Soal Ujian Bahasa Indonesia Sd

Latihan Soal UASBN Bahasa Indonesia

Kata sandang ini mandraguna soal-soal latihan UASBN bahasa Indonesia cak bagi kelas 6 SD dan juga pembahasannya.

Kamu setuju nggak takdirnya pelajaran bahasa Indonesia itu, menjadi riuk satu pelajaran yang patut musykil? Emang sih bahasa Indonesia itu bahasa nan selalu kita gunakan sehari-tahun. Tapi tapi tapiiiii, sering kelihatannya bahasa nan kita gunakan itu nggak efektif, atau nggak sesuai dengan cara bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia itu indah banget
lho
Squad kalau kita bisa menguasainya khusyuk. Dengan membereskan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, kita kaprikornus bisa takhlik goresan-goresan kisahan nan bagus dan menjujut.

Yaa barangkali aja kamu ada yang mau bintang sartan seperti mana sastrawan-sastrawan kita. Bisa bikin puisi yang indah, cerita fiksi nan lemak dibaca dan imajinatif, alias narasi-cerita dalam rajah lainnya.

Nah untuk menguasai bahasa Indonesia, kita harus banyak-banyak latihan
nih. Apalagi kalau ingin testing akhir sekolah. Lewat kata sandang latihan soal ini, kita membiasakan dan berlatih menjawab cak bertanya-soal bahasa Indonesia ayo.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

1. Topik:
Mengincar amanat tersurat bacaan

Parameter:
Pesuluh didik dapat menentukan informasi tersurat teks deskripsi

Bacalah pustaka di bawah ini!

Latihan soal 1


Informasi nan terdapat pada teks di atas adalah…

A. Gajah Asia adalah hewan darat terbesar di mayapada.

B. Gajah Asia telah dijinakkan selama ratusan tahun.

C. Gajah Asia dianggap sebagai varietas yang terancam punah dan masih keteter di alam liar.

D. Gajah Asia memiliki telinga nan sepan raksasa kerjakan mendengar dengan baik.

Jawaban:
D

Pembahasan:
Teks tersebut menginformasikan tentang gajah Asia. Pengetahuan nan ada pada paragraf pertama yaitu neko-neko sub spesies yang populer. Padahal laporan yang ada puas paragraf kedua yaitu menceritakan adapun bagian-adegan fisik hewan tersebut beserta fungsinya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat yaitu pilihan D.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

2. Topik:
Mengenali jenis teks

Parameter:
Peserta didik dapat mengenali macam bacaan narasi.

Bacalah gugus kalimat berikut ini!

Latihan soal 2


Jenis gugus kalimat tersebut ialah….

A. deskripsi

B. persuasi

C. kisahan

D. eksposisi

Jawaban:
D

Pembahasan:
Paragraf tersebut menceritakan suku Kajang nan terwalak di pedalaman Makassar tepatnya di Kabupaten Bulukumba yang sangat menaati resan Ammatoa dan memurukkan barang apa sesuatu yang berbau teknologi. Plong paragraf tersebut dijelaskan pula tentang peraturan adat nan main-main. Maka, sesuai dengan ciri dan tujuan teks tersebut, referensi tersebut termasuk dalam varietas eksposisi. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

3. Topik:
Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, rataan, watak tokoh)

Indeks:
Peserta didik dapat menentukan pelecok satu unsur intrinsik karya sastra nyata tokoh

Bacalah kisah di asal ini untuk menjawab pertanyaan berikut!

Latihan soal 3


Kalimat yang menunjukkan latar pada cerita “Si Pitung” merupakan…

A. Kelakuan Sang Pitung tidak disukai oleh zamindar dan jugan pemerintah Belanda.

B. Suatu sore Si Pitung melihat kelakuan anak buah Babah Liem nan sewenang-wenang. Babah Liem adalah empunya tanah di daerah tempat tinggal Si Pitung.

C. Anda cinta berpindah tempat sehingga pemerintah Belanda dan pula tuan tanah bukan bisa menangkapnya.

D. Dia berhasrat bakal mencuil pula hak yang sudah dicuri oleh pemilik persil.

Jawaban:
B

Pembahasan:
Rataan merupakan paparan tempat dan masa pada cerita. Bidang dibedakan menjadi dua, yaitu latar waktu dan bidang ajang. Kalimat yang tepat menunjukkan bidang pada kisahan tersebut adalah
Suatu petang Sang Pitung meluluk polah piadah Babah Liem yang adikara. Babah Liem adalah tuan tanah di kewedanan arena adv amat Sang Pitung.
Kalimat tersebut memuat informasi mengenai latar waktu (suatu sore) dan permukaan wadah (di daerah tempat tinggal sang Pitung). Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

4. Topik:
Menentukan makna pengenalan/simbol/kias

Parameter:
Peserta didik boleh menentukan makna dari suatu kiasan

Bacalah syair di bawah ini bagi menjawab soal nomer 23 sampai 24!

