Sebutkan Beberapa Rasul Beserta Mukjizatnya

Nabi dan rasul adalah utusan Allah SWT yang diberi keistimewaan dan ditugaskan memimpin di suatu masa. Mukjizat nabi-nabi adalah bukti keabsahan seorang nabi.
Nabi dan nabi adalah makhluk utusan Allah SWT yang diberi keistimewaan dan ditugaskan memelopori di suatu masa. Mukjizat rasul-rasul adalah bukti keabsahan seorang nabi. (Foto: Istock/Anastasiia Shavshyna)

Jakarta, CNN Indonesia

N domestik agama


Islam

, Allah SWT memiliki utusan yang bertugas memimpin umat di satu waktu, adalah Rasul dan Utusan tuhan. Mereka dikaruniai mukjizat, yaitu suatu situasi asing sahih yang sekalian menjadi bukti kesahihan risalah nan mereka sampaikan kepada umat.

Setiap nabi memiliki mukjizat masing-masing yang tertulis dalam Al-Quran dan Hadits. Artikel ini akan membahas beberapa mukjizat nabi yang kisahnya dapat diambil hikmahnya.

1. Rasul Nuh

Kisah nabi Nuh adalah suatu bukti mukjizat diberikan lega rasul bak utusan Allah SWT. Riuk satu kisah Nabi Nuh nan kerap diceritakan kembali adalah bagaimana ia dan kaumnya selamat dari bencana banjir pasca- menaiki kano lautan.


ILUSTRASI KISAH NABI - NABI NUHKisah mukjizat Rasul Nuh menyelamatkan kaumnya dari epidemi banjir merupakan salah suatu bukti kurnia seorang Nabi. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)

Nabi Nuh beserta pemuja setianya bergotong-royong membuat sebuah bahtera atau kapal besar terbit kayu karena beriktikad sebuah siksa akan datang. Sampailah harinya tiba, banjir dahsyat datang. Utusan tuhan Nuh beserta pengikut setianya yang ki berjebah di atas kapal selamat dari azab tersebut. Kisah Rasul Nuh tertera dalam Al-Quran, yang berbunyi:

“Maka Kami selamatkan Nuh dan khalayak-khalayak nan besertanya di dalam kapal nan penuh muatan. Kemudian sesudah itu Kami tenggelamkan makhluk-cucu adam yang tinggal,”(Asy-Syu’ara ayat 119-120).

Kapal Utusan tuhan Nuh kemudian menepi di pegunungan Arafat. Setelah banjir surut, Allah perintahkan Nabi Nuh lakukan memulai kehidupan yang baru.

2. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim AS adalah salah suatu dari nabi penting utusan Allah SWT yang diberi gelar Ulil Azmi. Rasul Ibrahim memiliki beberapa mukjizat, salah satunya tak terbakar saat dirinya dihukum dibakar oleh raja Namrud.

Mukjizat tersebut tercantum dalam firman Allah SWT di Al-Quran, misal berikut:

“Mereka bertutur: “Bakarlah engkau dan bantulah ilah-ilah dia, jika engkau ter-hormat-bermoral hendak bertindak. Kami bercakap: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim. Mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan itu mereka individu-orang yang paling merugi.”(QS. Al- Anbiya’ ayat 68-70).

3. Rasul Ismail

Nabi Ismail AS adalah putra dari Rasul Ibrahim AS. Narasi ketegaran ayah dan anak privat menjalani perintah Allah SWT merupakan bukti kenabian keduanya.

Di suatu waktu, Ibrahim berkhayal dirinya mendebah sang anak, Ismail. Ia menafsirkan bahwa damba tersebut adalah perintah Halikuljabbar SWT. Hal tersebut terdaftar dalam Al-Quran:

“Maka tatkala anak itu sampai (sreg umur sanggup) berusaha serempak Ibrahim, Ibrahim berkata: ‘Hai anakku senyatanya aku melihat internal mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!’. Engkau menjawab: ‘Hai Bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insya Allah kamu akan mendapatiku termuat makhluk-orang nan sabar’.” (QS. As-Saffat ayat 102).

Dengan kesabaran dan iman, Ismail mengiyakan perintah Allah tersebut. Detik Ibrahim menyembelih Ismail, Halikuljabbar SWT menggilir awak Ismail dengan seekor kambing kibas.

ILUSTRASI KISAH NABI - NABI ISMAILMukjizat Nabi Ismail yaitu poyang konsep kurban dalam Idul Adha (Foto: Istock/Lebazele)

“Wahai Ibrahim! sungguh, engkau sudah lalu membenarkan mimpi itu. Sungguh, demikianlah Kami memberi pemberontakan kepada manusia-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu eksamen yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS. As-Saffat ayat 104-107).

Cerita ini yakni cikal-bakal dari konsep kurban saat umat muslim memestakan hari raya Idul Adha setiap tahunnya. Hikmah semenjak hal tersebut dalah bahwa kerikhlasan dalam memberi belakang hari akan mendapat perjuangan dari Allah SWT.

4. Utusan tuhan Musa

Salah satu narasi mukjizat Nabi yang caruk diceritakan turun temurun adalah bagaimana rasul Musa AS membelah laut ketika lari berbunga kejaran Firaun. Nabi Musa AS merupakan salah satu nabi utama utusan Allah SWT yang memiliki gelar Ulul Azmi.

