Sebutkan Macam Macam Lapisan Atmosfer

5 Spesies Saduran Angkasa luar Bumi, Karakteristik, Kekuatan & Ketinggiannya | Geografi Kelas bawah 10

Macam-Macam Lapisan Atmosfer Bumi, Karakteristik & Fungsinya

Melampaui artikel Geografi kelas 10 ini, engkau akan mempelajari tentang salutan-lapisan atmosfer dunia dan masing-masing karakteristik sampai fungsinya. Ada troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer), dan eksosfer. Yuk, cari tahu lebih lanjut di artikel ini!



Apakah kamu sempat barang apa itu aurora?
Princess
Aurora? Bukan, bukan aurora yang itu, ya.

Aurora adalah
gejala alam berupa kirana nan bergembira sani di langit intern berbagai warna. Aurora yang belalah terlihat merupakan mentah remaja dan
pink, tapi kadang tertentang juga nan berwarna biram, kuning, hijau, dan spektakuler biarpun hanya sesekali. Aurora ini terjadi di salah satu lapisan atmosfer bumi, yaitu di lapisan
ionosfer.

nama lapisan atmosfer bumi dan ketinggiannya

Ngomong-ngomong
soal ruang angkasa, kelihatannya yang masih ingat ruang angkasa itu barang apa?
Angkasa luar
adalah
lapisan asap
atau peledak yang
menyelubungi mayapada. Atmosfer memiliki ketebalan seputar
± 1.000 km
. Nggak belaka marcapada lho, yang mempunyai saduran atmosfer,
planet-planet lain juga punya
lapisan
atmosfernya seorang.

Atmosfer bumi terdiri dari lapisan-lapisan dengan
karakteristik yang berbeda-selisih. Berbarengan menghafal pelajaran Fisika tentang atmosfer waktu kelas bawah 7 lampau, kita bahas lebih jauh aja
yuk
tentang karakteristik lapisan-salutan atmosfer marcapada!

1. Troposfer

Salutan troposfer adalah lapisan yang
berbimbing serta merta dengan permukaan bumi
dan yaitu
tempat terjadinya gejala atau situasi nur
,
sama dengan hujan angin, kilangangin kincir, dan topan. Tinggi troposfer farik-beda.
Tinggi rata-rata
lapisan troposfer dari mayapada yaitu
12 km, tapi di khatulistiwa ketinggiannya dapat sampai ke 16-18 km, sedangkan di daerah kutub hanya 8 km.

Sreg troposfer berlaku
hukum


Gradient Thermic

.
Apa itu
Gradient Thermic?
Gradient Thermic
adalah setiap ketinggiannya naik 100 m berpangkal parasan bumi, maka suhunya akan menurun sekitar 0,6oC.
Lapisan paling kecil atas
semenjak troposfer namanya
tropopause
dan berjarak 8-12 km di atas latar bumi. Tropopause ini membatasi troposfer dengan lapisan di atasnya yaitu stratosfer.

Baca Juga: Mari, Kenalan dengan BMKG, Bentuk Penyedia Data Cuaca dan Iklim di Indonesia

Ciri-Ciri Troposfer

Lapisan angkasa luar dunia yang kaya di ketinggian minimal abnormal ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Lapisan nan bersentuhan bertepatan dengan permukaan bumi.
  2. Mempunyai ketebalan sekitar 12 km berpokok parasan tanah.
  3. Merupakan lapisan paling tipis di antara lapisan bentangan langit lainnya.
  4. Mempunyai izzah yang berlainan di setiap tempatnya.

Fungsi Troposfer

Sudahlah, manfaat sepuhan troposfer di antaranya sebagai berikut, gais:

  1. Menjadi ajang terjadinya cerah dan iklim.
  2. Mencagar sengatan radiasi yang dipancarkan oleh berbagai benda langit tak.
  3. Digunakan sebagai tempat tinggal berbagai makhluk hidup.
  4. Gelanggang terjadinya kilangangin kincir dan pelangi.

2. Stratosfer

Lapisan stratosfer adalah lapisan nan
melindungi makhluk hidup dari sorot ultraviolet (UV)
karena stratosfer merupakan
tempat bernaungnya sepuhan ozon (O

3

)
yang dapat menyerap kirana ultraviolet. Adanya salutan ozon nan menyerap sinar surya ini membuat seiring bertambahnya kebesaran, semakin jenjang lagi suhunya.

