Sifat Sifat Wajib Bagi Allah

Pada tahapan usia tertentu, biasanya anak-anak akan mulai mempersoalkan eksistensi Tuhan. “Allah itu kayak segala sih, Bunda? Allah tinggalnya di mana sih?” Itu baru segelintir rasa penasarannya tentang Allah. Nah, untuk memahamkan sang mungil, penting bagi


Parents


membekali mereka dengan publikasi terkait sifat mesti dan mustahil bakal Tuhan.

Allah sebagai Yang mahakuasa memiliki sifat-aturan yang menunjukkan kesempurnaan-Nya, sifat-sifat Yang mahakuasa inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan sifat wajib bagi Allah. Lantas, apa saja ya nan termasuk rasam tersebut? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini yang disarikan dari laman


GoMuslim

.

20 Sifat Perlu Allah dan Artinya yang Harus Diketahui

Berikut ini penjabaran 20 sifat-sifat Allah atau sifat wajib Allah beserta artinya dan karangan Arabnya lengkap!

1. Wujud, Aturan Teristiadat Halikuljabbar yang Berhubungan dengan Dzat-Nya

sifat wajib Allah

Allah SWT memiliki sifat wujud (ﻭُﺟُﻮْﺩ) nan bermanfaat ada. Maksudnya yakni bahwa Allah SWT cak semau dengan zat-Nya seorang, dan Allah ada lain karena ada nan mengadakan alias nan menciptakan. Keadaan ini sebagaimana tercermin dalam Al Quran:


“Selayaknya Rabb engkau merupakan Sang pencipta yang telah menciptakan langit dan bumi dalam heksa- masa, lalu Kamu beralamat di atas Arsy. Dia menutupkan lilin batik kepada siang nan mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya juga) matahari, bulan dan bintang-bintang (saban) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintahkan hanyalah hak Allah. Maha lugu Almalik, Rabb segenap pataka.“ (Al-A’raaf ayat 54)

2. Qidam

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Qidam (ﻗِﺪَﻡْ) artinya zat nan terdahulu. Sebagai penyusun, Allah karuan sahaja ada bahkan dahulu ketimbang segala apa yang Ia ciptakan, seperti jagat beserta isinya. Sifat Terlazim Allah ini menjelaskan bahwa bukan cak semau permulaan bakal Allah, karena Dia adalah Si Maha penggubah.

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Nan Zhahir dan Nan Bathin dan Dia Maha Mengetahui barang apa sesuatu.” (Al-Hadiid ayat 3)

3. Baqa, salah satu berpokok sifat-aturan Yang mahakuasa yang menunjukkan kekekalan

sifat wajib Allah

Allah memiliki aturan baqa’ (ﺑَﻘَﺎﺀِ) yang berarti kekal. Maksudnya adalah bahwa abadiah nan dimiliki oleh Halikuljabbar SWT sebagai pencipta langit dan mayapada tidak akan koalisi bercerai atau berkesudahan.

Lain halnya dengan makhluk alias segala benda di bendera semesta nan suatu momen akan mengalami kebinasaan.

Semua yang cak semau di bumi itu akan binasa. Dan tetap kekal Tampang Rabbmu yang mempunyai jalal dan izzah.”
(Ar-Rahman ayat 26-27)

4. Mukhalafatuhu lilhawadits

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Mukhalafatuhu lilhawadits (ﻣُﺨَﺎﻟَﻔَﺘُﻪُ ﻟِﻠْﺤَﻮَﺍﺩِﺙِ)

merupakan aturan teristiadat lakukan Sang pencipta ini memiliki arti bahwa Halikuljabbar farik dengan ciptaan-Nya.

Kebiasaan ini sudah jelas menunjukkan bahwa Almalik ibarat Yang Maha Penggarap memiliki perbedaan dengan segala-apa yang Dia ciptakan, sehingga lain terserah suatu makhluk pun yang berpunya menyerupai-Nya.

(Dia) Pencipta langit dan bumi. Engkau menjadikan bagi kamu dari spesies kamu sendiri pasangan-kebalikan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (lagi), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tak terserah sesuatu pula nan serupa dengan Beliau, dan Ia-lah Yang Maha Mendengar juga Maha Mematamatai.” (Asy-Syura ayat 11)

5. Qiyamuhu Binafsihi, Aturan Wajib Allah yang Menunjukkan Kesempurnaan-Nya

sifat wajib Allah

Sifat terlazim Qiyamuhu Binafsihi (ﻗِﻴَﺎﻣُﻪُ ﺑِﻨَﻔْﺴِﻪِ) artinya ialah meleleh seorang. Allah itu ada dengan sendirinya minus cak semau nan mengadakan maupun menciptakan. Selain itu, dalam menciptakan makhluk-makhluk-Nya, Tuhan tidak membutuhkan bantuan dari makhluk apapun.

