Surat Al Kafirun Dan Artinya


SURAT Al Kafirun merupakan dokumen ke-109 di dalam Alquran dan termasuk ke dalam golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah.

Nama Al Kafirun (Arab: الكافرون) diambil dari penggalan intiha ayat pertama surat ini.

Dinamakan Al Kafirun karena arsip ini berkaitan dengan laung kepada hamba allah-insan kafir. Al Kafirun artinya hamba allah-orang kafir.

Berikut bacaan dan arti bermula kopi Al Kafirun;

1. قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَۙ
Arab-latin: qul yā ayyuhal-kāfirụn
Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Aduhai khalayak-hamba allah kafir!”

2. لَآ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَۙ
Arab-latin: lā a’budu mā ta’budụn
Artinya: “aku tak akan menyembah apa yang kamu sembah”

3. وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۚ
Arab-latin: wa lā antum ‘ābidụna mā a’bud
Artinya: “dan kamu enggak penyembah apa yang aku sembah”

Baca sekali lagi:
Ini Bacaan Niat Zakat Fitrah bagi Diri Sendiri, Cem-ceman dan Anak

4. وَلَآ اَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْۙ
Arab-latin: wa lā ana ‘ābidum mā ‘abattum
Artinya: “dan aku bukan perpautan menjadi penganut segala apa nan anda sembah”

5. وَلَآ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَآ اَعْبُدُۗ
Arab-latin: wa lā antum ‘ābidụna mā a’bud
Artinya: “dan kamu lain nikah (kembali) menjadi penganut apa yang aku khidmat.”

6. لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ
Arab-latin: lakum dīnukum wa liya dīn
Artinya: “Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”

Surat Al Kafirun Artinya

Berikut beberapa keutamaan berpangkal membaca surat Al Kafirun :

1. Memperkuat keimanan

Karena tindasan Al Kafirun berisikan adapun ketundukan dan loyalitas umat muslim kepada Halikuljabbar, maka dengan membaca dan mengamalkannya setiap hari dapat mempersendat fondasi keimanan sendiri muslim. Di dalam ayat-ayat Al Kafirun menunjukkan bahwa seorang itu adalah orang yang berjanji dan bersaksi hanya kepada Tuhan SWT.

2. Ditakuti hantu penunggu

Surat Al Kafirun merupakan surat yang ditakuti oleh iblis. Hal ini diriwayatkan makanya Anak laki-laki Abbas, menurutnya tiada salinan yang sangat ditakuti hantu penunggu kecuali surat Al Kafirun. “Lain cak semau dalam Al Quran yang kian menakutkan bagi ifrit daripada Qul Ya Ayyuhal-Kafirun, sebab kamu adalah tauhid dan pembebas dari kemusyrikan.”

3. Mendapat pahala seperti seperempat Alquran

Menurut Syeikh Bani ‘Abbaz membaca empat mungkin surat Al Kafirun ekuivalen dengan mengkhatam Al Alquran. Doang saja, bukan berarti tidak perlu juga membaca Al Quran, sebab seorang muslim agar membaca Alquran setiap hari.

Baca pula:
Ini Keutamaan Melaksanakan Puasa Syawal

4. Terbebas berbunga kemusyrikan

Kalau koteng muslim rutin mengaji surat Al Kafirun terutama saat sebelum tidur maka dirinya akan terbebas dari kemusyrikan. Sebagai halnya dalam suatu perbuatan nabi nabi muhammad, Rasulullah bersabda:
“Bacalah Qul ya Ayyuhal-kafirun kemudian tidurlah di hasilnya, sepatutnya ada ayat tersebut membedakan dari kemusyrikan.” (HR Abu Dawud mulai sejak Farwah bin Naufal).

5. Mengajarkan ketahanan

N domestik nyawa tentu terletak perbedaan dalam keyakinan pasti akan terjadi di antara masyarakat. Cuma, arsip Al Kafirun ayat ke-6 menjelaskan bahwa ‘Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku”, artinya dengan keagamaan terhadap Sang pencipta, umat Islam harus menjalankan jiwa toleransi yang sesuai dengan tujuan penciptaan manusia yaitu sekadar menyembah kepada Sang pencipta.

6. Membangun kepahlawanan menghadapi orang kufur

Di n domestik tindasan Al Kafirun terdapat makna bahwa umat muslim harus siap menyamai dan menentang basyar-orang kufur, bahwa agama Selam bukan boleh disamakan dengan agama mereka. Cucu adam-mukminat dan orang-orang dahriah tentunya berbeda dan kejadian ini ditunjukkan dalam surat Al Kafirun.

7. Pengacara antara Selam dan kafir

Surat Al Kafirun menjadi pembanding antara Islam dan kafir. Hal ini ditunjukkan maka dari itu ayat tersebut bahwa apa yang disembah, diikuti dan apapun nan menjadi aturan Islam tak sebabat dengan apa yang mereka (orang kafir) yakini. Mereka tidak boleh menjadi seorang orang islam dan muslim tidak bisa menjadi mereka. Inilah keutamaan ayat ini sehingga menjadi identitas dan pembeda antara orang islam dan bukan.

8. Membangun keoptimisan Islam

Akta Al Kafirun dalam sejarah dulu kembali menjadi suatu penyemangat dan pembangun optimisme hendaknya umat Islam tidak takut dan gentar n domestik menyamai kekafiran. Semuanya dilakukan agar Islam menang dan boleh memberikan rahmatan lil alamin bagi semesta kalimantang.

Itulah isi dokumen Al Kafirun beserta dengan arti dan pula keutamannya. Semoga semua kejadian adapun pembahasan surat Al Kafirun di atas dapat bermanfaat bakal kalian semua.


Source: https://mediaindonesia.com/humaniora/434164/ini-bacaan-surat-qs-al-kafirun-beserta-arti-dan-keutamaanya

Posted by: gamadelic.com