Salutan stratosfer
tingginya sekitar 12-50 km
bersumber bumi dan
suhunya menyentuh
sekitar
55

o

C
akibat adanya pertambahan memberahikan yang layak drastis lega saduran ini.
Saduran paling atasnya
bernama
stratopause
yang mewatasi stratosfer dengan lapisan di atasnya.

Ciri-Ciri Stratosfer

Salutan stratosfer bumi n kepunyaan ciri-ciri laksana berikut:

  1. Lapisan terendah kedua sesudah troposfer.
  2. Berlimpah di ketinggian sekitar 12-60 km di atas latar dunia.
  3. Mempunyai resan udara yang kering karena tak mengandung uap air, awan, dan serdak.
  4. Semakin bertambah keagungan, semakin meningkat pula suhunya.
  5. Terdapat lapisan ozon yang menyerap kilat ultraviolet.
  6. Tempat stratifikasi suhu.

Fungsi Stratosfer

Seperti lapisan atmosfer lainnya, fungsi stratosfer kerjakan kehidupan di bumi adalah
untuk mencagar terbit gelombang radiasi sinar ultraviolet dari matahari. Radiasi ini lewat bahaya seandainya tertimpa selerang individu karena bisa menyebabkan kanker jangat, penuaan dini, katarak, sampai kerusakan sistem imunitas tubuh. Seram banget ya kalau sebatas tidak terserah lapisan stratosfer :(.

Jenis-Jenis Stratosfer

Lapisan stratosfer ini dibagi menjadi tiga jenis, di antaranya:

1. Lapisan Isotermis

Lapisan stratosfer paling asal alias minimum hampir dengan meres bumi disebut lapisan isotermis. Jaraknya berpangkal meres manjapada menyentuh 20 km. Suhu awan maupun suhu di lapisan isotermis berperangai tetap. Dengan pembukaan lain, salutan stratosfer yang minimum sanding dengan meres marcapada ini hingga jalal 20 km punya suhu udara yang konsisten.

2. Salutan Erotis

Saduran di atas isotermis ada saduran sensual,
guys.
Di lapisan ini terjadi peningkatan suhu sebatas ketinggian mencapai sedikit lebih 45 km. Kenaikan suhu ini disebabkan makanya adanya lapisan ozon yang menyerap ultraungu dari matahari. Plong salutan panas juga lain lagi ditemukan uap air, awan, maupun debu-debu angkasa luar. Di sinilah pesawat dengan mesin jet diterbangkan cak bagi menghindari adanya perubahan panah.

3. Lapisan Paduan Termulia

Seperti namanya, sepuhan campuran teratas merupakan lapisan paling atas dari stratosfer. Lapisan ini berlambak minimum dekat hampir dengan lapisan mesosfer. Di salutan campuran tertinggi juga akan ditemukan sepuhan stratopause alias had antara lapisan stratosfer dengan mesosfer. Bagi mengetahui apa itu mesosfer akan dibahas setelah ini ya.

Baca Lagi: Memaklumi Signifikasi Vulkanisme, Gejala, Erupsi & Rencana Vulkano


By the way, kamu udah tahu belum sih, kalau di ruangbelajar, saat ini sudah tersaji fitur Adapto yang boleh menyesuaikan video belajar dengan kemampuan belajarmu, lho! Seperti segala sih, fiturnya? Bertepatan cek aplikasi Ruanggurumu sekarang, ya!






New call-to-action



3. Mesosfer

Lapisan mesosfer adalah saduran angkasa luar yang berfungsi sebagai
tempat terbakarnya meteoroid.
Bintang sartan, kita terlindungi dari bentakan benda angkasa yang bisa saja jatuh ke bumi.
Guru
di
mesosfer
boleh
mencecah -83

o

C
karena pada mesosfer bermain hukum
Gradient Thermic
juga. Lapisan mesosfer
terletak pada ketinggian 50-80 km
dari mayapada dan puncaknya bernama
mesopause
.

Ciri-Ciri Mesosfer

Ciri-ciri salutan mesosfer di antaranya:

  1. Bernas di keagungan sekitar 60-80 km.
  2. Meteor nan menjejak mesosfer akan hancur tutung dan menjadi bongkahan-pecahan kecil yang disebut meteorit.
  3. Terdapat lapisan mesopause alias lapisan yang menjadi pembatas antara mesosfer dengan termosfer.
  4. Mengalami penerjunan suhu ketika bertambah ketinggiannya.
  5. Penurunan suhu menyebabkan pergeseran target dari luar angkasa sehingga meteor bisa tutung.


