Sebutkan 3 Mukjizat Nabi Musa

Mengenalkan sang kecil tentang cerita rasul dan rasul utusan Allah SWT sejak dini memang tinggal terdahulu. Berpangkal 25 nabi dan utusan tuhan, riuk satu nan dapat
Parentsajarkan dan kenalkan kepada anak yaitu mukjizat Utusan tuhan Musa dalam ajaran Islam.

Sebelum membicarakan tentang mukjizat Utusan tuhan Musa, yuk, pula memahfuzkan 25 nama nabi dan nabi utusan Allah SWT.

  1. Pria AS
  2. Idris AS
  3. Nuh AS
  4. Hud AS
  5. Sholeh AS
  6. Ibrahim AS
  7. Luth AS
  8. Ismail AS
  9. Ishaq AS
  10. Ya’qub AS
  11. Yusuf AS
  12. Ayyub AS
  13. Syu’aib AS
  14. Musa AS
  15. Harun AS
  16. Zulkifli AS
  17. Daud AS
  18. Sulaiman AS
  19. Ilyas AS
  20. Ilyasa AS
  21. Yunus AS
  22. Zakaria AS
  23. Yahya AS
  24. Isa AS
  25. Muhammad SAW

Kata sandang Terkait:
Belajar menjadi pribadi yang nonblok dan bersyukur terbit kisah Utusan tuhan Sulaiman AS

Mukjizat Nabi Musa

Para nabi dan rasul diberi mukjizat di dalam hidupnya oleh Allah SWT. Mukjizat yaitu suatu arti yang hanya diberikan Allah kepada nabi ataupun rasul bagaikan bukti bahwa ia benar-moralistis utusan Tuhan SWT. Mukjizat tersebut juga bak sebuah tandingan atas kedahsyatan satu kaum di mana seorang utusan tuhan diutus sesuai masanya.

Sebagai sempurna, salah satu mukjizat yang diberikan Tuhan kepada Nabi Muhammad SAW, merupakan diturunkannya Alquran dengan diksi dan kecenderungan bahasa yang tidak akan ada yang mampu menandinginya meski kembali suatu ayat saja.

Sebagaimana dengan Utusan tuhan Musa AS. Allah SWT memberikan 9 mukjizat kepada dia. Hal ini begitu juga yang dijelaskan di intern Quran surah Al-Isra’ ayat 101:


وَلَقَدْ آتَيْنَا مُوسَىٰ تِسْعَ آيَاتٍ بَيِّنَاتٍ ۖ فَاسْأَلْ بَنِي إِسْرَائِيلَ إِذْ جَاءَهُمْ فَقَالَ لَهُ فِرْعَوْنُ إِنِّي لَأَظُنُّكَ يَا مُوسَىٰ مَسْحُورًا

“Dan sememangnya Kami sudah menyerahkan kepada Musa sembilan buah mukjizat yang nyata, maka tanyakanlah kepada Anak laki-laki Israil, tatkala Musa datang kepada mereka lalu Fir’aun berkata kepadanya: “Sesungguhnya aku sangka kamu, hai Musa, koteng nan kena sihir”.”

Artikel Terkait:
Sparing tentang cinta dan memaafkan dari kisahan Nabi Yusuf as.

title=”9 Mukjizat Nabi Musa AS “>9 Mukjizat Rasul Musa AS

  • 1. Gunung (Ketika Utusan tuhan Musa AS Berbicara Langsung dengan Allah SWT)
  • 2. Tongkat yang Dapat Berubah Menjadi Ular babi
  • 3. Mukjizat Nabi Musa: Membelah Lautan
  • 3. Darah

  • 9 Mukjizat Nabi Musa AS


    Nabi Musa AS diutus di paruh-paruh bangsa Ibrani. Beliau hidup di Mesir pada zaman kekejaman Yamtuan Fir’aun. Fir’aun dikenal andai raja yang zalim dan gemar bersikap despotis bikin menindas penduduknya.

    Semasa perjuangannya mengajak umat hamba allah untuk menyembah Allah SWT, Nabi Musa AS bosor makan menerima banyak tantangan serta pertarungan berpunca suku bangsa Ibrani. Namun, sira tetap menyapu dada dan melaksanakan apa nan diperintahkan oleh Allah SWT. Rasul Musa AS terus berusaha cak bagi mengajak umatnya percaya kepada Allah SWT.

