Surat Al Hujurat Terdiri Dari Berapa Ayat

Jakarta

Manuskrip Al Hujurat yaitu surat ke-49 dalam Al Quran. Surat ini terdiri berpangkal 18 ayat dan tergolong ke dalam surat Madaniyyah.

Secara garis lautan, arsip Al Hujurat mengisahkan tentang pesan-pesan dalam vitalitas sosial di masyarakat. Mengenai dalam ayat 10 diceritakan tentang koneksi di antara individu-khalayak nan percaya.

Sang pencipta SWT berkata dalam Q.S Al-Hujurat ayat 10 ibarat berikut:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Arab latin: innamal-mu`minụna ikhwatun fa aṣliḥụ baina akhawaikum wattaqullāha la’allakum tur-ḥamụn

Artinya: “Makhluk-insan beriman itu senyatanya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya sira berbahagia karunia.”

Tafsir Menurut Kemenag

Menurut Kemenag, ayat ini menjernihkan bahwa sesungguhnya semua orang-orang Orang islam itu ari-ari layaknya hubungan persaudaraan intern nasab. Hal ini karena sebabat-sama menganut unsur keimanan nan sama dan kekal dalam kedewaan.

Begitu juga diriwayatkan oleh Bukhari dalam hadits sahihnya, bersumber ‘Abdullah kacang ‘Umar, “Mukminat itu adalah uri muslim yang lain, jangan berbuat siksa dan jangan membiarkan melakukan aniaya. Hamba allah yang kondusif kebutuhan saudaranya, maka Allah mendukung kebutuhannya. Orang yang menjarakkan satu kesulitan dari sendiri mukmin, maka Halikuljabbar mengendurkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesulitannya puas hari Hari akhir. Orang yang meliputi aib saudaranya, maka Almalik akan menutupi kekurangannya pada waktu Hari pembalasan.” (HR. Bukhari).

Kemenag menerangkan seterusnya, gabungan itu mendorong ke arah perdamaian. Oleh karena itu, Allah SWT mengemukakan bakal mempertahankan persaudaraan tersebut dalam bagan memelihara ketakwaan lega-Nya.

Dalam hadits nabi yang diriwayatkan n domestik Muslim dan Abuk Ad-Darda’ mengatakan, “Apabila sendiri mukminat mewiridkan saudaranya yang gaib, maka malaikat berkata “Amin dan seharusnya kamu lagi mendapat seperti itu.” (HR. Orang islam & Serbuk Ad-Darda’)

Pada akhir ayat dijelaskan sekali lagi bahwa memiara pergaulan akan mendatangkan hadiah dan absolusi Almalik SWT sebagai balasan atas usaha perdamaian dan ketakwaan kepada-Nya. Sehingga, perlu ada juri internal mendamaikan pihak-pihak yang bertikai.

Sahabat hikmah, itulah isi dari surat Al Hujurat ayat 10. Semoga kita senantiasa menjaga sutra persaudaraan sesama Muslim.

(nwy/nwy)

Source: https://news.detik.com/berita/d-5556505/surat-al-hujurat-ayat-10-arab-latin-dan-tafsir-lengkap