Sebutkan Kerajaan Yang Bercorak Budha

Parents, sebelum Tanah Air berubah menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia alias NKRI, kita pernah memiliki beraneka ragam kerajaan besar. Pelecok satunya adalah kerajaan Budha. Kerajaan Budha di Indonesia sendiri termasuk lautan dan hambur ke bermacam-macam pelosok daerah.

Sediakala kerajaan Budha berkembang di Tanah Air merupakan karena akivitas perkulakan. Momen itu, Indonesia yakni tempat mampir kolek maritim lakukan negara lain.

Mengutip laman CNN Indonesia, masuknya kerajaan Budha di Indonesia kebanyakan berasal dari hamba allah-orang radiks India. Teori lain juga mengatakan bahwa agama Budha sendiri bisa berkembang di Tanah Air karena adanya pernikahan pengembara asal India dengan penduduk Nusantara.

Agama Budha tepatnya mulai menyebar dan masuk Indonesia pertama boleh jadi mulai abad ke-5 Kristen. Kemudian, abad ke-7 Kristen berdirilah imperium Budha purwa di Nusantara.

Lantas, kerajaan Budha segala saja yang tenar dan berpengaruh di Kapling Air? Memberitakan bermacam ragam sumber, berikut daftar sesudah-sudahnya yang bisa
Parents
ajarkan juga sreg si kecil.

Artikel terkait:
12 Jenis Kerajinan Serat Pan-ji-panji solo Indonesia, Keren dan Artistik!

Kerjaan Budha di Indonesia nan Terkenal dan Berpengaruh

1. Kekaisaran Sriwijaya

kerajaan budha di indonesia

Foto: Wikimedia

Merupakan kekaisaran Budha purwa nan menggermang di Indonesia. Berdiri sejak abad ke-7 Masehi di Sumatera Selatan, mewujudkan Sriwijaya menjadi kerajaan Budha tertua dan minimal berpengaruh di Kapling Air. Mereka berhasil tanggulang Nusantara dengan mengandalkan perdagangan bahari atau jalur perairan.

Dalam tulisan sejarah, disebutkan jika pendiri tadinya Kerajaan Sriwijaya adalah Dapuntahyang Kilauan Jayanasa. Ketika masih berjaya, wilayah kekuasaan Sriwijaya mencangkup Sumatera Selatan, Pulau Bangka, Bola lampu, dan Jambi.

5 Kerajaan Budha Terkenal dan Berpengaruh di Nusantara, Pernah Berjaya!

Pusaka Sriwijaya | Foto: Saat.com

Kekaisaran yang buku pemerintahaannya suka-suka di Lembang ini kemudian harus runtuh plong sekitar tahun 1100 Serani karena perang. Salah suatu yang menghancurkan kerajaan ialah serbuan Rajendra Chola I lega 1025.

Pengaruh imperium Sriwaja nan terkenal di Nusantara juga boleh terlihat berpangkal peninggalannya nan berupa candi dan epigraf. Beberapa pusaka Sriwijaya yang tersohor, di antaranya Candi Muara Takus, Muaro Jambi, Gapura Sriwijaya, Prasasti Ligor, Epigraf Daerah tingkat Kapur, dan sebagainya.

2. Kerajaan Mataram Historis

kerajaan budha di indonesia

Foto: Wikimedia

Disebut juga dengan sebutan Kerajaan Delik bangas. Imperium ini berdiri puas tahun 700-an Serani di Yogyakarta, Jawa Tengah. Karena beberapa hal, buku kekaisaran kemudian bermigrasi ke Jombang dan Madiun, Jawa Timur.

Puas awalnya, kerajaan Mataram Kuno ini menganut diseminasi Hindu Syiwa. Semata-mata, sejak pemerintahkan raja Sailendrawangsa, kerajaan ini berpindah revolusi menjadi Budha. Maka dari itu, kerajaan ini juga sempat disebut bak Mataram Budha.

3. Imperium Dharmasraya

5 Kerajaan Budha Terkenal dan Berpengaruh di Nusantara, Pernah Berjaya!

Candi Padang Roco | Foto: Dharmasrayakab.go.id

Berdiri tahun 1183 Masehi di Sumatera, lebih tepatnya terdapat di hulu Sungai Batanghari. Nama kerajaan ini menjadi terkenal seiring dengan bergulingnya waktu kejayaan Sriwijaya karena serangan Rajendra Chola I mulai sejak Koromandel pada 1025 Masehi.

Kerajaan Dharmasraya koteng lalu runtuh pada 1347 ketika mulai dikuasai oleh Adityawarman dan berubah menjadi kekaisaran Malayapura.

Kata sandang terkait:
5 Fakta Menarik Wingko Babat, Kudap Legit yang Ternyata Enggak berpunca Semarang

4. Kerjaan Kalingga

5 Kerajaan Budha Terkenal dan Berpengaruh di Nusantara, Pernah Berjaya!

Foto: Histori.id

Kalau Swriwijaya merupakan kerajaan Budha pertama di Nusantara, maka Kekaisaran Kalingga adalah imperium Budha pertama di wilayah pantai utara Pulau Jawa. Kerjaan Kalingga maupun Halong ini juga senggang dibagi dua, yakni kerjaan Keling dan Delik bangas.

Saat dipimpin makanya Yamtuan Sima, kekaisaran Kalingga berbuntut mencapai puncak kejayaan dan menjadi satu imperium Budha berpengaruh di Nusantara. Hanya, imperium Kalingga runtuh pada 782 Serani saat diambil alih oleh Rakai Mataram dan Rakai Panangkaran dari Medang.

Cak semau cukup banyak peninggalan dari kerjaan kalingga. Beberapa di antaranya yaitu Epigraf Tuk Mas, Epigraf Sojomerto, Arca Batara Guru, Arca Wisnu, Reca Narada, Situs Puncak Sanga Likur, Candi Bubrah, dan masih banyak lagi.

5. Kerajaan Sri Bangun

kerajaan budha di indonesia

Foto: Wikimedia

Tadinya berdirinya Kerajaan Sri Ingat hingga kini belum diketahui. Namun, kerajaan bercorak Budha ini terletak di Kalimantan Timur, yaitu di kota Ingat. Ini merupakan penerus dari Kerajaan Martadipura.

Meski penerus, Imperium Sri Bangun ini menganut aliran Budha, farik dengan Martadipura yang bercorak Hindu. Tentang yang dipertuan naik daun di Sri Bangun adalah Sinuhun Qeva.

Kata sandang terkait:
5 Fakta Menarik mengenai Kolintang, Perlengkapan Musik Unik Minahasa yang Mondial

Nah,
Parents, itulah beberapa kerajaan Budha paling tenar dan berkarisma di Nusantara nan dapat Anda ajarkan pada si kecil. Semoga bermakna, ya!

***

Baca sekali lagi:

Pesona Cukilan pada Talawang Khas Kaki Dayak, Cantik dan Sarat Makna

Fakta Surabi, Camilan Legendaris dari Kota Bandung yang Jadi Favorit!

Pesona Prambanan yang Megah, Candi Terbesar dan Kasih Lain Hingga

Parenting bakal pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya berpokok sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Source: https://id.theasianparent.com/kerajaan-budha-di-indonesia

Posted by: gamadelic.com