Sumpah Pemuda Diikrarkan Di Jakarta Pada Tanggal

Kutuk Pemuda Diperingati Setiap 28 Oktober, Kenali Sejarah dan Isinya

VIVA – Perian Sumpah Pemuda di peringati setiap tanggal 28 Oktober. Dan tahun ini, Sumpah Pemuda diperingati sreg hari Kamis, 28 Oktober 2022.

Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Peserta Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota petatar berbunga seluruh indonesia. Atas inisiatif PPPI, badan legislatif tersebut dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi n domestik tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Laknat Pemuda.

Berkembar Pertama, di Gelar di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Rapat yang mula-mula, dilaksanakan pada Sabtu, 27 Oktober 1928, di Konstruksi Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Tanah lapang Banteng. Internal sambutannya, Soegondo berharap kongres ini boleh mempersendat spirit persatuan intern sanubari para pemuda.

Programa dilanjutkan dengan uraian Moehammad Jamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan teruna. Menurutnya, terdapat lima faktor yang bisa memperteguh persatuan Indonesia adalah sejarah, bahasa, syariat sifat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat Kedua, Dilaksanakan di Gedung OOST-JAVA BIOSCOOP

Rapat nan kedua dilaksanakan lega Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, dan membahas masalah pendidikan. Kedua pensyarah tersebut yaitu, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus berbahagia pendidikan kebangsaan, harus pula terserah keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di apartemen. Anak asuh juga harus dididik secara demokratis.

Source: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1417772-sumpah-pemuda-diperingati-setiap-28-oktober-kenali-sejarah-dan-isinya