Selayaknya Allah benar-benar Maha Kaya (enggak memerlukan sesuatu) dari pan-ji-panji sepenuh.” (Al-Ankabut ayat 6)

6. Wahdaniyat

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Wahdaniyat (ﻭَﺣْﺪَﺍﻧِﻴَﺔِ) merupakan aturan wajib untuk Allah yang artinya Esa ataupun tunggal. Maksudnya adalah bahwa Allah SWT yakni Tuhan Yang Maha Esa, baik itu kerumahtanggaan hal sifat, dzat, ataupun perbuatannya. Dan jika Tuhan itu terserah yang mengembalikan atau lebih berpunca satu, maka alam sepenuh ini akan hancur, karena tentu sekadar akan terjadi berbagai perbedaan di antara kedua-Nya.

Artikel tercalit:
Kelebihan Mengajarkan 99 Asmaul Husna Beserta Artinya kepada Anak

7. Qudrat

sifat wajib Allah

Rasam wajib Qudrat (ﻗُﺪْﺭَﺓِ) bagi Sang pencipta memiliki fungsi berkuasa, maksudnya ialah bahwa Halikuljabbar SWT mempunyai yuridiksi nan mutlak atas segala sesuatu tanpa ada batasan, jadi apabila Tuhan SWT sudah lalu berkehendak, maka tidak ada satu sekali lagi yang bisa menghalangi-Nya.


“Jikalau Halikuljabbar menghendaki, niscaya Dia menghapuskan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berwajib atas segala sesuatu.” (Al-Baqarah ayat 20)

8. Iradat

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Allah SWT mempunyai adat Iradat (ﺇِﺭَﺍﺩَﺓِ) yang artinya berkehendak, sementara itu kebalikannya nan yaitu rasam bukan-bukan bagi allah adalah Karahah nan berarti terpaksa (bukan berkemauan).

Sesungguhnya perintah-Nya, apabila Kamu menghendaki sesuatu, hanyalah bercakap kepadanya: ‘Jadilah!’, maka terjadilah dia.” (Yasiin ayat 82)

9. Ilmun

sifat wajib Allah

Ilmun (ﻋِﻠْﻢٌ) yaitu sifat nan artinya yakni mengetahui, dan Halikuljabbar mustahil memiliki sifat Jahlun yang artinya bodoh. Makna dari kebiasaan Allah Ilmun adalah bahwasannya proklamasi nan dimiliki maka itu-Nya adalah tidak invalid dan tidak pula dibatasi.

10. Hayat, Merupakan Kebiasaan Wajib Almalik

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Allah kembali punya sifat Usia (ﺣَﻴَﺎﺓْ) yang artinya nyawa, dan Allah bukan-bukan mempunyai sifat maut yang berarti mati atau binasa. Beliau adalah Tuhan Yang Maha Transendental, dimana Sira berkecukupan hidup dengan dzat-Nya sendiri, dan tak ada satupun yang menghidupkan-Nya.


“Allah, tidak ada Allah (yang berwenang disembah) melainkan Sira Yang Hidup kekal pula terus menerus mengurus (cucu adam-Nya). Tidak menubruk dan tidak tidur. Peruntungan-Nya apa yang di langit dan di bumi.
(Al-Baqarah ayat 255)

11.  Separas’

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Halikuljabbar memiliki sifat wajib Selaras’ (ﺳَﻤَﻊْ) nan artinya mendengar. Tuhan bernas mendengarkan setiap suara miring yang ada di alam semesta ini dan tidak ada satu suara lagi yang berlambak copot terbit pendengaran Tuhan, meskipun suara itu hanya berupa bisikan.

“Katakanlah: “Kok beliau menyembah selain tinimbang Sang pencipta, sesuatu yang tidak boleh menjatah mudharat kepadamu dan tidak (pula) membagi manfaat?” Dan Allah-lah Nan Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Maidah ayat 76)

12. Basar, Bak Sifat Terlazim Allah

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Pengenalan Basar (ﺑَﺼَﺮ) signifikan meluluk, di mana Allah SWT mampu melihat segala sesuatu yang ada di dunia semesta ini, baik kecil maupun lautan, baik terlihat ataupun tak tampak. Dan penglihatan Allah tidaklah terbatas maupun boleh dibatasi makanya sesuatu sekali lagi. Sebagaimana firman-Nya:

Dan Yang mahakuasa Maha Melihat apa nan ia perbuat.” (Al-Baqarah ayat 265)

Kata sandang terkait:
Parenting Islami : Mengajak Anak Mengenal Allah

13. Kalam

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Sifat wajib untuk Allah yang lainnya adalah Butuh (ﻛَﻼَ ﻡْ) nan bermakna berbicara ataupun berfirman. Allah memiliki sifat titit yang begitu sempurna, sehingga Allah mampu berbicara tanpa harus menunggangi sambung tangan n domestik bentuk apapun.