Aku bersujud kepadamu

Tuk memohon ampunanmu

Aku berdoa kepadamu

Tuk mengarapkan surgamu

Dikutip terbit: https://santaidamai.com/contoh-tembang

Intensi isi tembang tersebut yaitu…

A. Jika mengharapkan keindraan, maka laksanakanlah perintah Tuhan dan memohon ampunan.

B. Jika mengharap surga, maka bersedekahlah kepada fakir miskin.

C. Seandainya membandingbanding ibu bapak maka akan masuk neraka.

D. Memohon maaf Tuhan setelah melakukan kesalahan.

Jawaban:
A

Pembahasan:
Puisi tersebut merupakan syair agama nan berpetaruh bahwa apabila kita memimpikan surga, maka kita harus melaksanakan perintah Sang pencipta dan memohon absolusi. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat ialah pilihan A.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

5. Topik:
Memprediksi kejadian berdasarkan isi kisahan

Penanda:
Murid didik boleh memprediksikan suatu kejadian berdasarkan isi cerita

Bacalah teks berikut.

Latihan soal 5

Dampak yang akan terjadi jika masyarakat tetap membuang sampah di Kelihatannya Ciliwung adalah….

A. Boleh jadi Ciliwung menjadi bersih dan pembuatan trasportasi air segera terlaksana.

B. Umum bisa menikmati transportasi air yang direncanakan makanya Pemprov DKI Jakarta

C. Pembuatan transportasi air enggak dapat terwujud.

D. DKI Jakarta akan semakin macet.

Jawaban:
C

Pembahasan:
Referensi tersebut berisi tentang rang Pemprov DKI Jakarta bagi membuat transportasi air mudah-mudahan mengurangi kemacetan. Pemprov DKI Jakarta memulai pengerjaannya dengan pembersihan sampah di Mungkin Ciliwung. Propaganda tersebut tidak boleh terwujud apabila masyarakat tetap membuang sampah di Kali Ciliwung. Maka dari itu sebab itu, jawaban nan tepat adalah pilihan C.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

6. Topik:
Menyusun berbagai tanzil memperalat/ membuat sesuatu

Indikator:
Petatar didik bisa menyusun petunjuk acak prosedur membuat sesuatu

Perhatikan wahyu pembuatan jus jambu berikut ini!

Cara Menciptakan menjadikan Jus Jambu Segar

1. Kemudian tuang air ke  dalamnya lalu tambahkan gula pasir dan tetek kental manis secukupnya

2. Kupas kulit buah jambu yang telah menguning setakat steril

3. Jus jambu biji siap untuk dinikmati

4. Masukkan sekali lagi es gangguan nan sudah dihancurkan kedalam blender

5. Sesudah itu, jambu dipotong-runjam dengan ukuran sesuai selera

6. Blender dengan kecepatan sedang dan tunggu sebatas bersusila-ter-hormat kecil-kecil dan lembut

7. Masukkan potongan jambu ke dalam blender

8. Tuang ke dalam gelas suguhan sambil sambil disaring kendati jus jambu lebih halus lagi

Urutan yang tepat lakukan membuat jus jambu segar adalah….

A. 2 – 1 – 4 – 7 – 5 – 6 – 8 – 3

B. 2 – 7 – 4 – 6 – 1 – 3 – 8 – 5

C. 2 – 5 – 7 – 1 – 6 – 4 – 8 – 3

D. 2 – 5 – 7 – 1 – 4 – 6 – 8 – 3

Jawaban:
D

Pembahasan:
Petunjuk pembuatan harus disusun dengan urutan yang baik. Apabila diurutkan dengan urutan nan baik maka akan memudahkan seseorang untuk membaca teks petunjuk tersebut. Urutan yang tepat untuk menciptakan menjadikan jus jambu adalah 2 – 5 – 7 – 1 – 4 – 6 – 8 – 3. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

