Surat Al Waqiah Ada Di Juz Berapa

Jakarta

Akta Al Waqiah adalah surah ke-56 dan terletak di juz ke-27 dalam Al Alquran. Sahifah yang berjumlah 96 ayat ini mengandung banyak maslahat di dalamnya. Sebab itu menjadi pelecok satu sahifah nan rutin dibaca tiap pagi dan malam makanya beberapa kaum muslimin.

Menurut trik yang berjudul Keajaiban Membaca Al-Qur’an karya Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, keistimewaan terbit Surat Al Waqiah ini bahkan dirasakan maka itu Rasulullah SAW hingga membuat rambutnya menjadi beruban. Diceritakan bersumber Anak lelaki Abbas RA, sira berkata:

“Abuk Bakar ash-Shiddiq RA berfirman kepada Nabi SAW, “Aduhai Rasulullah, engkau telah beruban,” Sira menjawab, “Aku beruban karena akta Hud, Al Waqiah, Al Mursalat, An Naba, dan At Takwir.”

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, dikisahkan dari Ab-Syari’lah bin Mas’ud RA bahwa Rasulullah pernah mengistilahkan salah satu keutamaan membaca arsip Al Waqiah adalah dapat dijauhkan dari kemiskinan. Ia berkata:

“Saya mendengar Nabi SAW bersabda: “Produk mana tahu mendaras surat Al Waqiah setiap malam, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya,”

Tentang cara kerjakan mengaji akta Al Waqiah agar dijauhkan dari kemiskinan sebagaimana yang dikutip dari ki akal Gerendel Dahsyat Al Fatihah, Ayat Takhta, dan Al Waqiah untuk Keberuntungan Tiang penghidupan dan Bisnis nan ditulis makanya Ustadz Ramadhan AM ialah sebagai berikut.

1. Biasakan membaca surat Al Waqiah;
2. Pastikan membacanya setiap malam satu bisa jadi;
3. Lakukan dengan mumbung ikhlas dan istiqomah;
4. Hayati dan serapi makna nan terkandung internal arsip Al Waqiah secara khusyuk.

Masih memberitakan berpangkal sumber yang sama, setelah membaca satu surat penuh Al Waqiah akan dianggap lebih afdhol bila menutupnya dengan sebuah pustaka doa. Bacaan doa setelah membaca sertifikat Al Waqiah ini dinukil dari kitab Khalashah Nabawiy dari al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz.

Akan halnya teks doanya sebagaimana yang terjadwal di pangkal ini.

Zikir Sesudah Membaca Manuskrip Al Waqiah

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wacana latin: Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i.

Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: “Ya Yang mahakuasa, jagalah durja kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kefakiran sehingga kami harus mengejar rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh orang ciptaan-Mu nan berbudi buruk dan sibuk memuji insan yang membagi kami dan tergoda kerjakan mengecam yang tidak mau memberi kami. Sedangkan Kamu di balik semua itu yaitu nan berwenang buat memberi atau lain menjatah.

Ya Sang pencipta, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua pemurah. Cukupkanlah kami dengan rahmat-Mu berusul sembarang orang selain Dia. Semoga Allah merahmati laki kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, kembali hendaknya Allah memberi keselamatan.”

Itulah bacaan doa setelah membaca arsip Al Waqiah dan khasiat di dalamnya. Semoga tahmid-doa dan amalan baik kita diridhai oleh Almalik SWT ya, sahabat hikmah. Aaamiin.

(nwy/nwy)

Source: https://news.detik.com/berita/d-5642296/doa-setelah-membaca-surat-al-waqiah-dan-keistimewaannya