Surat Al Jumuah 1 11

Asbabun Nuzul Surat al-Jumu’ah





سورة الجمعة


بسم الله الرحمن الرحيم

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ (1) هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ (2) وَآخَرِينَ مِنْهُمْ لَمَّا يَلْحَقُوا بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (3) ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ (4) مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ (5) قُلْ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ هَادُوا إِنْ زَعَمْتُمْ أَنَّكُمْ أَوْلِيَاءُ لِلَّهِ مِنْ دُونِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا الْمَوْتَ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (6) وَلَا يَتَمَنَّوْنَهُ أَبَدًا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالظَّالِمِينَ (7) قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (8) يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10) وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ (11)

Terjemahan Kopi al-Jumu’ah

Dengan menyebut nama Tuhan yang Maha Pengasih kembali Maha Pengasih.

1.
Senantiasa bertasbih kepada Yang mahakuasa barang apa yang ada di langit dan apa yang ada di manjapada. raja, yang Maha suci, yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

2.
Dia-lah yang mengutus kepada suku bangsa yang buta aksara seorang Rasul di antara mereka, yang mendiktekan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar kerumahtanggaan kesesatan nan nyata,

3.
Dan (juga) kepada kabilah nan lain berbunga mereka yang belum berhubungan dengan mereka. dan Dia-lah nan Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

4.
Demikianlah hadiah Allah, diberikan-Nya kepada mungkin nan dikehendaki-Nya; dan Allah mempunyai karunia yang besar.

5.
Seumpama orang-orang yang dipikulkan kepadanya Taurat, Kemudian mereka tiada memikulnya[*] adalah seperti keledai nan membawa kitab-kitab yang tebal. Amatlah buruknya andai suku bangsa nan mendustakan ayat-ayat Allah itu. dan Tuhan tiada membagi petunjuk kepada kaum yang zalim.

6.
Katakanlah: “Hai orang-orang yang menganut agama Yahudi, jika kamu mendakwakan bahwa Sesungguhnya kamu sajalah kekasih Halikuljabbar bukan turunan-orang yang lain, Maka harapkanlah kematianmu, sekiranya kamu adalah cucu adam-basyar yang benar”.

7.
Mereka tiada akan mencitacitakan kematian itu sepanjang-lamanya disebabkan kejahatan yang Sudah mereka perbuat dengan tangan mereka sendiri. dan Tuhan Maha memaklumi akan orang-insan yang zalim.

8.
Katakanlah: “Senyatanya kematian yang kamu lari daripadanya, Maka Sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, Kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), nan mengetahui yang ghaib dan nan maujud, lalu anda beritakan kepadamu apa yang Telah kamu buat”.

9.
Hai orang-anak adam berketentuan, apabila diseru bikin menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada memahfuzkan Allah dan tinggalkanlah jual beli[**]. nan demikian itu makin baik bagimu jika ia Mengetahui.

10.
Apabila Telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah beliau di muka marcapada; dan carilah anugerah Sang pencipta dan ingatlah Almalik banyak-banyak biar beliau berkat.

11.
Dan apabila mereka mengintai perdagangan atau permainan, mereka bercerai kerjakan menuju kepadanya dan mereka tinggalkan engkau semenjana berdiri (berkhotbah). Katakanlah: “Apa yang di sebelah Allah kian baik ketimbang permainan dan perkulakan”, dan Almalik sebaik-baik pemberi rezki.

[*]
Maksudnya: tidak berbuat isinya, antara lain enggak membenarkan kedatangan Muhammad s.a.w.

[**]
Maksudnya: apabila imam Sudah mendaki mimbar dan muazzin Telah bang di waktu Jum’at, Maka kaum muslimin terlazim bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan meninggalakan semua pekerjaannya.

——————–

Asbabun Nuzul Manuskrip al-Jumu’ah ayat 11

11. Dan apabila mereka meluluk perniagaan atau permainan, mereka bubar lakukan menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berceramah). Katakanlah: “Apa yang di jihat Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah sebaik-baik pemberi rezki. (Al-Jumu’ah: 11)

Diriwayatkan maka itu asy-Syaikhaan (al-Bukhari & Muslim) yang bersumber berbunga Berkelepai bahwa ketika Rasulullah saw. berkhotbah sreg masa Jum’at, datanglah kafilah nan membawa komoditas dari Syam. Orang-orang yang mendengarkan pidato pada keluar bagi menyandang kontingen rombongan itu, sehingga hanya lalu dua belas orang hanya yang duduk mendengarkannya. Ayat ini (al-Jumu’ah: 11) turun berkenaan dengan situasi tersebut, yang menegaskan bahwa apa yang ada di sisi Allah jauh makin baik daripada barang apa yang ada puas perdagangan.

Diriwayatkan oleh Ibni Jarir nan dari bersumber Jarir, bahwa apabila dayang-gadis yang menikah, berlangsunglah kerubungan dengan seruling dan alat musik lainnya. Sehingga orang-insan lega pergi melihat kerubungan itu dan meninggalkan Rasulullah saw. yang semenjana berdiri berkhotbah di atas mimbar. Maka turunlah ayat ini (al-Jumu’ah: 11) yang mementingkan bahwa nikmat yang diberikan Tuhan makin baik daripada kerumunan dan perkulakan.

Ayat al-Jumu’ah: 11 ini turun berkenaan dengan kedua peritiwa tersebut di atas. Ibnu Mundzir meriwayatkan sebuah hadits yang berpangkal bersumber Jabir, nan mengistilahkan kisah pernikahan dan datangnya kontingen itu secara bersamaan. Hadits ini diriwayatkan menerobos satu perkembangan. Disebutkan bahwa ayat ini (al-Jumu’ah: 11) turun berkenaan dengan kedua hal itu.

Source: https://tafsironlineku.blogspot.com/2015/04/asbabun-nuzul-surat-al-jumuah-ayat-1-11.html

Posted by: gamadelic.com