Dan ada beberapa utusan tuhan yang telah Kami kisahkan mereka kepadamu sebelumnya, dan terserah bilang nabi (tak) yang tidak Kami kisahkan mereka kepadamu. Dan kepada Musa Halikuljabbar telah berujar secara bertepatan.” (An-Nisa’ ayat 164)

14. Qadiron

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Sang pencipta SWT itu tidaklah lemah, dimana Engkau adalah penguasa atas seluruh makhluk dan ciptaan-Nya secara mutlak. Inilah yang dimaksud dengan kebiasaan wajib untuk Halikuljabbar Qadiron (ﻗَﺎﺩِﺭًﺍ) nan artinya berkuasa.

Kalau Allah menuntut, niscaya Sira mengabaikan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Yang mahakuasa berwenang atas segala sesuatu.”
(Al-Baqarah ayat 20)

15. Muriidan

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Sifat Murridan (ﻣُﺮِﻳْﺪًﺍ) mempunyai arti berkehendak. Allah SWT merupakan Dzat yang Maha berkehendak atas segala sesuatu, dan apabila Allah sudah lalu berkehendak, maka yang dikehendaki-Nya tersebut pastilah akan terlampiaskan.

16. ‘Aliman

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Kata ‘Aliman (ﻋَﺎﻟِﻤًﺎ) berarti memafhumi. Yang mahakuasa merupakan Dzat yang maha mengetahui segala keadaan nan telah terjadi ataupun yang belum terjadi, termuat isi hati ataupun perasaan berpokok ciptaan-Nya.

Halikuljabbar menerangkan (syariat ini) kepadamu, supaya ia tak sesat. Dan Allah Maha Memahami segala sesuatu.” (An-Nisa ayat 176)

17. Hayyan

sifat wajib Allah

Perkenalan awal Hayyan (ﺣَﻴًّﺎ) berarti hidup. Allah SWT itu adalah Dzat yang hidup, Ia tidak relasi sirep, tidak pernah tidur, lengah maupun segala hal yang menjadi kebiasaan ciptaan-Nya.

Dan bertawakkallah kepada Tuhan Yang Kehidupan, yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan nah Dia Maha Mengetahui dosa hamba-hamba-Nya.” (Al-Furqon ayat 58)

18. Sami’an, Merupakan Rasam Wajib Allah

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Sreg hakikatnya, sifat terbiasa lakukan Allah sami’an (ﺳَﻤِﻴْﻌًﺎ) yang artinya mendengar memaknai bahwa Allah SWT adalah Dzat yang punya pendengaran yang abstrak, enggak suka-suka batasan dan tiada situasi nan dapat membatasinya.

19. Bashiiran, riuk satu sifat-resan Tuhan yang menjelaskan bahwa Almalik Maha Melihat

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Halikuljabbar SWT merupakan Dzat yang ki berjebah melihat segala keadaan nan suka-suka di duaja segenap ini minus adanya batasan. Ini merupakan resan wajib bikin Almalik yaitu Bashiiran (ﺑَﺼِﻴْﺭًﺍ) yang berfaedah melihat. “Senyatanya Yang mahakuasa mengarifi apa yang ghaib di langit dan di marcapada. Dan Maha Melihat apa yang engkau untuk.” (Al- Hujurat ayat 18)

20. Mutakalliman, Salah Satu Sifat Wajib Allah

20 Sifat Wajib Allah Beserta Maknanya untuk Diajarkan kepada Anak

Arti sifat wajib bagi Sang pencipta mutakalliman (ﻣُﺘَﻜَﻠِّﻤًﺎ) adalah merenjeng lidah, di mana Allah SWT mampu berkata atau berfirman di dalam kitab-kitab yang Dia turunkan kerjakan para utusan-Nya. Dan sangatlah mustahil kerjakan Allah cak bagi berkarakter abkam nan artinya bisu.

****


Parents

, itulah 20 aturan wajib Halikuljabbar yang harus diketahui. Sudahlah, apakah 20 sifat teradat tersebut membatasi kesempurnaan Tuhan? Tentunya enggak, sifat wajib merupakan rasam-resan buku kesempurnaan Allah yang tidak terbatas jumlahnya.

Baca juga:

id.theasianparent.com/mukjizat-rasul-musa

id.theasianparent.com/narasi-nabi-ibrahim

id.theasianparent.com/saat-anak-bertanya-akan halnya-allah

Parenting bikin pusing? Yuk pertanyaan langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan kembali expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/sifat-wajib-allah

Posted by: gamadelic.com