Syarat Wajib Mengeluarkan Zakat Mal Antara Lain

Jakarta

Syarat mesti
zakat
fitrah dan zakat substansi harus dipenuhi bagi setiap muslim yang akan menunaikannya. Sedikitnya ada sembilan syarat menurut syara’.

Imam An-Nawawi n domestik
Kitab Al-Hawi
mengatakan bahwa zakat mutakadim dikenal secara ‘urf oleh nasion Arab jauh sebelum datangnya masa Islam. Daud Az-Zhahiri mengatakan bahwa zakat ini merupakan ‘urf dari syariat Islam dan tidak memiliki mata air makna secara bahasa.

Ulama mazhab Syafi’iyah mendefinisikan zakat sebagai nama untuk barang yang dikeluarkan kerjakan harta atau tubuh (diri anak adam bagi zakat fitrah) kepada pihak tertentu.


Perintah mengeluarkan zakat banyak disebutkan dalam Al-Qur’an, riuk satunya terdapat pada surat Al Baqarah ayat 110. Allah SWT bersabda:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ – ١١٠

Artinya: “Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan apa kurnia yang beliau untuk cak bagi dirimu, anda akan mendapatkannya (pahala) di sebelah Allah. Sungguh, Tuhan Maha Melihat apa yang kamu bakal.”

Syarat Pezakat Fitrah dan Zakat Mal

Dikutip semenjak kunci
Fiqih Islam Wa Adillatuhu Juz 3
oleh Wahbah Az-Zuhaili, berikut syarat wajib

zakat fitrah dan zakat khazanah
yang harus dipenuhi setiap muzakki atau sosok nan memperlainkan zakat:

1. Merdeka

Menurut tenang dan tenteram para jamhur, budak tak dikenakan beban lakukan membayar zakat. Mayoritas jamhur mengatakan, zakat hanya teradat atas tuannya. Sebab, dialah tuan harta hambanya. Dalam situasi ini, zakat tetapi wajib pada kepemilikan yang sempurna.

2. Islam

Syarat wajib zakat fitrah dan zakat mal seterusnya yakni Islam. Berdasarkan ijma’ cerdik pandai, lain ada kewajiban zakat atas orang ateis. Sebab, zakat merupakan ibadah yang menyucikan.

Berbeda dengan ulama mazhab Syafi’iyah yang mewajibkan orang murtad membayar zakat hartanya sebelum tia murtad. Artinya, zakat ini ki ajek menjadi kewajibannya ketika sira masih Islam.

3. Baligh-akal

Ulama mazhab Hanafiyah menjaringkan baligh-akal sebagai syarat mesti zakat. Makanya karenanya, tidak terserah kewajiban bagi anak asuh kecil dan orang gila untuk mengeluarkan zakat.

Temporer itu, mayoritas ulama berpendapat bahwa baligh-akal bukan merupakan syarat zakat. Artinya, anak kecil dan maniak juga dikenakan kewajiban zakat melewati wali mereka.

4. Kondisi harta

Syarat terbiasa zakat sekali lagi melihat pada kondisi harta. Harta variasi ini ada lima kelompok, yakni dua keping logam yang berstatus komisi daluang, cebakan, barang temuan, barang produk, buah-buahan, dan binatang ternak. Kondisi harta tersebut disyaratkan berkembang.

5. Kondisi harta sampai suatu nisab

Menurut ketetapan syara’, kondisi harta yang juga harus sampai ke satu nisab (had minimal) atau diperkirakan senilai satu nisab. Merujuk puas Kanun Nayaka Agama Nomor 52 Tahun 2022 mengenai Syarat dan Manajemen Cara Penjumlahan Zakat Mal dan Zakat Fitrah, berikut ketentuan nisab:

  • Senilai 85 gram kencana lakukan zakat emas, perak, dan logam mulia lainnya; zakat uang dan sekuritas lainnya; zakat ekspor impor; zakat hasil perikanan; zakat pertambangan; dan zakat perindustrian.
  • Senilai 653 kg gabah cak bagi zakat pertanaman, pertanaman, dan kehutanan.
  • Senilai 653 kg gabah atau 524 kg beras untuk zakat pendapatan dan jasa.

