Surah Al Falaq Beserta Artinya

Surah Al-Falaq
– Cak bagi umat muslim, mengaji kitab suci Al-Quran merupakan salah satu ibadah teristiadat yang harus dilaksanakan bikin mendapatkan ridha dari Allah SWT. Privat kitab lugu Al-Quran, terwalak tiga puluh surah suci yang memiliki makna dan keutamaannya masing-masing. Setiap surah internal Al-Quran mengandung ajaran baik yang harus diamalkan oleh umat muslim ketika menjalani hayat sehari-periode.

Salah satunya adalah surah Al-Falaq nan terwalak di internal Al-Quran pada Juz 30, dokumen ke-113 ini. Surah Al-Falaq ini terdiri atas lima ayat dan ialah surah Makkiyah karena diturunkan oleh Almalik SWT di Kota Makkah. Al-Falaq sendiri memiliki arti “waktu subuh”.

Dalam sosi berjudul
AL FALAQ
karya Achmad Chodjim, terdapat hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Nasai, dan Abuk Dawud, bahwa Nabi Muhammad SAW meminta Sahabat Abdullah ibn Habib r.a. untuk membaca tiga surah yakni Al-Fatihah, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas sebanyak tiga kali pada waktu pagi dan sore hari lakukan mencagar diri dari segala apa kejahatan.

Surah Al-Falaq dan surah an-Nas selalu bersambung, maka dari itu kedua surah tersebut mengandung
ta’widz
ialah menerimakan perlindungan. Sampai-sampai keutamaan surah Al-Falaq cangap disebut bersamaan dengan surah an-Nas.

Adv amat, bagaimana
ya
bacaan surah AL-Falaq itu? Barang apa hanya makna serta keutamaan dari surah Al-Falaq ini?

Nah, cak agar
Grameds
dapat memahaminya, ayo simak ulasan mengenai surah Al-Falaq berikut!

Surah Al-Falaq Beserta Latin dan Terjemahannya

1.
قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

Qul a’u birabbil-falaq

Artinya:

“Katakanlah, “Aku berlindung kepada Almalik nan menguasai fajar (dini hari).”

2. مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ



Min syarri ma khalaq

Artinya:

..semenjak kejahatan (makhluk nan) Dia ciptakan

3. وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

Wa min syarri gāsiqin iżā waqab

Artinya:

…bersumber karas hati malam apabila telah gelap katup

4. وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

Wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad

Artinya:

…dan semenjak kejahatan (cewek-upik) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya)

5.  وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya:

…dan berasal ki kebusukan bani adam nan dengki apabila engkau dengki.”

tombol beli buku

Makna Surah Al-Falaq

  1. Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar).

Kurnia teks pada ayat pertama ini menerimakan peringatan kepada suku bangsa muslim untuk selalu berteduh kepada Sang pencipta selaku pencipta semua orang yang umur di mayapada ini.

Preservasi tersebut diminta supaya kita selaku umat muslim dihindarkan segala ki kebusukan nan disebabkan oleh makhluk-sosok yang juga diciptakan oleh-Nya.

Intern ayat ini, Allah mensyariatkan kabilah mukmin bagi
isti’adzah
(berlindung) hanya kepada Halikuljabbar semata, tidak kepada yang lainnya.

  1. ..dari kejahatan (makhluk yang) Beliau ciptakan

Kurnia “kejahatan” ini dapat mengarah pada ki kebusukan nan dilakukan maka dari itu semua makhluk yang telah Allah ciptakan sebelumnya. Selain itu, kejahatan berpunca diri kita sendiri pun termasuk di dalamnya.

Kejahatan ini dapat berupa nafsu dan semu daya setan bagi melakukan hal-hal yang dilarang makanya-Nya. Anak adam memang lain pembebasan mulai sejak hawa nafsu, maka dari itu mereka diminta buat berlindung kepada Allah SWT meski hawa nafsu tersebut tidak menguasainya.

Kejahatan pula enggak sahaja berupa hawa nafsu, tetapi kembali kejahatan yang dilakukan oleh seluruh khalayak dan demit.

  1. …berbunga kejahatan malam apabila sudah lalu gelap gulita

Dalam ayat ketiga ini seolah menunjukkan kepada umat mukminat bahwa malam hari adalah waktunya setan, insan, sampai hewan berbuat kehancuran. Maka itu, Allah meminta para hamba-Nya untuk menghindari bahaya atas kerusakan tersebut dan memohon perlindungan-Nya.

