Sebutkan Langkah Langkah Merancang Website

Tahukah Anda? Struktur website yang baik melampiaskan navigasi user sekaligus bagus lakukan SEO. Sebaliknya, tanpa struktur yang baik website Kamu akan tampak berantakan dan susah dinavigasi. Google pun akan kesulitan menyingkirkan konten mana yang berguna dan mana nan tidak.

Lalu, bagaimana caranya membuat struktur website yang SEO friendly?

Tenang, di artikel ini kami akan jelaskan semuanya. Jadi, Anda mempunyai peluang lebih besar bernas di ranking teratas mesin pencari. Oke, marilah kita menginjak pembahasannya!

Barang apa itu Struktur Website?

Struktur website ialah susunan pekarangan-halaman penting nan terserah di website. Biasanya struktur alias arsitektur website ini akan terlihat berpokok navigasi utama alias menu.

Struktur website yang baik membuat plural halaman di website Anda saling terhubung. Dengan begitu, pengunjung boleh merasakan
user experience

yang baik. Sebab, pengunjung boleh dengan mudah menemukan manifesto yang dibutuhkan.

Namun, struktur website tidak hanya bermanfaat bakal sudut pandang user. Engkau juga utama cak bagi  SEO ataupun Search Engine Optimization. Sebab, dengan struktur website yang baik bot Google akan makin mudah menelusuri halaman website Beliau. Hal itu masuk berpengaruh kembali ke penentuan ranking pekarangan website di mesin pencari.

Mengapa Struktur Website Penting?

Setidaknya ada panca alasan kenapa Engkau wajib memperhatikan struktur website. Berikut penjelasannya:

1. Bisa Mempengaruhi User Experience (UX)

Begitu juga yang kami sebutkan di semula, arsitektur website yang baik akan sangat mempengaruhi
user experience
pada tamu website Engkau. Selain mudah dinavigasi, peziarah lagi lebih mudah menemukan konten maupun produk yang mereka butuhkan.

Selisih juga detik pelawat selit belit menemukan pelataran yang mereka cari. Mana tahu saja minus pikir tinggi pengunjung akan keluar berpunca website Ia. Sangat merugikan, bukan?

2. Memuluskan Crawling

Struktur website yang baik tak namun bisa kontributif user menemukan konten yang dibutuhkan. Tapi pun membantu web crawler untuk mengakses dan menemukan perkariban antarkonten yang Dia buat. Berusul telaga, web crawler akan bertambah mudah bikin mengindeks konten Anda di mesin pencari.

Baca juga:

Apa Itu Web Crawler: Mandu Kerja dan Fungsinya

Dengan struktur website yang baik, Anda boleh mendapatkan sitelink untuk website. Sitelink adalah tampilan spesial di hasil penguberan milik Google. Tampilan ini menunjukkan link homepage bersama pelataran-halaman berjasa di bawahnya.

contoh sitelink niagahoster

Membuat sitelink habis berjasa untuk SEO on page website Anda. Beberapa manfaatnya tertera:

  • Meningkatkan reputasi brand.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Membantu Anda mendominasi hasil pencarian.
  • Meningkatkan neraca klik.
  • Menyeringkan conversion.

4. Meninggalkan Kompetisi Konten berasal Website nan Sederajat

Struktur website menghindarkan Beliau dari prospek konten yang saling berkompetisi (cannibal content). Sayembara macam ini tinggal merugikan karena mengurangi trafik yang didapat masing-masing konten.

Kompetisi yang dimaksud mungkin terjadi ketika Anda punya beberapa konten blog post yang mirip. Misalnya saja, Anda punya beberapa artikel akan halnya error WordPress dan memperalat beberapa pembukaan sendi yang sama untuk konten tersebut.

Konten-konten yang mirip tersebut membuat Google kesulitan untuk mengakhirkan mana konten yang paling penting. Akibatnya konten Dia tadi ubah berkompetisi untuk berada di posisi terala Google.

Solusinya, Kamu harus membentuk struktur taksonomi dan internal link yang baik. Jadi konten itu makin jelas hubungannya dan tidak saling berkompetisi.

Berbagai Tipe Struktur Website

Banyak orang menyangka jikalau hanya ada suatu spesies struktur website yang benar. Padahal, terserah empat variasi struktur website yang bisa Beliau gunakan. Apa doang?

tipe struktur website

  • Hierarki.
    Struktur website tipe ini yakni nan paling awam dan disukai. Pelataran-pelataran disusun dengan struktur sebagaimana pokok kayu. Parent page dengan publikasi yang bertambah umum/luas berada di minimum atas struktur. Parent page itu kemudian dikategorikan menjadi bilang child pages dengan deklarasi yang kian detail.
  • Linier.
     Struktur website jenis sekuen adalah yang paling sederhana. Semua informasi disusun secara linier. Bisa berpunca yang paling masyarakat sampai nan paling spesifik. Bisa juga secara alfabetik. Struktur ini setuju untuk website edukasi atau training.
  • Matriks.
    Struktur website tipe matriks menyediakan banyak link yang relevan bagi user. Dengan berbagai kumpulan topik. User bebas memilih link atau page mana lebih lanjut yang ingin mereka kunjungi.
  • Network.
    Struktur website tipe ini makin dinamis dibanding yang lain. Dengan struktur macam ini, user bisa independen menentukan link alias page apa nan mereka ingin kunjungi selanjutnya. User dapat memiliki pengalaman pemburuan mereka seorang dengan memanfaatkan fitur search.

