Sebutkan 2 Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia

Sebelum kita mendalami apa kerangka negara kita, coba kalian jawab pertanyaan berikut.

Bagaimana buram negara dan pemerintah NKRI ?

B
entuk negara meliputi negara ketunggalan, federasi, dan konfederasi. Jika dilihat dari rancangan negara yang bertindak umum di dunia maka bentuk negara secara umum dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Negara ketunggalan, yaitu bentuk negara yang sifatnya eksklusif dan bukan tersusun dari sejumlah negara nan mempunyai kedaulatan, tidak terbagi, dan kewenangannya berada pada pemerintah gerendel. Conroh negara yang berbentuk kesatuan merupakan Indonesia, Filipina, Thailand, Kamboja dan Jepang
    .

  • Negara federasi atau maskapai, ialah negara bersusunan lumrah, terdiri atas beberapa negara bagian yang masing-masing tidak berdaulat. Conroh negara yang berbentuk federasi adalah Amerika Sekutu, Malaysia, Australia, Kanada, Meksiko, Irlandia, New Zealand, India.

Selain kedua bentuk negara diatas suka-suka kembali bentuk negara lain, yaitu konfederasi dan konsorsium negara. Konfederasi ialah bergabungnya beberapa negara yang berdaulat penuh. Sedangkan maskapai negara merupakan suatu ikatan dari dua alias lebih negara berdaulat nan rata-rata dibentuk secara sukarela dengan suatu persetujuan internasional nyata traktat atau konvensi nan diadakan oleh semua negara anggota yang berdaulat.

Bentuk negara yang dianut oleh Indonesia sejak Pengetahuan Otonomi RI rontok 17 Agustus 1945 adalah keesaan. NKRI adalah negara yang berbentuk kesatuan dengan tulangtulangan tadbir republik dengan jenama negara Indonesia. Coba kita perhatikan gambar berikut ini!


Soekarno dan pengibaran Bendera Merah Safi

Lembaga di atas menunjukan bahwa Indonesia menjadi negara nan merdeka, berdaulat. Merdeka bermula penjajahan dan bisa menjalankan pemerintahan sesuai dengan kedahagaan bangsa Indonesia sendiri.
Peristiwa ini sesuai garis hidup UUD NRI Perian 1945 Pasal 1 ayat (1) : “Negara Indonesia ialah negara kesatuan, yang berbetuk republik”, dan ayat (2) :”Kemerdekaan mampu di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang Undang Bawah”.

Kedaulatan di tangan rakyat, artinya Indonesia menganut sistem demokrasi dalam menjalankan pemerintahannya. Dalam negara demokrasi kekuasaan tertinggi produktif di tangan rakyat.

NKRI merupakan negara kesendirian yang dibagi atas daerah-daerah daerah yang dibagi atas kabupaten dan kotamadya. Hal ini sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945, Pasal 18 ayat (1):”Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-negeri daerah dan daerah itu dibagi atas kabupaten dan kota yang tiap-tiap provinsi, kabupaten dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, nan diatur dengan undang-undang”.

Lakukan kian mengenal struktur rezim negara Indonesia mari kita perhatikan bagan berikut ini!

dari struktur di atas bisa kita simpulkan bahwa struktur pemerintahan negara kita sudah lalu sesuai dengan landasan konstitusi.

Buat menambah wawasan tentang lembaga negara di dunia mari kita Perhatikan gambar berikut ini!

Susuk pemerintahan NKRI adalah republik, sehingga negara diselenggarakan berdasarkan prinsip kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara demokratis, yang dibentuk melangkaui pemilihan umum (Pemilu).

Source: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Makna%20NKRI%20-%20DWI/Bentuk-Negara-dan-Pemerintahan-NKRI.html