Surat Ar Rahman Juz Berapa

Berasal Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Surah ke-55
ar-Rahman


Elra7man.png



Yang Maha Pemurah
  • Teks Arab
  • Parafrase Kemenag
Klasifikasi Makkiyah
Juz Juz 27
Jumlah ruku 3 ruku
Kuantitas ayat 78 ayat

Surah Ar-Rahman
(Arab:
الرّحْمنن) merupakan surah ke-55 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surat makkiyah, terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti
Yang Maha Pemurah
mulai sejak berbunga introduksi
Ar-Rahman
yang terletak plong ayat mula-mula surah ini.
Ar-Rahman
yakni salah suatu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah swt. kepada hamba-hamba-Nya, merupakan dengan memberikan nikmat-legit yang tidak tertaksir baik di dunia ataupun di darul baka esok.

Ciri khas surah ini adalah kalimat berulang 31 kali
Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban
(Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang anda dustakan?) yang terletak di penutup setiap ayat yang menguraikan karunia Allah nan diberikan untuk manusia.

Terjemahan

[sunting
|
sunting sumber]

Dengan keunggulan Allah Yang Maha Pengasih, Maha Pemurah.

  • Yang Maha Pengasih, Yang mutakadim mengajarkan Al-Quran, Yang telah menciptakan manusia, Yang Mengajar hamba allah itu pandai berbicara. (Ayat:1-4)
  • Matahari serta bulan berada menurut perhitungan tertentu; bahwa pohon maupun pepohonan tunduk terhadap Dia. (Ayat:5-6)
  • Dan Allah yang telah meninggikan langit serta sudah lalu Dia adakan Keseimbangan supaya kalian bukan mengantuk Keseimbangan itu; maka tetapkan pengukuran secara adil; serta janganlah dirimu mengurangi Keseimbangan itu. Dan Dialah nan mutakadim menghamparkan bumi lakukan golongan bani adam; disana terdapat biji zakar-biji pelir serta pepohonan kurma yang punya kelopak mayang, serta biji-biji yang berkulit, serta bunga-bunga yang harum semerbak; maka manakah Karunia Tuhan nan kalian berdua bantah? (Ayat:7-13)
  • Dialah yang menciptakan manusia berbahan petak kering seperti mana tembikar, serta Dialah yang menciptakan jin berbahan nyala api; manakah kasih Almalik yang kalian empat mata dustakan?

