Surat Al Hujurat Ayat 13 Dan Artinya

Dagang.com,
JAKARTA – Dalam piagam Al Hujurat ayat 13, salah satu kandungannya adalah bisa menjadi landasan untuk melengahkan diskriminasi yang terjadi saat ini. Dilansir berpokok NU Online, pertinggal Al Hujurat ayat 13 ini menghapus sistem kasta internal umum arab lega momen itu.

Juga memfokuskan bahwa sebagai hamba Allah SWT, bukan harta bentuk rupa alias status pekerjaan yang menentukan keutamaan sebagai basyar, sahaja ketaqwaan yang dilihat oleh-Nya. Surat Al Hujurat termasuk golongan surat Madaniyah. Yakni drop selepas Rasulullah SAW perpindahan ke Madinah. Al Hujurat bermakna kamar-kamar yaitu kamar keempat kediaman Rasulullah SAW Bersama istri-istri kamu.

Salah satu yang selalu menjadi sorotan adalah Al Hujurat ayat 13. Pada ayat itu tidak menggunakan panggilan kepada orang-orang beriman. Melainkan ditunjukkan kepada seluruh umat orang. Tembusan Al-Hujurat ayat 13 adalah riuk satu ayat yang prinsip dasar kekeluargaan manusia. Ayat ini juga menegaskan kesatuan asal-usul manusia dengan menunjukkan derajat kemanusiaan yang selalu sama di sisi Allah SWT.

Berikut ini isi sahifah Al Hujurat beserta kandungannya yang telah dilansir dari beraneka ragam sumber:

“Yaa ayyuhan-naasu innaa khalaqnaakum min dzakariw wa unsaa wa ja’alnaakum syu’uubaw wa qabaa’ila lita’aarafuu, inna akramakum ‘indallaahi atqaakum, innallaaha ‘aliimun khabiir”

Artinya: Hai manusia, sepantasnya kami menciptakan kamu terbit seorang lanang dan nona dan menjadikan sira berbangsa-nasion dan bersuku-suku hendaknya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya, cucu adam yang minimal mulia di antara engkau di sisi Allah ialah sosok yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengarifi sekali lagi Maha Mengenal.

Kandungan surat Al Hujurat ayat 13

N domestik studi IAIN Palangkaraya, terletak konsep Pendidikan multikultural dalam tembusan Al Hujurat ayat 13. Di dalamnya terwalak pemahaman akan halnya heterogenitas dan perbedaan melintasi sunnatullah. Hidup dengan mengamini egaliter (persamaan orang), persaudaraan (ukhuwah), saling tolong menolong, dan saling mengenal.

Multicultural yang terkandung di dalamnya menurut Hamka, antara lain: al-musawah (kemiripan atau kesetaraan), ukhuwah (hubungan), ta’aruf (silih mengenal), dan tasamuh (toleransi).

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada inskripsi Al Hujurat ayat 13 adalah:

1. Memberitahukan bahwa manusia berpokok dari satu keturunan ialah Nabi Adam dan Hawa. Sehingga plong hakikatnya mereka sederajat.

2. Keragamanan adalah sunatullah, karena Halikuljabbar SWT menjadikan manusia berkembang sehingga menjadi berbangsa-nasion dan bersuku-suku.

3. Kemajemukan bukanlah dengan berpecah belah sekadar bagi ganti mengenal. Dengan kata nan baik, akan terjalin kedekatan, kolaborasi dan tukar memberikan manfaat.

4. Seluruh turunan seimbang di penghadapan Halikuljabbar SWT. Yang membedakan adalah ketakwaannya. Dan turunan yang paling mulia di sisi Allah SWT adalah yang paling bertakwa. Tuhan maha mengetahui segala hal yang dilakukan makanya manusia, termasuk tingkat ketaqwaannya dan bagaimana sikapnya terhadap anak adam lainnya khususnya tersapu keragaman.

5. Ayat ini mengajarkan kesetaraan, toleransi, dan kerja sama serta menghapus diskriminasi.

Itulah isi rahim surat al hujurat ayat 13, bahwa  Allah SWT menciptakan turunan dari koteng laki-laki dan perempuan.


Cek Berita dan Kata sandang yang bukan di
Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Novita Ekstrak Simamora

Konten Premium



Source: https://kabar24.bisnis.com/read/20220823/79/1569867/surat-al-hujurat-ayat-13-lengkap-dengan-arti-dan-kandungannya