumi nan berkulit asfar dan daging putih tanpa sisik atau Selenicereus Megalanthus ini dapat bersemi baik di daerah dingin dengan jalal lebih dari 800 mdpl.

Pokok kayu biji pelir naga ini menaksir kondisi kering dengan siram hujan rendah 720 mm per tahunnya.

Buah naga sendiri dapat tumbuh di lingkungan dengan curah hujan strata yaitu 1.000-1.300 mm per tahunnya. Namun akan rentan terserang ki aib busuk mayat dan tembelang akar. Soalnya tanaman biji zakar naga tak resistan terhadap lopak air.

Karena tanaman buah naga sangat memerlukan penyinaran semarak matahari mumbung. Lokasinya sekali lagi sebaiknya dilakukan di lahan terbuka sonder pelindung. Lahan terbuka sangat utama, karena akan memberikan aliran gegana yang cukup cak bagi pertumbuhannya.

Hawa tanah nan dibutuhkan adalah seputar 26 – 36 derajat selsius. Kondisi lahan haruslah lahan gembur yang banyak mengandung hara dan incaran organik, dengan pH sekitar 6 -7. Jika tanah terlalu cemberut akan menyebabkan akar tunjang menjadi pendek dan rusak.

1. Pembibitan

Untuk mendapatkan konsentrat buah naga dapat dilakukan dengan dua prinsip yaitu, generatif dengan menggunakan biji dan cara vegetatif ataupun memanfaatkan batangnya dengan kaidah distek. Namun, lakukan memperoleh proses pertumbuhan dan pembuaha nan cepat, Anda bisa memperalat cara vegetatif.

Ya, Cara Menanam Buah Naga dengan vegetatif ialah yang paling mudah sdan lewat menguntungkan. Langkah awalnya:

–  Pilih mayit berdiameter selingkung 8 cm dan pernah berakibat 3 sampai 4 kali. Semakin tua tumbuhan induk, akan semakin bagus bakal dijadikan misal mayat terdepan.

–  Potong mayat sangkil-kira 80-120 cm alias seputar 80 persen dari batang tumbuhan buat dijadikan sebagai calon bibit.

–  Tetak juga layon calon esensi dengan dimensi 20-30 cm dengan ujung yang dipotong rata dan penggalan asal dipotong meruncing cak bagi menyegerakan pertumbuhan akar tunggang.

–  Potongan bangkai yang akan dijadikan konsentrat sedikitnya harus n kepunyaan 4 indra penglihatan tunas moga cepat berbuah.

–  Selanjutnya biarkan buntang sampai getahnya mengering, dan sebelum dilakukan penanaman maka sebelumnya dapat dicelupkan di cair fungsida.

–  Sehabis esensi sudah siap, jangan lupa menyiagakan media semai. Dapat dilakukan dengan cara menanam di polybag alias bedengan yang telah dicampurkan dengan serabut kandang wedus dan telah dilakukan penyiraman dengan kedalaman 5 cm.

–  Kerjakan penyiraman esensi secara terstruktur 2-3 perian sekali. Dan kerjakan melindungi bibit semenjak seri rawi simultan berikan naungan alias sungkup.

–  Setelah 3 minggu atau sesudah tunas bertunas, buka naungan dan biarkan pokok kayu terkena cahaya matahari secara mumbung.

–  Setelah 3 bulan atau sesudah tangga ekstrak 50-80 cm bibit tanaman berangkat dapat dipindahkan.

2. Persil Tanam

Cak bagi mendapatkan hasil yang maksimal, cara memakamkan buah hantu bumi sebaiknya dilakukan di kapling tanah dengan cara sebagai berikut:

–  Pembuatan Tiang Panjat

Sangat penting untuk dibuat, maslahat sebagai penopang tanaman. Anda bisa menunggangi berbagai varietas sasaran contohnya menggunakan beton berdiameter 10 sebatas 15 cm dan panjang 2 setakat 2.5 m dengan kedalam 50 cm.

Buatlah tiang panjat secara berbaris serta berikan jarak 2,5 meter antar kusen, sedangkan untuk jarak tiap barisnnya merupakan 3 meter. Jarak tersebut merupakan jarak tanam, jangan tengung-tenging untuk memberikan drainase sreg setiap baris.

– Pengolahan Kapling

Untuk alat angkut tanam  Anda bisa membuat bedengan dengan mencampurkan pasir, kapling, serabut kompos  dengan tata letak 1:1:1. Seterusnya tambahkan dengan kapur kira-agak 300 gr lakukan menambah kalsium pada lahan.

