Sejarah Kereta Api Di Dunia


kereta apiPerkakas transportasi kereta modern menginjak berkembang seiring dengan jalan distribusi industri, ekspansi, dan perpindahan berpangkal suatu ajang ke panggung lain. Kereta hijau digunakan secara massal sejak 200 hari lalu. Namun, penemuannya terjadi jauh sebelum itu semua. Kereta sederhana sebagai alat transportasi sudah mulai digunakan seputar 2000 musim yang dahulu oleh mahajana di peradaban Mesir kuno, Babylonia dan Yunani. Saat itu radas transportasi untuk membawa penumpang dan barang masih dilakukan menggunakan gerobak yang ditarik oleh sato (kebanyakan kuda atau sapi). Seiring perkembangan, para juru menginjak menciptakan bentuk roda nan bulat untuk mengurangi tanggung detik pengangkatan, saat itu besikal dibuat berpunca bahan kayu. Untuk mengaktifkan cara hijau bertransportasi, mereka kemudian membangun jalan. Kotoran-sisa arkeologi pembangunan ini masih bisa ditemukan di Italia dan Yunani. Keseleo satu arketipe yang paling terkenal adalah batu kuno ki terpaku “wagonways” nan bisa ditemukan di Isthmus berasal Corinth, Yunani.

Puas abad ke-18, setiap tambang di Inggris mempunyai jaringan kereta api sederhana sendiri, dengan kuda sebagai tenaga penarik kereta kuda semenjak makdan ke pabrik. Persilihan kembali datang puas tahun 1774 setelah James Watt memperkenalkan penemuan mesin uap stasioner pertamanya ke seluruh marcapada. Kemuadian pada tahung 1800-an sejumlah teknikus uap berakibat memodifikasi mesin uap rancangan Watt, dengan merancang ruang bertekanan hierarki non-kondensasi yang memungkinkan mesin untuk mengkonversi lebih banyak energi uap menjadi energi teknisi.

Mesin uap pertama mulai dioperasikan di sepanjang rel primitif pada perian 1804. Saait itu Matthew Murray berbuntut mengutarakan lokomotif sederhana pertama, Tetapi perhatian publik malah lebih banyak terpaku lega Richard Trevithick nan berhasil menciptakan “Penydarren”, sebuah lokomotif yang menjujut bahara sepadan 25 ton dan 70 orang. Kereta api dipergunakan secara komersial pada intiha 1820-an, George Stephenson nan berkebangsaan Inggris ketika itu memenangkan kejuaraan dengan desain lokomotif uapnya. Sejak saat itu, api kepala kereta api uap menyebar dengan cepat hingga ke Amerika.

Pada dekade pertama penyebaran lokomotif uap, para insinyur di London berangkat merencanakan untuk membangun rel sepur antar kota dan terowongan bawah petak. Babak pertama dari proyek ini sekarang dikenal dengan “London Underground” yang mulai dibangun pada tahun 1863. Walaupun mengakui banyak ganjalan karena gas di terowongan, pembangunan landasan kereta api ini tetap diteruskan hingga  1890. Masa kejayaan kereta uap berakhir ketika seluruh armada kereta di London mulai menunggangi mesin listrik. Eksploitasi kereta listrik ini membubuhi cap tadinya dari era baru sistem perkeretaan melalui transit perkotaan yang cepat, dan jalan radiks lahan berangkat unjuk di seluruh penjuru dunia.

Keadaan lain nan sangat penting dalam rekaman kereta adalah pembukaan mesin Diesel, yang juga membawa lokomotif uap cak bagi tutup arwah. Sesudah perang marcapada ke-2, mayoritas negara di bumi berangkat meninggalkan lokomotif uap dan beralih puas mesin berbahan bakar diesel yang lebih handal. Mesin diesel yang dikombinasikan dengan nan listrik memungkinkan terciptanya kereta terbaik kedua dunia, pasca- kereta listrik. Kini kereta tercatat membawa makin dari 40% barang di seluruh dunia dan mendistribusikannya antar kota, negara, dan benua.

Source: https://kereta-api.info/sejarah-asal-usul-kereta-api-di-dunia-3633.htm

Posted by: gamadelic.com