Semua organisme memiliki uluran hidup yang terbatas. Karena itu cak bagi mempertahankan kelangsungan hidup, diperlukan generasi penerus. Proses biologis momen organisme menghasilkan insan plonco dari jenis mereka seorang disebut dengan reproduksi. Tiap diversifikasi organisme memiliki sistem reproduksi nan berbeda-beda. Di artikel barangkali ini, kita akan membincangkan struktur dan keistimewaan sistem reproduksi pada manusia.

Sistem reproduksi pada manusia termasuk ke kerumahtanggaan kategori reproduksi seksual. Artinya, reproduksi terjadi melalui proses bertemunya spermatozoid (sperma) dengan sel kelamin betina (ovum) mewujudkan basyar baru yang disebut dengan fertilisasi.

Hasil dari fertilisasi maupun pembuahan adalah terbentuknya zigot. Sel telur kemudian mengalami perkembangan embrio hingga dilahirkan menjadi anak. Sebagian mamalia, termasuk anak adam, bereproduksi secara seksual. Laki-suami akan menghasilkan jauhar, sementara perempuan akan menghasilkan zigot.

Sistem Reproduksi Pria

bagian bagian sistem reproduksi pria

Tulangtulangan di atas menampilkan sistem reproduksi pada lanang. Berikut adalah nama-nama serta manfaat dari tiap perabot.

1. Kalam berfungsi sebagai saluran berkemih atau air seni sekaligus tempat keluarnya sperma.

2. Skrotum berperan bagi menjaga suhu testis sebaiknya sesuai buat memproduksi benih. Pada skrotum terdapat dua buah testis.

3. Testis adalah gawai kelamin adegan n domestik. Fungsinya yaitu untuk memproduksi sperma dan hormon testosteron.

4. Epididimis merupakan parit yang keluar dari testis. Fungsinya merupakan ibarat tempat penyimpanan jauhar sementara.

latihan soal dari Kelas Pintar

(Baca sekali lagi: Sistem Reproduksi Aseksual pada Pohon)

5. Saluran uretra yaitu susukan nan terdapat dalam penis dan yakni akhir dari saluran reproduksi. Perannya adalah laksana terusan keluarnya mani dan air kencing.

6. Vesikula seminalis merupakan kelenjar yang menghasilkan zat yang berisi basa (alkali), fruktosa (sukrosa monosakarida), hormon prostaglandin, dan protein pembekuan.

7. Kelenjar prostat terdapat di bawah kandung air kencing. Fungsinya adalah menghasilkan cair yang bersifat cemberut.

8. Kelenjar Cowper menghasilkan lendir dan larutan bersifat basa. Fungsinya yakni lakukan melindungi mani dengan cara menetralkan air seni nan memiliki pH asam nan primitif dalam uretra. Cairan tersebut juga melapisi saluran kemih untuk mengurangi fasad puas semen selama ejakulasi. Struktur berbunga sperma yang dihasilkan oleh lanang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

struktur sperma

Sistem Reproduksi Wanita

sistem reproduksi wanita

Tulangtulangan di atas menampilkan sistem reproduksi pada wanita secara sederhana. Berikut adalah tera-nama organ beserta fungsinya.

1. Vagina ialah kanal yang menghubungkan mileu luar dengan rahim sekaligus kancah mengalirnya darah menstruasi dan saluran keluarnya bayi.

2. Servis merupakan struktur rahim bagian bawah nan menyempit dan membuka ke arah vagina.

3. Kanal telur atau tuba fallopi atau oviduk terdapat sepasang di tiap tubuh perempuan, yaitu di kanan dan kidal. Oviduk memulur ke arah samping berusul uterus. Fungsinya adalah membawa lembaga pemasyarakatan telur dari infundibulum ke makanan. Plong saluran inilah terjadi fertilisasi atau pembuahan.

4. Ovarium merupakan tempat himpunan sel yang disebut folikel. Di kerumahtanggaan folikel, tangsi telur maupun ovum dikembangkan. Folikel lagi menghasilkan hormon putri, yaitu estrogen dan progesteron.

5. Kas dapur berfungsi sebagai panggung berkembangnya janin pasca- kamp telur dibuahi maka dari itu sel jauhar. Dinding kandungan (endometrium) berperan intern pembentukan plasenta.

Terungku telur yang dihasilkan di indung telur disebut juga misal sel telur. Ovum termasuk ke dalam alecithal (minus kuning telur) dan mengandung butiran kortikal dan trombosit kuning. Struktur ovum terdiri dari membran vitelin, zona pelusida, dan korona radiata.

Membran vitelin yaitu selaput tipis transparan yang memalut terungku telur. Sementara itu, zona pelusida yaitu membran semerawang tebal yang terletak di atas membran vitelin. Korona radiata adalah membran tebal terluar yang dibentuk oleh sel-sel folikel. Kista berisi cairan panggung sel telur berkembang dikenal sebagai folikel Graffian.

download aplikasi kelas pintar

Please follow and like us: