Siapa Nama Bapak Pramuka Sedunia

Jakarta

Baden Powell untuk sebagian penggiat Pramuka di seluruh dunia memang lain asing. Sosoknya dikenal sebagai Bapak Pramuka Dunia.

Lantaran jasanya bagi perkembangan Pramuka, tanggal kelahiran Baden Powell, yaitu 22 Februari dijadikan Hari Pramuka Sedunia.

Lalu kali Baden Powell? Bagaimana jasanya kerumahtanggaan kepramukaan? detikcom merangkum informasinya berikut ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Biografi Baden Powell

Robert Baden-Powell bersama anak-anak pramuka. (AFP)Robert Baden-Powell bersama anak-momongan pramuka. (AFP)

Melansir laman Scout.org, berikut profil Baden Powell:

  • Tera lengkap: Robert Stephenson Smyth Baden-Powell
  • Tanggal lahir: London, 22 Februari 1857
  • Anak 8 berpangkal 10 bersanak

Ayah Baden Powell yang yakni profesor Perkumpulan Oxford meninggal ketika dirinya berusia 3 tahun. Ibunya Henrietta Powell pun harus membesarkan 10 anaknya sendirian.

Pendidikan awal Baden Powell diberikan sambil oleh sang ibu. Lalu beliau mendapatkan beasiswa di Charterhouse School, sekolah minimum bergengsi di Inggris yang didirikan pada 1611.

Di Charterhouse, kohesi kepada alam seorang Baden Powell mulai kelihatan. Dia sayang menghindari ke hutan sekitar sekolah serempak mencari satwa liat, bahkan pernah juga menangkap dan memasak kucing belanda.

Saat libur, Baden Powell dan saudara-saudaranya bosor makan berpetualang bersama. Suatu hari mereka pergi berlayar di selingkung pantai daksina Inggris. Kawin lagi mereka menyadau menyusuri Sungai Thames.

Karir Militer Baden Powell

Baden Powell memang tidak dikenal sebagai salah satu anak nan paling berpikiran akademis, semata-mata kamu berhasil lolos ujian masuk tentara dan bakir di urutan kedua dari beberapa ratus pelamar.

Setelah itu, Baden Powell ditugaskan langsung ke Hussars ke-13, melewati pelatihan perwira yang yakni rute halal ke resimen kavaleri. Sira kemudian menjadi Kolonel.

Pada 1876, Baden Powell bertugas di India. Perwira muda angkatan darat itu mengecualikan kesigapan n domestik kepramukaan, pembuatan peta dan pengintaian, dan mulai melatih prajurit lain.

Dari India, Baden Powell pula harus pergi ke Balkan, Afrika Kidul dan Malta. Keterampilannya membuat Baden Powell memperoleh gelar Letnan Jenderal pasca pulang mulai sejak Afrika. Seumpama Letjen, dia bertugas sebagai komandan garnisun Inggris nan mempertahankan kota Mafeking menimbangi selingkung 5.000 laskar Boer sepanjang 217 periode sebatas bala bantuan alhasil berangkat. Dari situlah keterampilan kepanduan Baden Powell kian terasah.

Puas 1903, Baden Powell diangkat sebagai pahlawan nasional karena kemampuannya saat perang Boer. Buku pekerjaan nan dia tulis ‘Aids to Scouting’ bikin para bala justru digunakan makanya para pemimpin remaja dan guru di seluruh distrik lakukan mengajar observasi dan kerajinan kayu. Dari danau nama seorang Baden Powell terkenal sampai diundang ke berbagai pertemuan dan rapat umum di seluruh Inggris.

Baden Powell berperan berarti seumpama penggagas mulanya pramuka di seluruh dunia. Simak seutuhnya di pekarangan selanjutnya.

Source: https://news.detik.com/berita/d-5953164/baden-powell-dijuluki-bapak-pramuka-dunia-ini-profilnya

Posted by: gamadelic.com