    Tuhannya Timur maupun Tuhannya Barat, manakah karunia Sang pencipta nan kalian empat mata dustakan? (Ayat:14-18)
  • Dialah nan menjadikan dua lautan bersirkulasi setakat keduanya bertemu, antara keduanya terdapat batas yang tidak per lampaui. Maka manakah Karunia Tuhan yang kalian empat mata sanggah?
    Bermula keduanya dihasilkan mutiara serta marjan. Maka manakah Karunia Yang mahakuasa yang kalian empat mata tampik?
    Dan MilikNyalah arombai-berlepas yang melaut di lautan, bak gunung-bukit. Maka manakah Karunia Yang mahakuasa yang kalian berdua bantah? (Ayat:19-25)
  • Tiap-tiap hal nan ada disana akan lenyap, sekadar bakal selamanya, Durja Tuhanmu Yang Maha Menakjubkan, Maha Agung. Maka manakah Karunia Sang pencipta yang kalian berdua bantah? (Ayat:26-28)
  • Hal-hal yang berada di langit maupun di bumi mengelepai pada Engkau, saban hari Kamu senantiasa Menernakkan. Maka manakah Karunia Tuhan yang kalian empat mata bantah? (Ayat:29-30)
  • Kami akan seutuhnya mencamkan diri kalian, serta keadaan kalian. Maka manakah Belas kasih Tuhan yang kalian berdua bantah?
    Wahai pematang jin serta basyar, sekiranya kalian sanggup melampaui penjuru-penjuru langit alias bumi, maka hendaklah kalian lampaui; tidaklah kalian sanggup melampauinya melainkan dengan kurnia. Maka manakah Belas kasih Tuhan nan kalian berdua bantah?
    Kepada kalian ditimpakan nyala api serta udara pekat sehingga kalian takkan sanggup menyelamatkan diri. Maka manakah Kasih Almalik yang kalian berdua tampik?
    Tatkala langit cempek serta menjadi serupa warna merah yang menyala. Maka manakah Karunia Tuhan yang kalian berdua bantah?
    Lega Hari itu, bani adam serta jin tidak ditanya akan halnya dosanya. Maka manakah Karunia Tuhan yang kalian berdua sanggah?
    Golongan yang berdosa telah dikenali dengan ciri-ciri mereka, kemudian dipegang ubun-ubun serta kaki-kaki mereka. Maka manakah Karunia Tuhan yang kalian berdua sanggah?
    Inilah Jahanam nan dibantah oleh turunan-hamba allah berdosa, orang-insan itu fertil di perdua-tengah tempat itu serta kerumahtanggaan air mendidih nan menyangitkan. Maka manakah Karunia Almalik yang kalian berdua bantah?
    Sedangkan untuk golongan yang gentar, telah disediakan di hadirat Tuhan mereka; dua Surga. Maka manakah Anugerah Tuhan yang kalian berdua bantah?
    Keduanya memiliki bermacam-macam jenis tanaman. Maka manakah Pemberian Halikuljabbar yang kalian berdua bantah?
    N domestik kedua tempat itu terletak dua sumber yang mengalir. Maka manakah Pemberian Tuhan nan kalian berdua bantah?
    Intern kedua tempat itu terletak segala macam buah yang berpasangan. Maka manakah Karunia Tuhan yang kalian berdua bantah?
    Orang-orang tersebut bersandar di permadani yang mengandung sejenis sutera; serta terdapat buah-buahan kedua Surga itu yang berlimpah karib. Maka manakah Anugerah Tuhan nan kalian berdua sanggah?
    Dalam tempat-arena itu terdapat para sosok yang santun seraya menundukkan rukyat; yang tiada pernah disentuh oleh manusia, tidak pula oleh jin. Maka manakah Hadiah Tuhan nan kalian berdua tampik?
    Seolah-olah permata serta marjan. Maka manakah Karunia Tuhan yang kalian empat mata bantah?

    Adakah upah untuk arti selain keefektifan? maka manakah Karunia Tuhan yang kalian berdua bantah?

    Dan selain kedua tempat itu terletak dua Suwargaloka lagi. Maka manakah Karunia Yang mahakuasa yang kalian berdua tampik?
    Peristiwa yang bercelup baru tua. Maka manakah Rahmat Sang pencipta nan kalian empat mata bantah?
    Di dalam kedua tempat itu terdapat dua perigi yang memancar. Maka manakah Karunia Sang pencipta yang kalian berdua bantah?
    Dalam kedua tempat itu terletak buah-biji kemaluan, serta kurma pun delima serikaya. Maka manakah Rahmat Tuhan yang kalian berdua bantah?
    Intern kedua tempat itu terdapat berbagai khalayak yang berkenan, serta cantik. Maka manakah Belas kasih Tuhan yang kalian berdua sanggah?
    Bermacam-macam sosok yang terlindungi, n domestik arena-tempat yang indah. Maka manakah Kasih Almalik yang kalian empat mata bantah?
    Serta tiada pernah disentuh oleh manusia, enggak sekali lagi oleh jin. Maka manakah Karunia Sang pencipta nan kalian berdua bantah?
    Mereka bersandar pada bantal-bantal yang hijau; serta permadani-babut yang luhur. Maka manakah Belas kasih Sang pencipta yang kalian empat mata tampik? (Ayat:31-77)
  • Diberkatilah Stempel Tuhanmu Yang Menguasai Keagungan serta Kemuliaan. (Ayat:78)

Pranala luar

[sunting
|
sunting sumber]




Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Ar-Rahman

Posted by: gamadelic.com