Fungsi Mesosfer

Salutan mesosfer
berfungsi sebagai pelindung bumi mulai sejak meteor, seperti fungsi salutan bentangan langit lainnya. Kepadatan gas yang cukup tinggi di lapisan mesosfer membuatnya memiliki cukup banyak asap dibanding lapisan di atasnya.

Meteor luar angkasa yang berakibat menembus eksosfer dan termosfer akan bertabrakan dengan tabun-gas penyusun mesosfer. Tabrakan tersebut akan menghasilkan gesekan yang besar dan menghasilkan panas. Suhu nan tinggi tersebut menciptakan menjadikan meteor hangus di lapisan mesosfer hingga tak ada yang tersisa.

Baca Juga: Kenapa Sih Langit Itu Berwarna Biru?

4. Termosfer (Ionosfer)

Lapisan termosfer yakni lapisan
tempat terjadinya proses ionisasi, di mana ion positif dan elektron bebas bermuatan negatif terbimbing. Oleh karena itu, salutan termosfer
disebut juga lapisan ionosfer. Lapisan
termosfer jaraknya
sangat jauh dari permukaan bumi, ialah sekitar
80-400 km dari permukaan bumi.

Cukuplah, saduran termosfer atau ionosfer inilah tempat terbentuknya
aurora
nan tadi tahu kita selidik di mulanya. Proses ionisasi yang terjadi menyebabkan
penambahan dan penyunatan jumlah elektron
yang menghasilkan
cahaya berwarna-warni di angkasa.

Cahaya aurora hanya boleh dilihat bermula tempat di bumi yang
ajang magnetnya abadi, ialah di
Antagonis Paksina
dan
Antiwirawan Selatan. Semakin lestari besi sembrani bumi, semakin jelas aurora terlihat. Semacam itu sekali lagi sebaliknya. Itulah kenapa kita tak boleh melihat aurora di Indonesia, karena Indonesia terletak di Garis Khatulistiwa di mana medan magnetnya tidak cukup lestari.

aurora - lapisan atmosfer bumi


Keren banget kan auroranya? (Sumber: gfycat.com)

Selain menghasilkan aurora, partikel ion yang terdidik oleh radiasi matahari tersebut juga berfungsi perumpamaan
pemantul gelombang suara miring dan cahaya
dari bumi n domestik susuk
gelombang radio.

Baca Juga: Teori-Teori Pembentukan Tata surya dan Pencetusnya, Cari Tahu Marilah!

Ciri-Ciri Termosfer

Termosfer misal lapisan yang jauh berpunca bumi memiliki sejumlah ciri-ciri sebagai berikut, ya:

  1. Terdapat di jalal sekitar 500-1000 km di atas permukaan dunia
  2. Sering disebut sebagai saduran erotis
    (hot layer)
  3. Hawa udara pada bagian paling atas lapisan termosfer bisa mencapai lebih dari 1000 derajat celcius
  4. Terdapat lapisan ionosfer yang berfungsi bagaikan memantulkan gelombang listrik radio yang berguna bakal satelit dan komunikasi
  5. Mengandung massa mega yang rendah dengan temperatur tinggi sehingga tidak mampu menghantarkan seronok ke benda-benda seperti satelit dan astronot
  6. Memiliki udara yang lalu tipis
  7. Tabun yang bisa ditemukan adalah atom oksigen (O2), elemen nitrogen (Cakrawala), dan helium (He)

Kemustajaban Termosfer

Saduran termosfer memiliki dua fungsi bagi spirit manusia, gengs. Barang apa sekadar yaa?

  1. Menjadi panggung mengorbitnya satelit bulan karena terdapat gelombang yang membantu energi untuk terus bergerak, termuat bintang siarah.
  2. Menyerap sebagian samudra panas dari matahari sehingga guru di meres marcapada tidak terlalu panas.

5. Eksosfer


Lapisan eksosfer merupakan

lapisan paling luar

dan paling kecil atas



mulai sejak atmosfer
. Lapisan eksosfer berada puas



di atas 400 km


dari permukaan bumi. Jaraknya nan jauh berpunca dunia menyebabkan


pengaruh gaya gravitasi


marcapada di eksosfer


lampau mungil

.

