Surah Al Zalzalah Dan Artinya

Surat Al-Zalzalah: Pokok Kandungan, Keutamaan dan Manfaatnya

Al-Zalzalah sendiri artinya yakni “kegoncangan”. Surat yang terdiri atas 8 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Madaniyyah dan diturunkan setelah Kopi An-Nisa’. Ia diberi nama Tembusan Al-Zalzalah karena merujuk pada lafaz
az-zilzal

yang terletak puas ayat pertama.

Pokok Kandungan Surat Al-Zalzalah

Adapun pokok tembolok berpokok Sertifikat Al-Zalzalah adalah sebagai berikut:

  1. Kegoncangan dunia yang sangat hebat di musim yaumul akhir;
  2. Kebingungan orang yang waktu akhir zaman terjadi;
  3. Manusia sreg hari kiamat akan dikumpulkan buat dihisab segala apa amal ragam mereka.

Abi Abdullah berkata, “Janganlah kalian bosan membaca Dokumen Al-Zalzalah, karena sesungguhnya barangsiapa yang membacanya di internal salat sunahnya, maka Allah tidak akan menibankan bencana (gempa bumi) selamanya dan enggak akan mati selamanya…
(Al-Kafi, Juz 1: 458)

Keutamaan dan Khasiat dari Surat Al-Zalzalah

Adapun fadhilah dan arti dari Salinan Al-Zalzalah adalah sebagai berikut:

Purwa, Surat Al-Zalzalah adalah tercatat dalam
Al-Mufashshal
nan diberikan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai tambahan, sehingga engkau memiliki keutamaan dan kepentingan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, kopi yang seimbang dengan sekudung Al-Qur’an

Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah Saw. berfirman, “Sahifah Al-Zalzalah itu sepadan dengan sepoteng Al-Qur’an, wal ‘adhiyat itu sepadan setengah Al-Qur’an, Surat Al-Asli itu sepadan sepertiga Al-Qur’an, dan Pertinggal Al-Kafirun sepadan dengan seperempat Al-Qur’an.

Ketiga, sertifikat nan mencakup segala kebaikan.

Abdullah polong Amru meriwayatkan bahwa koteng adam gabungan menangkap basah Rasulullah tinggal bertanya, “Bacakan untukku wahai Rasulullah.”

Maka Rasulullah Saw. bersabda, “Bacalah tiga surat yang berawal semenjak alif lam ra.

Kemudian ia membalas, “Umurku sudah lalu tua, hatiku keras dan bicaraku kasar.”

Rasulullah bersabda, “Bacalah tiga surat nan berawalan ha mim.”

Maka lelaki itu menjawab dengan jawaban yang serupa.

Rasulullah kemudian bertutur, “Bacalah tiga Surat Musabbihat (surat yang berawalan sabbaha dan yusabbihu).” Maka lelaki itu menjawab dengan jawaban nan serupa dengan jawaban (nan purwa). Lalu berkata lagi, “Akan tetapi, bacakan untukku Akta Al-Jum’ah ya Rasulullah.

Maka Rasulullah Saw. pula membacakannya (Kopi Al-Zalzalah), hingga selesai mengaji itu, lelaki itu bercakap, “Demi Zat nan telah mengutusmu dengan milik, aku enggak akan menambah atasnya.”

Kemudian lanang itu pulang, suntuk Rasulullah bersabda, “Beruntunglah lelaki itu, beruntunglah lelaki itu, seperti itu pula aku.”
(HR. Ahmad, II: 169, dan Abu Dawud, I: 221)

Keempat, menempati kayangan sepanjang yang diinginkan.

Dari Abi Abdullah telah berkata, “Janganlah kalian bosan membaca Surat Al-Zalzalah, karena sesungguhnya barangsiapa yang membacanya di n domestik salat sunahnya, maka Sang pencipta lain akan memikulkan bencana (gempa bumi) selamanya dan engkau tidak akan nyenyat karenanya. Enggak juga ia terkena petir dan beberapa malapetaka di mayapada lainnya. Lalu ketika beliau meninggal, maka diperintahkan menuju surga. Dahulu Sang pencipta merenjeng lidah, ‘Wahai hamba-Ku, Aku memasukkanmu ke dalam surga-Ku, maka tinggallah di dalamnya sepanjang kamu inginkan, enggak dilarang dan tidak pula ditolak.’”
(Tsawabul A’perbendaharaan: 112)

Kelima, wasilah wirid bakal menyingkap kesalahan nan tersembunyi.

Nabi Saw. merenjeng lidah, “Barangsiapa yang membaca sahifah ini (Salinan Al-Zalzalah), maka beliau akan diberi pahala begitu juga basyar yang membaca seperempat Al-Qur’an, dan barangsiapa nan menulisnya atas roti yang subtil, dan dimakankan kepada perompak, maka ia tersedak (plus) karenanya dan (dimakankan) kepada koteng yang berbuat kesalahan, maka akan melangah kesalahannya.”

Keenam, memperoleh pahala mendaras seluruh Al-Qur’an

Rasulullah Saw. bersuara, “Barangsiapa yang mengaji Surat Al-Zalzalah sebanyak empat kelihatannya, maka engkau sebagai halnya orang nan membaca Al-Qur’an seluruhnya.”
(‘Uyunul Akhbar, Juz 2: 37)

Demikianlah pembahasan pendek tentang pokok kandungan, keutamaan dan manfaat dari Surat Al-Zalzalah. Sepatutnya apa nan kami sampaikan signifikan. Wallahu A’lam

Source: https://www.abusyuja.com/2021/03/surat-al-zalzalah-pokok-kandungan.html

Posted by: gamadelic.com