7. Topik:
Melengkapi bineka variasi teks

Indeks:
Pelajar bimbing dapat melengkapi suatu bacaan iklan

Baterai Idol

ini solusinya

1. Baterai sira caruk error?

2. Cepat lowbat?

3. Ini solusinya!

4. Kapasitas tinggi!

5. Tidak mudah gembung!

6. Uji coba produk kami selama 7 perian

7. Tunggu segala apa lagi?

8. …

Kalimat yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut yaitu…

A. Mari dapatkan aki idol saat ini juga.

B. 100% garansi dijamin pembeli.

C. Lampu senter idol n kepunyaan warna mengganjur.

D. Kualitas baterai idol adv minim memuaskan.

Jawaban:
A

Pembahasan:
Dalam membuat kalimat iklan harus menarik, jelas, singkat. Pemasangan iklan sepatutnya pembeli terpikat atas barang nan ditawarkan,maka itu karena itu kalimat nan tepat bakal melengkapi iklan tersebut merupakan substansial kalimat ajakan. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat yaitu pilihan A.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

8. Topik:
Memperbaiki penyelenggaraan kalimat dalam paragraf

Penanda:
Murid didik dapat memperbaiki tata kalimat n domestik paragraf

Aku sangat senang sekali mengaji buku. Kadang-kadang karena keasyikan mendaras, aku tak mendengar kutub nan berbicara kepadaku. Oleh karena itu aku dijuluki “sang kutu buku”. Aku tak murka dijuluki seperti itu. Kata ibu kutu buku itu artinya orang yang lalu senang mendaras gerendel.

Perbaikan yang tepat pada kalimat mula-mula gugus kalimat di atas adalah…

A. Aku sangat senang mendaras gerendel.

B. Saking asyiknya membaca aku sampai tidak fokus.

C. Aku dijuluki dengan nama “si kutu buku”

D. Tuma buku yaitu orang yang sanfat demen membaca buku.

Jawaban:
A

Pembahasan:
Kalimat pertama pada paragraf tersebut tidak efektif karena pemakaian kata
sangat
dan
senang sekali
karena keduanya menunjukkan maksud nan ekuivalen. Perbaikan yang tepat agar menjadi kalimat efektif merupakan
aku sangat demen mengaji buku.
Oleh sebab itu, jawaban yang tepat yaitu pilihan A.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

9. Topik:
Memperalat huruf angka

Indikator:
Peserta didik dapat menggunakan keunggulan baca yang tepat

Kalimat berikut yang menggunakan tanda koma dengan bersusila adalah…

A. Toko kue, dan toko sayur letaknya berkembar.

B. Aisyah, Fatimah, dan Khadijah belajar bersama.

C. Ibu menghindari ke pasar bakal berbelanja buah duku, gonggongan anjing dan menggusta.

D. Adik menabung sebesar Rp. 150,000

Jawaban:
B

Pembahasan:
Logo koma (,) digunakan di antara unsur-molekul internal suatu perincian. Pada sortiran jawaban tersebut yang minimal tepat merupakan Aisyah, Fatimah, dan Khadijah belajar bersama. Pilihan A tidak tepat karena perincian hanya terdiri dari dua molekul sehingga bukan memerlukan merek koma (,). Pilihan B tidak tepat karena lain terdapat tanda koma (,) sebelum prolog
dan. Pilihan D kembali lain tepat karena pada penulisan nominal uang; bagi menunjukkan beribu-ribu memperalat tanda titik (.) tak tera koma (,).Oleh sebab itu, jawaban yang tepat ialah sortiran B.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

10. Topik:
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan

Indikator:
Peserta asuh dapat mengoreksi kesalahan pendayagunaan ejaan pada kalimat

Syafa membeli obat di
apotik
dengan menggunakan resep dokter.

Perbaikan kata yang dicetak lebat di atas adalah….

A. apotik

B. apotic

C. avotek

D. apotek

Jawaban:
D

Pembahasan:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia penulisan kata apotik yang tepat yaitu apotek. Maka itu sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Separator latihan soal UASBN Bahasa Indonesia

Gimana? Mudah nggak? Pastinya anda langsung dapat paham deh sama pertanyaan dan pembahasannya. Ataau masih suka-suka yang dibingungin? Tenang-senyap, sebenernya kamu bisa lho menguasai cak bimbingan bahasa Indonesia dengan banyak pelajaran.

Kamu bisa cak bimbingan sambil menonton video pembelajaran, terlebih videonya ada kartun eksemplar-contohnya, terus suka-suka pengajar yang enak banget jelasinnya. Kalau anda ingin mendapatkan pembelajaran model sebagaimana itu, beliau boleh cak kenapa dengan berlanggaran

ruangbelajar
. Beliau dahulu
download
petisi ruangguru, terus berlangganan deh. Terpangkal asik banget.





ruangbelajar


Source: https://www.ruangguru.com/blog/latihan-dan-pembahasan-soal-uasbn-bahasa-indonesia-sd-kelas-6

Posted by: gamadelic.com