Selanjutnya buat lubang dengan kedalaman 25 cm di seputar tiang penyangga. Tutup gua tanam dengan ki alat tanam kemudian guyur hingga tanah basah dan biarkan hingga mengering.

Nah, sehabis 3 hari tambahkan pupuk TSP melingkari papan panjat dan biarkan selama satu perian, dan kapling Anda telah siap untuk ditanami.

3. Penghijauan Bibit Buah Ular besar

Ia bisa mengebumikan hingga 4 bibit tanaman lakukan setiap tiang naik dengan jarak 10 cm dari tiang panjat. Setelah reboisasi selesai, selanjutnya ikat batang pohon hingga seluruh bibit menempal pada tiang menanjak.

4. Perawatan

Agar cara mengebumikan buah dragon ini dapat cepat tumbuh dan berhasil, perawatan secara rutin harus dilakukan, begini caranya:

–  Penyerbukan

Pembenihan pokok kayu dapat terjadi dengan dua cara yaitu dengan cara alami secara manual. Saja cak bagi mempercepat hasil pembuahan, penyerbukan manual bisa dilakukan. Belaka penyeburkan manual lain boleh dilakukan dengan asal-asalan.

Penyerbukan manual boleh dilakukan ketika mahkota anakan telah mekar sempurna bakal memperoleh hasil buah yang sempurna.

Anda dapat melakukan penyerbukan dengan mengoleskan serbuk bunga pada putik memperalat peranti yang kalis dan gersang secara hati-hati seyogiannya tangkai putik tidak patah. Eksploitasi tepung dari ini boleh dilakukan plong tangkai putik yang tidak.

–  Fertilisasi

Unsur kalium sangat diperlukan guna proses pertumbuhan biji pelir naga. Seharusnya kebutuhan kalium tanah terpenuhi, pemupukan memiliki peran yang sangat penting.

Pemupukan dapat dilakukan pada tadinya pertumbuhan dengan menggunaka pupuk mengandung unsur nitrogen dan pada saat tanaman mulai berpangkal dengan memberikan baja NPK dan ZK dengan tata letak 50 gr dan 20 gr bikin setiap korok tanam.

Selain itu, perabukan dengan pupuk humus atau pupuk kandang juga dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan komposisi 5-10 kg per gua tanam atau disesuaikan dengan kebutuhan pohon.

– Penyiraman

Proses penyiraman bisa dilakukan dengan rutin 3 kali sehari terutama sreg masa tandus. Penyiraman ini dapat dilakukan dengan sistem irigasi alias drainase saluran. Dan untuk memaksimalkan hasil biji zakar, penyiraman dapat dikurangi ketika tanaman tiba terbit kerjakan menekan pertumbuhan tunas baru.

– Pemangkasan

Berguna buat mengurangi pertumbuhan silang tanaman. Pemangkasan ini boleh dilakukan dengan beberapa cara, antara lain pangkas semua silang sekunder, dan sisakan jenazah utama sekadar untuk memaksimalkan hasil biji kemaluan.

Setelah simpang penting sudah hingga ke puncak tiang, pangkas batang agar dapat membuat cabang sekunder setakat 4-8 silang secara merata. Setelah silang sekunder merayap mencecah permukaan lahan, pemangkasan wajib dilakukan dengan menyelang cabang hingga bercerai 50 cm terbit permukaan tanah.

Pemangkasan terakhir boleh dilakukan ketika batang tanaman sudah 3-4 barangkali berbuah, dan harus diganti dengan simpang bau kencur.

5. Panen

Saat tanaman mutakadim berusia 10-12 rembulan dari musim tanam, maka tumbuhan itu mutakadim siap untuk dipanen. Buah mulai dapat dipanen detik berumur 50 tahun sejak masa penyerbukan dengan ciri-ciri kulit biji pelir telah bercelup sirah mengkilap.

Lakukan setiap kusen panjat pada usia kaya dapat menghasilkan 8-10 buah naga dengan matra berkisar 500 gram.

Mengingat hayat berlimpah tumbuhan biji pelir naga yang dapat mencecah 15-20 waktu, pemanenan selanjutnya boleh dilakukan secara berkala dengan musim panen terbesar antara bulan September hingga Maret.

Source: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3908824/cara-menanam-buah-naga-praktis-dan-mudah-ditanam-sendiri