Bagaimana Kaidah Membuat Struktur Website yang SEO Friendly?

Ada sejumlah langkah nan perlu Anda bikin untuk membuat struktur website yang SEO friendly, yaitu:

1. Buat Rencana Dahulu

Coba catat semua ide konten yang ingin Beliau masukkan ke website. Sangat, kelompokkan semua konten tersebut kerumahtanggaan kategori yang lebih umum. Kemudian susun semuanya hingga saling bersambung.

Misalnya, Anda cak hendak menggunakan struktur yang berbentuk hirarki. Kamu tinggal urutkan saja kontennya setakat takhlik piramida. Kira-kira begitu juga ini:

hirarki struktur

Homepage berada di urutan paling atas dari struktur website. Itu artinya, homepage menjadi halaman pertama yang diakses pelawat sebelum ke halaman-halaman lainnya.

Itu kenapa Anda terbiasa menautkan beberapa link halaman paling penting ke homepage. Dengan begitu, peluang tamu buat membuka pelataran berfaedah jadi lebih samudra. Mereka pun akan menemukan informasi dengan lebih mudah.

3. Buat Navigasi nan Jelas

Kerjakan memiliki homepage dengan struktur nan baik, Ia teradat mewujudkan navigasi yang jelas. Ada dua jenis navigasi yang bisa Engkau tambahkan di website, yaitu menu dan breadcrumbs.

Menu adalah unsur navigasi utama yang ada di n domestik website. Biasanya, menu terdahulu diletakkan di bagian atas homepage. Tepatnya, di samping persis logo atau nama website.

Banyak orang menggunakan menu untuk mengedepankan halaman kategori yang memuat banyak sekali konten. Selain itu, menu bisa lagi dipakai bakal mengeluh ke halaman landing page maupun halaman pertalian.

Contohnya, website Niagahoster. Di homepage kami, Beliau boleh menemukan menu utama weduk kategori-kategori produk dan layanan Niagahoster.

kategori menu niagahoster

Breadcrumbs adalah navigasi tambahan yang ada di sebuah website. Navigasi ini berbentuk teks berisi link dan biasanya makmur di atas kepala karangan jerambah.

Breadcrumbs kontributif visitor mengetahui posisi mereka di website Sira. Berikut ini contoh breadcrumbs trail di sebuah website.

contoh breadcrumbs

4. Gunakan Taksonomi

Agar navigasi yang Anda buat lebih teratur, coba gunakan sistem
taxonomies
yang ada di  WordPress atau CMS lainnya.
Taxonomies



dipakai bakal mengelompokkan konten berdasarkan kategori atau tag. Sehingga, visitor dapat lebih mudah mencari artikel lain yang setopik.

Categories

Satu blog bisa terdiri dari beberapa kategori umum.  Jikalau di toko online fashion, Sira bisa buat kategori sebagai halnya “Wanita”, “Pria”, “Anak-anak asuh”, dan lainnya.

Cukuplah, tiap kategori tersebut masih bisa dibuat lebih detail dengan subkategori. Misalnya di “Kaos”, “Kemeja”, “Piyama”, “Jaket”, “Pakaian Dalam”, “Bawahan”, dan lain-lain.


Tags

Selain membuat kategori, Anda juga bisa memperalat tag untuk mengelompokkan konten. Berbeda dengan kategori yang strukturnya maujud hirarki, tag tidak punya struktur.

Biar serupa itu, tag tetap penting bagi digunakan. Tag boleh menunjukkan ke visitor, bahwa terserah produk atau post tidak yang berkaitan. Jadi, pengunjung website bisa mencari konten tidak yang menurut mereka menyentak.

tag di struktur website

Mungkin Anda sudah mulai paham jikalau struktur website berbimbing dengan pengelompokan konten dan tautan link ke konten nan berhubungan. Karena itu, saat ini saatnya berlatih cara menggunakan internal link.

Internal link yaitu istilah untuk menghubungkan konten-konten di website Anda. Dalam link ini tidak bisa dilakukan membabi buta. Dua halaman yang terhubung harus memiliki topik nan berkaitan.

Berikut ini pembahasan lebih lanjut tentang kerumahtanggaan link cak bagi dua macam website:

Kerjakan blog, sederajat sama dengan merumuskan tangga kategori tadi. Beliau harus menulis beberapa topik yang lebih masyarakat atau luas cakupannya terlebih suntuk. Kemudian baru Anda kerjakan plural post dari beberapa topik utama tadi. Jika sudah, Engkau bisa mengasihkan internal link di konten-konten yang masih saling terkait topiknya.