Kita semua pasti sudah lalu mengetahui bahwa pada lilin lebah masa, rata-rata binatang-sato buas bersiap bakal mencengkam, sato-binatang berbisa merayap untuk mencari mangsa, terdapat alai-belai-batu sesat, hingga kepiluan-kegundahan yang siap “menerkam” logika kaum muslim. Bahkan para penyambar pun nan pun selaku bentuk kejahatan, turut berkeliaran pada lilin lebah periode.

Selain itu, Yang mahakuasa juga menunangi umat-Nya untuk berdoa sebelum tidur bukan? Hal tersebut karena ketika malam waktu, di momen kita sedang tertidur nyenyak, sebenarnya banyak bahaya nan siap menyerang.

Maka, berdoalah kepada Allah SWT buat meminta perlindungan-Nya.

tombol beli buku

  1. …dan pecah kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya)

Privat surah keempat ini memiliki makna bahwa para tukang sihir (medikus) biasanya akan membaca sebuah aji-aji dan jampi-jampi, lalu kemudian ditiupkan plong tali-lawe yang diikat. Keadaan tersebut disebut dengan
ruqyah syirik.

Grameds
harus mengerti bahwa sihir yakni salah satu dosa besar yang amat dibenci oleh Allah SWT.

Mengapa dalam surah keempat ini menyebut “amoi” yang menjadi penyihir? Karena varietas sihir ini banyak dilakukan oleh wanita.

Bahkan di negara Eropa, juga burung laut menggambarkan para pakar sihir ialah dayang yang sudah lalu tua dan jompo. Hanya, tidak dapat dipungkiri pula bahwa detik ini pakar sihir juga banyak nan laki-laki.

Wanita-wanita yang mengerjakan sihir ini terus-menerus mengerjakan upaya untuk mengganggu dan menyakiti dengan pendirian menipu indera, mencelakakan saraf, dan memberikan perasaan bengis kepada “sasarannya”.

Sihir itu tidak bisa memungkiri tabiat akan sesuatu, belaka bahkan akan menimbulkan satu tabiat baru. Seseorang yang terjangkit sihir, biasanya akan mengkhayalkan atau mengibaratkan dirinya sesuai kehendak sang penyihir.

Maka dari itu, Allah menanyakan umat-Nya untuk berlindung kepada-Nya dari kejahatan sihir ini.

  1. …dan dari kejahatan individu yang panas hati apabila dia dengki.

Dalam ayat kelima tersebut terdapat kata “dengki”, yaitu manah membenci nikmat Allah atas orang tidak dan terus-menerus menginginkan rahmat tersebut hilang berasal orang lain.

Apakah
Grameds
senggang penyakit alat penglihatan?

Ya, keburukan ain berhubungan dengan ayat kelima surah Al-Falaq ini.

Seseorang saat mutakadim n kepunyaan manah iri di privat hatinya akan berbuat apapun lakukan menciptakan menjadikan keinginannya, teragendakan membahayakan cucu adam lain.

Bahkan rukyah indra penglihatan bersumber seseorang yang sudah n kepunyaan perasaan sirik boleh mengakibatkan orang lain menjadi sakit, gila, hingga meninggal.

Maka mulai sejak itu, Sang pencipta selalu meminta kaum muslim lakukan terus-menerus memohon perlindungan kepada-Nya dari kejahatan anak adam dengki.  Allah dengan hidayah dan pemberian-Nya tentu saja akan memberikan pemeliharaan kepada mereka yang memohon.

tombol beli buku

Keutamaan Surah Al-Falaq

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa surah Al-Falaq ini bertindak bagi menerimakan proteksi (ta’widz )
kepada umat manusia yang sering melafalkan dan mengamalkannya plong vitalitas sehari-masa.

Sudahlah, berikut adalah keutamaan surah Al-Falaq bagi semangat umat muslim, yakni seumpama berikut:

1. Menjadi Pelindung semenjak Ki kebusukan

Surah Al-Falaq mengandung
ta’widz
yakni memasrahkan perlindungan kepada umat orang islam nan melafalkan dan mengamalkannya.