    Perjuangan Rasul Musa AS tidak mudah, malah pula beliau harus tatap muka dengan Pangeran Fir’aun dan kaumnya. Banyak berbunga mereka yang membangkang dan tidak mau menirukan ajakan Rasul Musa AS.

    Cak bagi membuktikan bahwa Nabi Musa AS memang utusan Allah SWT, maka Halikuljabbar memasrahkan beberapa mukjizat kepada Rasul Musa AS. Ini sesuai dengan firman Allah nan tertuang di n domestik Alquran surah Al-Baqarah ayat 92 yang berbunyi:


    وَلَقَدْ جَآءَكُم مُّوسَىٰ بِٱلْبَيِّنَٰتِ ثُمَّ ٱتَّخَذْتُمُ ٱلْعِجْلَ مِنۢ بَعْدِهِۦ وَأَنتُمْ ظَٰلِمُونَ

    Sepatutnya ada Musa telah cak bertengger kepadamu membawa bukti-bukti kesahihan (mukjizat), kemudian kamu jadikan momongan sapi (sebagai sembahan) sesudah (keberangkatan)nya, dan sebenarnya engkau adalah orang-orang yang zalim.

    Mengutip mulai sejak berbagai sumber, ada 9 mukjizat Nabi Musa AS. Namun, dari 9 mukjizat itu, masih terletak perbedaan pendapat di antara ulama. Mengenai 9 mukjizat Utusan tuhan Musa AS yang diberikan oleh Allah SWT di antaranya:

    • Nabi Musa AS berbicara langsung dengan Allah SWT
    • Tongkat yang berubah menjadi ular
    • Membelah samudra
    • Tangan yang berubah tahir berpelita
    • Topan
    • Walang
    • Kutu
    • Katak
    • Darah

    Akan halnya 9 mukjizat Nabi Musa AS, ternyata ini masih bernasib baik perbedaan pendapat di antara ulama. Namun, 7 di antaranya telah disepakati bersama, yakni tongkat, tangan Nabi Musa AS yang menjadi ceria bercahaya, angin badai, walang, kutu, bangkong, dan bakat. Sementara dua lainnya masih diperdebatkan.

    Ada yang mengatakan terbelahnya lautan dan paceklik. Ada yang mengatakan terbelahnya lautan dan digoncangkannya gunung Thur sebagai azab cak bagi Ibnu Israil.

    Tinggal, suka-suka yang berpendapat dua mukjizat lainnya adalah terbelahnya samudra dan lancarnya Utusan tuhan Musa AS ketika dia berkomunikasi dengan Firaun dan kaumnya. Sementara menurut Imam Mujahid dan lainnya, keduanya adalah perian masa sulit dan gagal panen.

    Inilah penjelasan beberapa mukjizat Nabi Musa AS.


    1. Jabal (Momen Rasul Musa AS Berbicara Simultan dengan Allah SWT)


    Nabi Musa AS mendapatkan tajali permulaan kali di sebuah dolok bernama ancala Thur Sina. Kebenaran tentang Nabi Musa AS berbicara secara spontan dengan Tuhan SWT memang dibenarkan di kerumahtanggaan kitab masif Alquran serta kitab-kitab terdahulu. Beliau pun diberikan sebuah tongkat oleh Yang mahakuasa SWT.

    Akan tetapi, kisah ini masih polemis karena terdapat perpedaan pendapat di antara ahli kata tambahan Alquran. Ada yang menamakan bahwa argo Thur Sina yaitu gunung tandus dan sangar. Ada juga yang berkata kalau dolok Thur Sina adalah Mesir. Namun, di pencong itu semua, dialog sinkron antara Nabi Musa AS dan Allah SWT memang benar adanya.


    2. Tongkat yang Bisa Berubah Menjadi Ular babi


    Mukjizat Nabi Musa


    Tongkat Nabi Musa AS berubah menjadi bedudak. | Sumur lembaga: islamaktual

    Setelah sebelumnya Nabi Musa AS mendapatkan tongkat semenjak Allah SWT di bukit Thur Sina, ia tinggal menghadapi para penyihir Fira’aun. Para penyihir tersebut menantang Nabi Musa AS untuk menunjukan kekuasaan Allah SWT.

