Surah Al Kautsar Dan Terjemahan

Pecihitam.org
– Surah nan ke-108 privat al-Qur’an adalah Surah Al Kautsar (الكوثر‎). Surah ini terdiri berpunca 3 ayat yang menjadi surah terpendek dalam Al-Qur’an dan tertulis ke dalam surah
Makkiyah.


Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan kata sandang-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang boleh menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi kerumahtanggaan Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut camur artikel ini ke kanal-sungai buatan sosial alat angkut ia atau lebih lagi sira bisa timbrung Berdonasi.



DONASI SEKARANG

Privat surah ini, Yang mahakuasa sudah menganugerahi Rasulullah SAW dengan memberinya kabaikan yang banyak dan nikmat nan raksasa di dunia dan alam baka dan memintanya bikin gegares melaksanakan shalat dengan ikhlas dan mendermakan sebaik-baik hartanya misal suatu bentuk pengorbanan dan kesyukuran atas anugerah yang dilimpahkan Allah kepadanya. Surah ini sekali lagi ditutup dengan suatu permakluman gembira bagi Nabi berupa terputusnya keefektifan lakukan orang nan membencinya.

Asbabun Nuzul Surah Al Kautsar

Dr. Wahbah az-Zuhaili
menjelaskan di dalam kitabnya Tafsir Munir Liz-Zuhaili, bahwa asbabun nuzul Surah al Kautsar ini dilatarbelakangi oleh 3 faktor.

Pertama, karena kafir Quraisy menganggap bahwa Rasul SAW lenyai dan pengikutnya sedikit. Kedua, mereka merasa gembira karena meninggalnya putra beliau, Qasim yang meninggal di Mekkah dan Ibrahim yang meninggal di Madinah. Ketiga, perasaan suka cita ketika orang-orang mukmin ditimpa kesusahan dan musibah.

Lalu Allah SWT memangkalkan Surah ini bagi menunjukkan bahwa sepatutnya ada Rasulullah yaitu figur yang kuat dan akan keluar misal jago (melawan mereka). Selain itu, pengikutnya pun banyak dan tersebar di penjuru dunia.

Wafatnya putra-putra beliau bukan mewujudkan sikap beliau menjadi letoi. Surah ini lagi menunjukkan bahwa mereka nan membencinya akan terputus dan enggak terdengar pula namanya disebut-tutur serta mereka telah jauh dari apa manfaat.

Demikianlah sekilas asbabun nuzul Surah al kautsar tentang penolakan atas tuduhan kabilah kafir yang terkait mengenai terputusnya keturunan Rasulullah.

Terjemahan dan Tafsir

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

Terjemahan: Sememangnya Kami telah mengasihkan kepadamu mak-nyus nan banyak.

Tafsir: (Sesungguhnya Kami sudah lalu memberikan kepadamu) hai Muhammad (Al-Kautsar) merupakan sebuah sungai di surga dan telaga milik Nabi saw. besok akan menjadi tempat meneguk bagi umatnya. Al-Kautsar kembali berarti kekuatan nan banyak, yaitu maujud kenabian, Alquran, syafaat dan lain sebagainya.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Terjemahan: Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

Kata keterangan: Dan sekiranya kamu telah diberikan hal tersebut, maka kerjakanlah selalu shalat dengan penuh ikhlas, dan sembelihlah kurbanmu sebagai lembaga kesyukuranmu atas anugerah yang sudah lalu dilimpahkan kepadamu dan kebaikan yang diberikan individual untukmu.

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

Terjemahan: Sesungguhnya orang-orang yang membenci ia dialah yang patah.

Tafsir: (Sebenarnya bani adam-turunan yang membenci sira) ialah orang-orang nan tidak menaksir engkau (dialah yang terputus) terputus dari semua kelebihan; atau putus keturunannya. Ayat ini diturunkan berkenaan dengan orang yang bersikap demikian, dia adalah ‘Ash bin Wail, sederum Nabi saw. ditinggal wafat putranya nan bernama Qasim, silam ‘Ash menjuluki Utusan tuhan sebagai Abtar yaitu basyar yang terputus keturunannya.

Demikianlah Interpretasi, Kata keterangan dan Asbabun Nuzul bersumber Surah Al Kautsar. Sepatutnya semakin meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah dan memotivasi kita bagi selalu istiqomah mendirikan shalat dan berqurban. Wallahu a’lam bishshawab

  • Author
  • Recent Posts

M Resky S

Source: https://pecihitam.org/surah-al-kautsar-asbabun-nuzul-tafsir-dan-terjemahannya/

Posted by: gamadelic.com