Surah Al Baqarah Dan Terjemahan

Pecihitam.org
– Surah Al Baqarah (البقرة) adalah surah yang ke-2 di kerumahtanggaan Al Qur’an. Surah ini termasuk surah
Madaniyah
dan terdiri atas 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf. Merupakan surah nan memiliki total ayat terbanyak di intern Al Qur’an. Hanya pada tulisan ini sahaja akan membahas sekilas kata tambahan dan terjemahan Surah Al Baqarah ayat 1-5.


Pecihitam.org, dapat Istiqomah babaran artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan dabir dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Ia dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan timbrung mencecerkan artikel ini ke serokan-sungai buatan sosial ki alat engkau atau lebih-lebih kamu dapat ikut Berdonasi.



DONASI Sekarang

Al Baqarah sendiri artinya yakni Sapi Betina nan di dalam Surah ini terdapat cerita penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah SWT kepada Bani Israil (ayat 67-74).

Selain bernama Surah Al Baqarah, surah ini juga memilki keunggulan lain adalah Fustatul Qur’an (Puncak Al-Qur’an) karena di dalamnya memuat berbagai hukum yang tak ada disebutkan pada surah-surah nan lain.

Anda juga disebut sebagai surah Alif Lam Mim diambil dari ayat pertamanya yang hanya berisi tiga aksara yaitu Alif, Lam, dan Mim.

Isi, Terjemahan dan Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 1-5

Ayat 1
الم

Terjemahan: Alif laam miim.

Kata keterangan: (Alif, Lam, Mim) Allah SWT mengawali dengan huruf-huruf eja ini bakal menunjukkan mukjizat Al Qur’an, karena Al Qur’an disusun berpunca aliansi aksara-abc eja yang digunakan dalam bahasa nasion Arab seorang. Walau demikian, mereka enggak pernah mampu bikin mewujudkan rangkaian fonem-huruf itu menjadi seperti al-Qur’an. Huruf-huruf itu gunanya untuk menarik ingatan pendengarnya karena mengandung bunyi nan berirama.

Ayat 2
ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Terjemahan: Kitab (Al Alquran) ini enggak ada kecurigaan padanya; petunjuk untuk mereka nan bertakwa,

Tafsir: Inilah kitab yang model, adalah al-Qur’ân yang sudah lalu Kami turunkan. Orang-orang yang bernalar sehat lain akan dihinggapi rasa ragu bahwa al-Qur’ân diturunkan makanya Allah Swt. dan membenarkan barang apa-apa yang tercakup di dalamnya berupa hukum, kebenaran dan wahyu yang berguna bagi cucu adam-orang yang siap berburu kebenaran, menyingkir bahaya dan sebab yang menjurus kepada hukuman.

Ayat 3
الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Terjemahan: (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan
shalat, dan menafkahkan sebahagian makanan yang Kami anugerahkan kepada mereka.

Tafsir: Mereka itu ialah orang-anak adam nan percaya dengan tunak yang disertai dengan ketundukan dan pemasukan spirit kepada yang gaib–yaitu keadaan-kejadian nan tidak dapat ditangkap oleh panca indera, seperti malaikat dan periode kemudian, karena pangkal beragama adalah beriman kepada yang menguap–melaksanakan salat dengan benar, tunduk dan betul-betul kepada Allah. Dan basyar-orang nan menginfakkan sebagian dari apa yang dianugerakan maka itu Allah kepada mereka di jalan keefektifan dan kebajikan.

Ayat 4
وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

Tafsiran: dan mereka yang berkepastian kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab nan sudah lalu diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

Tafsir: Mereka beriman kepada al-Qur’ân nan diturunkan kepadamu, Muhammad, yang mengandung syariat dan kisah, dan melaksanakan yang diperintahkan. Mereka berkeyakinan kepada kitab-kitab Allah nan diturunkan kepada utusan tuhan-nabi dan nabi-rasul sebelummu seperti mana Tawrât, Injîl dan lain-lainnya, karena puas prinsipnya, risalah-risalah Allah itu satu. Dan ciri-ciri mereka adalah percaya dengan teguh akan datangnya perian kiamat, yaitu hari hisab, pembalasan dan hukuman.

Ayat 5
أُولَٰئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Interpretasi: Mereka itulah nan tetap mendapat ajaran bersumber Tuhan mereka, dan merekalah orang-sosok nan asian.

Tafsir: Mereka yang mempunyai ciri-ciri sifat seperti mana disebutkan yakni golongan yang telah dipersiapkan dan ditetapkan kerjakan memperoleh petunjuk ketuhanan. Mereka adalah amung golongan yang bakal mendapatkan kemenangan, pahala yang diharapkan dan didambakan, oleh sebab upaya dan kerja persisten mereka dengan melaksanakan semua perintah dan memencilkan segala larangan.

Demikian penjelasan singkat tentang Surah Al Baqarah khususnya Terjemahan dan Tafsir Surah Al Baqarah Ayat 1-5. Semoga signifikan

  • Author
  • Recent Posts

M Resky S

Source: https://pecihitam.org/surah-al-baqarah-ayat-1-5-tafsir-dan-terjemahan/

Posted by: gamadelic.com