    Para penyihir adu cepat-tanding menyulap makao menjadi dumung. Nabi Musa AS menghadapi mereka dengan menggunakan tongkatnya. Internal sececah, tongkat tersebut berubah menjadi ular dewasa dan memakan ular-ular bura para penyihir.


    3. Mukjizat Nabi Musa: Membelah Lautan

    Mukjizat Nabi Musa AS yang produktif membelah lautan mutakadim sangat terkenal. Cerita ini berawal detik Anak lelaki Israil mengambul menjadi pengikut Rasul Musa AS.

    Fir’aun yang mengetahui hal ini menjadi marah. Beliau juga tahu bahwa Kaum Bani Israil dan Utusan tuhan Musa AS akan meninggalkan Mesir mendatangi Baitul maqdis.

    Fir’aun tidak terlampau diam. Ia dan pasukannya berusaha mengejar rombongan Nabi Musa AS. Mereka juga intim hingga di bekas kafilah Nabi Musa AS makmur, yaitu laut merah.

    Mukjizat Nabi Musa


    Atas izin Allah, Nabi Musa AS bisa membelah lautan. | Sumber tulang beragangan: dream.co.id

    Dengan kuasa Almalik SWT, Utusan tuhan Musa AS membelah laut merah menggunakan tongkatnya. Saat laut terbelah, kelihatan jalan kering dengan dinding berupa tebing dua gunung air. Kontingen Nabi Musa AS berbuah melewati jalan itu.

    Mematamatai ini, Fir’aun menjadi marah. Kemarahan Fir’aun membentuk ia dan pasukannya mengejar delegasi Nabi Musa AS. Mereka menyedang melalui laut biram yang terbelah. Namun, atas kehendak Allah, laut merah yang sebelumnya gempil kembali menutup rapat detik Fir’aun dan pasukannya masih berjalan di tengah lautan.

    Akhirnya, Fir’aun dan pasukannya karena tenggelam di laut merah tersebut. Sedangkan Nabi Musa AS beserta rombongannya selamat sampai di menyebelah timur laut biram.

    Artikel Terkait:


    Pentingnya ajarkan si kecil keberanian dan bela kebenaran seperti kisah Rasul Musa AS


    3. Darah

    Parents, di antara kesembilan mukjizat Nabi Musa AS yang mutakadim disebutkan di atas, lima di antaranya juga telah dijelaskan di intern Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 133:


    فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمُ الطُّوفَانَ وَالْجَرَادَ وَالْقُمَّلَ وَالضَّفَادِعَ وَالدَّمَ آيَاتٍ مُفَصَّلَاتٍ فَاسْتَكْبَرُوا وَكَانُوا قَوْمًا مُجْرِمِينَ

    “Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, kodok dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka taat menyombongkan diri dan mereka adalah kabilah yang berdosa.”

    Mukjizat-mukjizat tersebut adalah contoh fungsi dan kehebatan Nabi Musa AS nan diberikan oleh Allah SWT.
    Parents
    teradat mengajarkan kepada buah hati bahwa jika mereka terus berusaha, bersabar, dan tidak mudah berputus duga di dalam hidupnya, maka mereka akan mendapatkan keberkahan dari Allah.

    Seperti Nabi Musa AS yang dakar membalas kekejaman Firaun, beliau akhirnya berhasil berjaya atas izin Allah SWT.
    Parents
    kembali bisa mengajak anak bikin tidak terbiasa takut membela kebenaran di dalam hayat. Sebab seandainya kita membela kebenaran dan kejujuran, maka pertolongan besok bersama-sama dari Tuhan.

    Silakan
    Parents, ajarkan anak asuh untuk dapat memetik hikmah dari narasi mukjizat Nabi Musa AS. Semoga dengan sebagaimana itu, buah hati juga semakin bisa menguatkan keimanannya kepada Allah SWT.

    Baca Juga:

    Parenting Islami : Pesan Rasullullah tentang Penyelenggaraan Kaidah Mendidik Anak

    Parenting untuk pusing? Yuk pertanyaan langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

    Source: https://id.theasianparent.com/mukjizat-nabi-musa

    Posted by: gamadelic.com