Eksosfer merupakan


lapisan antara bumi dengan atmosfer

, loh!

Eksosfer bisa disebut pun sebagai


geostasioner



ataupun


ruang antar satelit

.
Keadaan ini karena butiran-butiran tabun yang ada dapat meloloskan diri secara perlahan. Selain itu pun karena sedikitnya mode gaya tarik bumi membuat jarang terjadinya benturan antara meteor.

Ciri-Ciri Eksosfer

Lapisan eksosfer manjapada n kepunyaan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bernas di ketinggian di atas 400 km di atas permukaan bumi.
  2. Ialah salutan atmosfer paling asing sehingga pengaruh gaya gaya tarik bumi dulu kecil.
  3. Memiliki kandungan asap atmosfer sangat rendah.
  4. Mempunyai suhu yang sangat rendah ataupun sangat dingin sampai mencapai -57oC.
  5. Merupakan lapisan ruang angkasa yang berbatasan bersama-sama dengan asing angkasa.
  6. Adalah sepuhan yang terlampau berbahaya.
  7. Dapat menghancurkan benda-benda luar angkasa dan meteor.
  8. Palagan terjadinya bineka persuasi partikel yang tidak beraturan.
  9. Panggung abuk menjauhi ruang angkasa bumi hingga menjejak ketinggian 3.150 km.
  10. Bukan memiliki tekanan udara kadang-kadang atau sebesar 0 cmHg.

Baca Kembali: 5 Akibat Arus Bumi Bagi Nyawa, Barang apa Belaka itu?

Fungsi Eksosfer

Fungsi dari lapisan eksosfer tidak berlebih banyak apabila dibandingkan dengan lapisan angkasa luar lainnya. Manfaat nan paling ekstrem adalah bagi menimang-nimang cerah surya. Cahaya yang berhasil direfleksikan ini disebut sebagai cahaya matahari zodiakal.

Hmmm, ternyata lapisan atmosfer itu terserah banyak, ya. Namanya pula mirip-mirip lagi. Jikalau lagi ujian, terus urutannya kebalik suatu aja, boleh gawat tuh!

Nah, kendati sira lebih mudah kerumahtanggaan menghafal nama-merek saduran atmosfer bumi, kamu bisa gunakan
rumus cepat
di bawah ini, nih! Meski kamu nggak ketuker-tuker waktu
ngurutin

salutan atmosfer. Rumusnya yaitu
Juru Sate Makan Tempe Enak.


rumus cepat menghafal nama-nama lapisan atmosfer bumi

Gimana? Mudah dihafal, cerek?

Nah, ternyata salutan atmosfer bumi punya perannya masing-masing ya, untuk menjaga dunia. Kebayang
nggak sih,
kalau
nggak
suka-suka bentangan langit, kita untuk seperti apa?

Jikalau bentangan langit
nggak
ikut

berotasi bersama bumi
,
kilangangin kincir di atas manjapada
akan menjadi
sangat kencang
dengan kecepatan berkisar
1.667 km/jam. Waduh, udah tentu
nggak
bakal ada kehidupan di marcapada deh, kalau kederasan anginnya sekencang itu!

Baca Sekali lagi: Jenis-Diversifikasi Siklus Hidrologi, Suka-suka Segala Sekadar Ya?

Itu sira pembahasan tentang sepuhan-saduran bentangan langit bumi, karakteristik, dan fungsinya. Sekarang, waktunya
ngerjain
soal di

ruangbelajar

nih, biar kamu tahu sejauh mana kemampuan kamu setelah berlatih. Kalau masih belum paham, di sana pula terserah video animasi yang akan membantumu mempelajari lebih lanjut akan halnya lapisan atmosfer bumi, lho! Seru,
morong?
Ayo, download
aplikasinya saat ini!





ruangbelajar



Referensi:

Sindhu P. Yasinto. (2016).
Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Wardiyatmoko. (2006).
Ilmu permukaan bumi bagi SMA/MA Papan bawah X. Jakarta: Erlangga.

Sumber Gambar:

GIF ‘Aurora’ [Daring]. Tautan: https://gfycat.com/discover/valgus-gifs (Diakses: 6 April 2022).



Artikel ini sudah lalu diperbarui pada 30 September 2022.

Profile

Shabrina Zakaria

Source: https://www.ruangguru.com/blog/lapisan-atmosfer-bumi

Posted by: gamadelic.com