Walkisah, karena tidak abadi dengan angkara Firaun, Utusan tuhan Musa dan pengikutnya memutuskan untuk pindah melarikan diri dari Mesir berkiblat Syam. Doang, di paruh perjalanan mereka terkekang laut merah dan tak bisa melintas.

Sedangkan, Firaun yang mendengar kabar tersebut mengajak tentaranya mencari Musa di pengelanaan melarikan diri. Ketika itu, turun ilham Sang pencipta SWT memerintahkan nabi Musa lakukan memukulkan tongkatnya.

“Pukullah lautan itu dengan tongkatmu” Maka terbelahlah samudra itu dan per pecahan adalah seperti gunung yang besar. (QS:Asy-Syu’ara Ayat: 63).

ILUSTRASI KISAH NABI - NABI MUSARasul Musa diberi mukjizat boleh membelah laut menjadi dua lakukan membawa pengikutnya meninggalkan Mesir (Foto: iStock/kevron2001)

Setelah tongkat dipukulkan, laut ahmar sompek sehingga membentuk kempang. Nabi Musa dan pengikutnya pun kemudian dapat menerobos perkembangan tersebut. Darurat, ketika Firaun dan tentaranya berusaha mengimak urut-urutan Musa tersebut, laut merah juga menyatu dan menenggelamkan mereka.

“Dan Kami selamatkan Musa dan khalayak-orang nan besertanya semuanya. Dan Kami tenggelamkan golongan nan lain itu. Selayaknya plong nan demikian itu benar-benar yaitu suatu tanda yang besar (mukjizat) dan semata-mata yaitu kebanyakan mereka tidak beriman.” (QS:Asy-Syu’araa Ayat: 65-67).

5. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman AS dikaruniai mukjizat dapat berbicara dengan hewan. Dalam Al-Quran terjadwal firman Allah SWT yang perihal kemampuan Nabi Sulaiman memahami hewan.

“Dan Sulaiman sudah mewarisi Dawud, dan dia (Sulaiman) bersuara, “Wahai manusia! Kami telah diajari bahasa penis dan kami diberi segala sesuatu. Betapa, (semua) ini benar-moralistis anugerah yang nyata.” (QS An-Naml ayat 16)

ILUSTRASI KISAH NABI - NABI SulaimanNabi Sulaiman diceritakan ibarat raja yang kaya. Mukjizat Nabi Sulaiman adalah kemampuannya mengerti bahasa hewan. (Foto: Diolah berusul Istock)

“Hingga ketika mereka setakat di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.” (QS An-Naml ayat 18)

6. Nabi Yunus

Kisah Nabi Yunus mengajarkan kita tentang bagaimana kesungguhan seorang makhluk bertaubat pada Allah SWT. Salah satu nan diingat dari Nabi Yunus merupakan bagaimana ia diselamatkan momen dirinya tertelan dan ikut ke kandungan seekor paus.

Walkisah, di suatu perjalanan Nabi Yunus terombang-ambing di permukaan laut sebatas akhirnya tenggelam. Tubuhnya kemudian terhisap dan tertelan seekor paus yang besar, sehingga Rasul Yunus terjerahap di makanan paus.

ILUSTRASI KISAH NABI - NABI YUNUSKisah mukjizat Nabi Yunus yang bersikukuh kehidupan di perut uskup memberi hikmah pentingnya kesungguhan bertaubat. (Foto: Diselesaikan mulai sejak Istock)

Rupanya, paus tersebut merupakan bestelan Allah untuk Rasul Yunus. Nabi Yunus bersikukuh kehidupan dan bertaubat dengan bukan main-bukan main. Cerita tersebut terdapat di Al-Quran:

“Dan (ingatlah narasi) Dzun Nun (Yunus), ketika ia menghindari dalam peristiwa murka, lalu ia menyengaja bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap,

“Bahwa lain ada yang mahakuasa yang berkuasa disembah selain Sira. Maha Suci Engkau, senyatanya aku termaktub orang-orang yang zalim.”-Maka Kami sudah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya berpunca pada patos. Dan demikianlah Kami selamatkan turunan-orang yang berketentuan.” (QS. Al Anbiyaa’: 87-88).

7. Nabi Isa

Salah satu mukjizat yang diterima Nabi Isa yaitu bagaimana beliau mampu menyembuhkan hamba allah guncangan setakat menghidupkan lagi manusia yang telah mati.

Almalik SWT berfirman dalam Al-Quran mengenai mukjizat Nabi Isa nan merupakan bagian dari Ulul Azmo, ataupun Utusan tuhan terdahulu utusan Halikuljabbar SWT. Berikut kutipan Al-Quran yang mengisahkan mukjizat Utusan tuhan Isa AS:

“…Dan (ingatlah) di musim beliau menyembuhkan orang yang buta sejak dalam tembolok ibu dan cucu adam yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu sira mengeluarkan orang tenang berusul kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku…” (QS.Al Maidah: 110).

Itu lah sejumlah mukjizat rasul-nabi yang hikmahnya bisa dijadikan pelajaran n domestik hidup. Mukjizat yaitu bukti kebenaran bahwa rasul-nabi merupakan umat istimewa utusan Allah SWT buat mengusung suatu masa keislaman.

(fjr/fjr)




Source: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20201130164328-574-576252/7-mukjizat-nabi-nabi-beserta-hikmahnya

Posted by: gamadelic.com