Siapa Yang Menciptakan Lagu Halo Halo Bandung

Liputan6.com, Bandung –
Lagu perjuangan ‘Halo-Halo Bandung’ menjadi lagu yang kerap dinyanyikan masyarakat Indonesia sebatas momen ini. Tentu hanya lagu ini mengingatkan pada peristiwa Bandung Lautan Jago merah pada 23-24 Maret 1946.

  • Bandung Raksasa Api 1946: Nyawa Perlawanan Rakyat Indonesia Menolak Hadis Penjajah
  • Jejak Ledakan Pakus Mesiu Target Pejuang Bandung Lautan Api
  • Bandung Segara Api dan Teka-teki Pembentuk Halo-Halo Bandung

Ihwal terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api ditengarai maka dari itu sikap pejuang Indonesia membalas dengan sengaja menyalakan rumah dan bangunan di penjuru wilayah selatan ii kabupaten Bandung sebelum mereka menjauhi kota pada 24 Maret 1946.

Area Bandung dikosongkan dan dibumihanguskan seharusnya wilayah tersebut tidak sampai dimanfaatkan bak markas tentara Sekutu dan NICA (Belanda).

Jikalau menyimak versi semula pecah lirik lagu ‘Hallo Bandung’ sebenarnya lagu ini lahir sebagai ungkapan rasa ribang yang romantis, lain dimaksudkan sebagai lagu perjuangan.

Halo, halo Bandung, ibu kota Periangan

Halo, halo Bandung, kota kenang-kenangan

Sudah lama beta tidak berjumpa dengan kau

Sekarang mutakadim menjadi lautan api

Yuk bung renggut juga

Sejumlah mata air bahkan menyebutkan liriknya berangkat bermula kisahan Ismail Marzuki yang luang mengungsi ke Bandung bersama istrinya, Eulis Zuraidah demi meninggalkan penguasaan tentara Inggris dan Belanda di Jakarta.

Sayangnya, tak lama pasca- mereka bermukim di Bandung, berpangkal ultimatum berpunca pihak Inggris yang memerintahkan pihak armada pejuang Indonesia bikin taajul meninggalkan kota kembang ini.

Kemudian, pihak pejuang Indonesia melawan dengan sengaja menggalakkan rumah dan gedung di penjuru wilayah selatan kota Bandung sebelum mereka meninggalkan kota pada 24 Maret 1946. Kejadian ini sekali lagi dikenal misal Bandung Samudra Api .

Ismail dan istrinya lagi kembali ke Kota Batavia. Namun kenangan indah sejauh menetap di Bandung cerbak melekat dalam ingatannya.

Peristiwa tersebut mendorongnya cak bagi menciptakan lagu berbudi Sunda dengan judul ‘Hallo Bandung’. Tak saja itu, ia juga menciptakan beberapa lagu lainnya sama dengan, “Bandung Kidul di Waktu Lilin batik” dan “Saputangan berusul Bandung Selatan”.

Kejadian Bandung Lautan Jago merah mengilhami Ismail Marzuki beserta para pejuang Indonesia saat itu untuk mengingkari dua baris bontot dari lirik lagu ‘Hallo Bandung’ menjadi lebih patriotis dan menggelorakan arwah perjuangan.

Segera setelahnya, lagu Halo-Halo Bandung menjadi sangat dikenal dan menjadi salah satu lambang tangkisan kemerdekaan Indonesia menimpali kolonialis.

Di sebelah lain, biar lagu adapun tanah Sunda, kita akan menemukan pengenalan “beta” n domestik lirik lagu tersebut. Suka-suka yang mengistilahkan bahwa kata “beta” intern lagu ini diambil dari bahasa daerah Ambon, Maluku, nan berjasa “saya”. Namun, ada pula yang mengatakan “beta” mulai sejak dari bahasa Jawi.

Sahaja, selain versi tersebut, sampai saat ini masih suka-suka orang meragukan lagu itu diciptakan Ismail Marzuki. Alasannya, lazimnya lagu-lagu yang diciptakan Ismail Marzuki berirama renik dan emosional, tentatif lagu ‘Halo-halo Bandung’ berirama cepat dan heroik.


*** Kerjakan mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata muslihat yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini


* Fakta atau Hoaks? Bakal mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata trik yang diinginkan.

Source: https://www.liputan6.com/regional/read/4919199/peristiwa-bandung-lautan-api-dan-misteri-pencipta-lagu-halo-halo-bandung