Misalnya, blog post kami dengan topik framework akan memiliki kerumahtanggaan link dengan topik macam-macam framework (misalnya: Laravel, Codeigniter, VueJs), dan cara instal framework tersebut. Bintang sartan, dengan seperti itu visitor bisa berlatih lebih banyak dan sungguh-sungguh adapun topik tercalit framework.

Usahakan buat menyerahkan banyak internal link nan relevan ke blog post Kamu yang terdepan. Sehingga, visitor tidak hanya akan berhenti di halaman utama Anda, tapi juga di halaman terkait lainnya.

Kerumahtanggaan link di online shop n kepunyaan mandu kerja yang berbeda dengan yang di blog. Di online shop, Kamu ingin visitor untuk setia di satu halaman, hingga kamu melakukan pembelian.

Karenanya, internal link cak bagi online shop harus bisa mengarahkan petandang ke sortiran produk atau deal yang lebih menguntungkan. Ini kamu sosi-pokok khusus n domestik link di online shop:

  1. Link mulai sejak bundle dagangan ke produk yang lebih solo.
  2. Link yang cenderung ke bagian, “Pelanggan lagi membeli dagangan ini..”
  3. Link nan mendatangi ke babak “Best seller product” atau “Kian murah dengan membeli kembali produk nan enggak”.
  4. Link nan mengarah ke episode “Produk bukan nan sekaum”.

Baca lagi:

15 Anak kunci SEO Mandraguna untuk Website toko Online

6. Kelola Struktur Website Anda

Setelah struktur website Beliau selesai dibuat pula, tugas Beliau tidak sedarun radu. Anda tetap harus berbuat maintenance. Anda harus terus memerhatikan struktur website, momen menambahkan konten hijau.

Dengan kata lain, arsitektur website adalah bagian berpangkal strategi SEO jangka panjang Ia. Untuk mencampuri struktur website, Dia wajib melakukan beberapa hal di sumber akar ini:

Audit konten Beliau

Audit konten berfaedah takdirnya Anda n kepunyaan kata sandang yang telah kedaluarsa, Ia harus mengupdate dan kemudian mempublikasikannya ulang. Misalnya, ada artikel nan tak perpautan dikunjungi, Anda bisa ki memenungkan cak bagi menghapusnya hanya.

Tapi ingat, jangan merampus menghapus page alias artikel ya! Karena, seandainya hingga Google bukan bisa menemukan pelataran karena sudah dihapus, maka user Kamu akan mendapatkan 404 error page. Jika sudah lalu serupa itu, SEO website akan kaprikornus buruk.

Bikin mencegah itu tadi terjadi, Beliau wajib melakukan redirect URL halaman yang sudah Dia binasakan. Dengan mengerjakan redirect pelataran, alih-alih menemukan halaman error 404, user Engkau akan menemukan pelataran lain yang relevan.

Baca lagi: Panduan Lengkap Audit Website untuk Pemula

Hindari Keyword yang Sama

Website Sira akan pintar banyak sekali konten. Dari nan topiknya luas, setakat yang individual. Maka Ia harus berhati-lever dengan keyword yang sekelas atau sangat mirip ketika menambahkan konten.

Jika tidak, Anda dapat saja kehilangan ranking di Google. Itu karena Anda berkompetisi dengan artikel di web Dia sendiri.

Oleh karena itu, perlu untuk melakukan investigasi performance konten Anda. Sehingga, Anda tahu harus mengamalkan apa. Misalnya, apakah wajib menggabungkan konten dengan keyword nan selevel atau melakukan redirect.

Cek Kembali Taksonominya

Mengecek taksonomi website yakni keseleo satu kaidah mengurus struktur website. Coba cek kembali apakah gayutan kategori dan subkategori website Anda masih sesuai dengan konten yang dibuat.

Misalnya, cak semau satu kategori yang berisi lebih banyak konten dibanding kategori lainnya. Itu artinya, mungkin semata-mata Dia wajib mewujudkan kategori baru. Sebaliknya, jika terserah kategori yang ampuh cuma sedikit page, kian baik hapus saja kategori tersebut. Anda bisa juga membeda-bedakan pindahkan halaman tersebut dan gabungkan ke kategori yang enggak.

Lalu, sekiranya Anda membuat sitemap HTML secara manual, usahakan bakal memperbarui sitemap tersebut sesudah menyangkal struktur situs Anda. Sekadar, sekiranya Dia memiliki sitemap XML, lakukan re-submit sitemap itu kembali ke Google Console.

Saatnya Menciptakan menjadikan Struktur Website nan SEO Friendly!

Struktur website yang baik memanjatkan reputasi website Anda di mata Google dan pengunjung. Itu kenapa tak ada salahnya menyingkirkan tenaga lebih cak bagi memperhatikan hal yang satu ini. Baik saat baru menginjak membuat website ataupun ketika Anda mau mengatur ulang struktur website nan mutakadim Anda jalankan.

Di kata sandang ini, Anda sudah dapat informasi super komplit seputar struktur website SEO. Semoga informasi ini berguna ya. Selamat mencoba dan semoga berbuntut!

Source: https://www.niagahoster.co.id/blog/struktur-website-seo/

Posted by: gamadelic.com