Karas hati tersebut dapat berasal berbunga manusia, iblis, sebatas binatang. Maka dari itu, Almalik SWT akan memberikan perlindungan bagi hamba-Nya nan senantiasa memohon perlindungan-Nya bermula kejahatan apapun.

Bahkan n domestik QS. Fushshilat ayat 36 lagi mengungkapkan bahwa apabila kamu diganggu oleh setan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah SWT karena Dia-lah yang Maha Mendengar sekali lagi Maha Mengetahui.

2. Andai Dzikir pada Pagi dan Petang

Surah Al-Falaq ini pasti saja dapat digunakan sebagai dzikir ketika pagi dan petang periode datang. Sesudah salat dini hari dan salat maghrib, umat muslim diharapkan membaca surah Al Ma’surat, surah Al-Nirmala sebanyak tiga bisa jadi, dan surah Al-Falaq ini sebanyak tiga mungkin.

InsyaAllah, dari dzikir tersebut akan memberikan ketentraman dan perlindungan kepada umat muslim.

tombol beli buku

3. Menghindarkan Komplikasi pada Anak

Menurut Pastor Musa Al-Kazhim, apabila koteng momongan dibacakan surah Al-Falaq dan An-Nas sebanyak tiga kali, beserta surah Al-Tulus sebanyak seratus kali pada lilin lebah masa, maka insyaAllah ki aib yang diderita akan sembuh.

Apabila seorang cukup umur yang sudah baligh dan mampu membaca Al-Quran, ketika membaca surah Al-Falaq ini maka dirinya akan dijaga makanya Halikuljabbar Azza wa Jalla sampai dirinya meninggal.

4. Menjadi Pengobat

Surah Al-Falaq termasuk pada surah-surah konservasi atau Al-Mu’awwidzat. Lebih-lebih dalam jurnal penelitian yang berjudul “Terapi Kesehatan Mental Menerobos Ayat-Ayat Nirmala Al-Alquran (Penelitian Kasus KH. Imam di Dusun Blajud)” yang ditulis oleh Suciniati ini mengekspos bahwa terdapat metode pengobatan ruqyah yang berupaya lakukan menyembuhkan seseorang dari suatu masalah dengan membacakan surah-surah Al-Quran, pelecok satunya adalah surah Al-Falaq.

tombol beli buku

Nah, itulah bacaan, terjemahan, makna, beserta keutamaan dari surah Al-Falaq. Perumpamaan umat muslim, kita diharuskan meminta pertolongan dan perlindungan hanya kepada-Nya. Saat malam hari tiba, umat mukmin dianjurkan bagi beribadah salat, dzikir, dan membaca Al-Quran supaya boleh terhindar pecah kejahatan pecah sosok apapun.

Mata air:

Surah Al-Falaq Diturunkan di Mekah Jumlah Ayat:5. Adverbia Fi Zhilalil-Qur’an XII.

Suciniati. (2021). Penyembuhan Kesehatan Mental Melangkahi Ayat-Ayat Suci Al-Quran (Studi Kasus KH. Imam di Dusun Blajud.
Jurnal Reflektika, Vol 14 (1).

Chodjim, Achmad. (2004). Al Falaq.
PT Serambi Mantra Semesta: Jakarta.

Baca Juga!

  1. Manfaat Membaca Al-Alquran
  2. Konotasi Al-Alquran dan Sejarahnya
  3. Keutamaan Menuntut Ilmu
  4. Doa Di Pagi Hari Privat Selam
  5. Syariat dan Keutamaan Salat Berjamaah
  6. Ratib Penenang Hati
  7. Bacaan Ayat Singgasana dan Keutamannya dalam Nyawa
  8. Berang Menurut Islam dan Larangannya dalam Hadis
  9. Niat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis
  10. Penyelenggaraan Cara Salat Dhuha dan Keutamaannya

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital mutakhir yang memandu konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mencampuri perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom batang kayu
  • Akses ke beribu-ribu buku semenjak penerbit berkualitas
  • Kemudahan kerumahtanggaan mengakses dan mengontrol taman pustaka Anda
  • Terhidang dalam platform Android dan IOS
  • Tersuguh fitur admin dashboard kerjakan mengintai laporan amatan
  • Siaran perangkaan konseptual
  • Permohonan lega dada, praktis, dan efisien

Source: https://www.gramedia.com/literasi/surah-al-falaq/

Posted by: gamadelic.com