6. Kepemilikan yang pola terhadap harta

Syarat teristiadat zakat adalah berada dalam kekuasaan penuh (peruntungan) sosok yang menggaji zakat atau muzakki. Terdapat perbedaan pendapat di kalangan fuqaha terkait maksud berusul syarat ini. Perbedaan tersebut terletak puas apakah kepemilikan di tangan, kepemilikan tata, atau kepemilikan lugu.

Syarat ini juga dikelaskan oleh Muhammad Jawad Mughniyah dalam kancing
Fiqih Panca Mazhab. Maksud berbunga kepunyaan penuh sebagaimana dijelaskan para jamhur mazhab merupakan basyar yang punya harta itu tanggulang sepenuhnya terhadap harta bendanya dan dapat membebaskan sepenuhnya sesuai kehendaknya.

Para ulama menyatakan, harta yang hilang dan harta yang dirampas dari pemiliknya lain wajib dizakati sekalipun teguh menjadi miliknya.

7. Mencapai haul

Haul merupakan batasan hari suatu tahun hijriyah atau 12 (dua belas) bulan qomariyah kepemilikan harta yang wajib dikeluarkan zakat. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Tidak ada kewajiban zakat pada harta sampai genap satu tahun.”

Genapnya suatu tahun ialah syarat bagi zakat selain pohon dan biji pelir-buahan. Mengenai mengenai kedua komoditas tersebut, zakat wajib ditunaikan ketika sudah lalu berbuah dan aman dari kerusakan jika hingga ke senggat yang bisa dimanfaatkan meskipun belum musim panen.

8. Tidak ada tunggakan

Mazhab Hanafiyah mensyaratkan cucu adam yang membayar zakat tidak memiliki utang. Engkau mengatakan, tunggakan membendung kewajiban zakat, baik itu zakat, pajak bumi, atau ketinggalan tempah.

Tentatif itu, mazhab Syafi’iyah bukan mensyaratkannya. Manusia yang memiliki utang teguh bertanggung jawab mengupah zakat.

9. Lebih dari kebutuhan resep

Syarat wajib zakat lainnya adalah memiliki kelebihan kebutuhan buku. Ibni Malik menafsirkan kebutuhan gerendel dalam hal ini sama dengan perut, gelanggang tinggal, alat perang, pakaian, atau diperkirakan sebagaimana utang.

Sreg zakat fitrah, basyar yang akan mengeluarkan zakat haruslah memiliki manfaat kebutuhan resep untuk malam dan hari raya Idul Fitri. Mereka pula vitalitas kapan rembulan Ramadan.

Hikmah Menunaikan Zakat

Ada bilang hikmah nan diperoleh dengan menunaikan zakat. Mula-mula, zakat bisa menjaga dan membentengi harta dari penglihatan orang. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Bentengilah harta kalian dengan zakat, obatilah khalayak-orang yang sakit bersumber kalian dengan sadaqah, siapkanlah tahmid untuk legiun batu.” (HR. ath-Thabrani, Abu Nu’aim kerumahtanggaan al-Hilyah juga al-Khatib mulai sejak Bani Mas’ud. Hadits ini juga diriwayatkan Abu Dawud. Hadits ini dhaif.)

Kedua, menunaikan
zakat
pula boleh menolong orang-turunan fakir dan manusia-sosok yang membutuhkan. Zakat pun bisa membantu mereka lakukan hayat mulia jika mereka ruai serta melindungi diri semenjak keburukan duafa.

Simak Video “Iqbaal Ramadhan Akui Sulit Bagi Waktu Antara Tiang penghidupan dan Pendidikan

[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Source: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6051881/9-syarat-wajib-zakat-fitrah-dan-zakat-mal