Tahu Arti Lambang Gerakan Pramuka

Lambang Operasi Pramuka

Assalamualaikum Kakak

Salam Pramuka…….

ok uni – kakak kami rasa sudah tidak luar lagi bagi kita semua bikin mengarifi segala apa sememangnya nan menjadi lambang Propaganda Pramuka.yuppss, Lambang Operasi Pramuka adalah

SILHOUETTE TUNAS Nyiur

(Gambaran Cikal) sesuai dengan SK Kwartir Nasional No. 6/KN/72 Tahun 1972, serta mutakadim memiliki Eigendom Patent berasal Ditjen Hukum dan Perundang-undangan Departeman Kehakiman, dengan Keputusan Nomor 176634 copot 22 Oktober 1983, dan Nomor 178518 tanggal 18 Oktober 1983, tentang Properti Patent Rang Taruk Kelapa dilingkari PADI dan KAPAS, serta No. 176517 tanggal 22 Oktober 1983 mengenai Nasib baik Patent tulisan PRAMUKA.

tunas kelapa

Seperti mana ditetapkan n domestik Perkiraan Radiks Kampanye Pramuka pasal 48 dan Anggaran Rumah Pangkat Gerakan Pramuka Gapura VII Pasal 120, lambang Gerakan Pramuka yaitu tunas kelapa. Penjabaran tentang Lambang ini ditetapkan dalam SK Kwarnas Nomor 06/KN/72 tentang Lambang Aksi Pramuka.

Pencipta lambang ini adalah Kak Sunardjo Atmodipuro, seorang Andalan Kebangsaan dan Pembina Pramuka nan juga pegawai di Kementerian Perladangan. Kak Soenardjo Atmodipoero sendiri lahir pada copot 29 Pebruari 1909 di Blora dan meninggal plong tanggal 31 Mei 1979.

Pertama barangkali lambang ciptaan Kak Sunardjo Atmodipuro ini dipergunakan perumpamaan lambang Propaganda Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961 detik Kepala negara Republik Indonesia menganugerahkan Panji Kepramukaan kepada Propaganda Pramuka

Pengetahuan tersapu lambang Usaha Pramuka juga menjadi salah satu materi dalam SKU yaitu mulai SKU Siaga Mula, SKU Siap siaga Bantu, Siaga Tata (sendirisendiri pada syarat nomor 6), serta SKU Penggalang Ramu (syarat no. 14).

Bayangan Cikal dipilih sebagai lambang Propaganda Pramuka dengan memikirkan Kiasanyang terkandung di dalamnya. Manfaat kiasan tersebut adalah:

  1. Buah kelambir dalam kejadian tumbuh dinamakan cikal. Istilah poyang di Indonesia bermanfaat penduduk zakiah pertama, nan menurunkan generasi baru. Jadi lambang biji pelir kelambir yang bertunas itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hayat bangsa Indonesia.
  2. Buah kerambil dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun pun. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka yakni seorang yang rohaniah dan ragawi sehat, kuat dan ki liat, serta besar tekadnya internal menghadapi apa tantangan dalam jiwa dan dalam menempuh segala apa eksamen dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.
  3. Kerambil dapat bersemi dimana hanya, yang membuktikan besarnya daya upaya intern menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka bisa menyesuaikan diri dalam umum dimana ia berada dan dalam hal yang bagaimana pun juga.
  4. Nyiur tumbuh menjulang harfiah ke atas dan merupakan salah satu pohon yang terala di Indonesia. Jadi lambang tersebut mengkiaskan bahwa setiap Pramuka n kepunyaan cita-cita nan tahapan dan lurus yakni sani, jujur dan tetap seram bukan mudah diombang–ambingkan sesuatu.
  5. Akar nyiur bertaruk abadi dan erat di privat kapling. Makara lambang tersebut mengkiaskan tekad dan religiositas setiap Pramuka yang berdasar pada bawah-dasar dan landasan landasan yang baik, sopan, kuat dan riil, ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya cak bagi memperdekat diri keefektifan mencecah cita-citanya.
  6. Nyiur adalah pohon nan serba guna pecah ujung atas setakat akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan hamba allah nan berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kelebihan tanah air, bangsa dan Negara Ahadiat Republik Indonesia serta kepada umat manusia

Padalah ..demikian penjelasan mengenai Lambang Gerakan Pramuka kiranya bermanfaat lakukan kita semua dan jayalah cangap pramuka indonesia “Satu Pramuka untuk Satu Indonesia”.

Wassalamualaikum WR. WB

Salam Pramuka…. 🙂

Source: https://mhs.unikama.ac.id/pramuka/2016/06/13/lambang-gerakan-pramuka/

Posted by: gamadelic.com